Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang dimaksud dengan Batil? Berikut jawaban dan contohnya

 Apa itu Batil? 

Buat kamu yang sedang mendapatkan pertanyaan pengertian Batil, bisa kamu dapatkan jawabannya pada artikel yang telah kami tulis berikut ini. Tidak hanya Batil, tapi banyak pengertian lain yang bisa kamu dapatkan di website ini.  Untuk itu, jangan lupa bookmark situsnya ya untuk membuatmu lebih mudah dalam mengakses info terbarunya.

Yuk simak informasi mengenai pengertian Batil beserta contohnya berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan batil? Berikut Jawaban dan Contohnya 

kebatilan, berasal dari kata dasarnya yaitu Batil yang dalam bahasa Arab artinya "batal". Kebatilan/batil juga memiliki beberapa makna yang lain yaitu gugurnya sesuatu perbuatan dari ketentuan syariat, juga bisa di artikan kecurangan, kebohongan, dusta.

Seperti di jelaskan Dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat: 42 yang artinya: "dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang batil".  Pada surah di atas pemakaian kata batil sering diartikan dengan "yang benar" (al-haq).
Contohnya, jika dikatakan bahwa ibadah seseorang itu tidak sah atau batal, bukan berarti ibadah yang dikerjakannya tersebut menggugurkan kewajiban ibadah seseorang itu. Karena itu, dia harus mengulang kembali ibadahnya secara benar. Tidak sahnya ibadah yang ia kerjakan tersebut bisa terjadi karena ibadah yang dilakukannya itu tidak sesuai dengan syarat/tuntutan agama.


Misal contoh lain, seseorang mengerjakan sholat tetapi menggunakan sajadah hasil curian, itu bisa menjadikan batil ibadah seseorang tersebut, tetapi ada sebagian ulama' yg mengatakan ibadah seseorang tersebut tidak batil karena sholat tersebut telah memenuhi rukun dan syarat yang di tuntun agama.


Demikian tadi pengertian batil dan contohnya menurut kami, Jadi kesimpulannya nya, kita sebagai umat Islam agar selalu berusaha menjauh kan diri dari sifat batil tersebut agar segala ibadah kita bersih dan dapat diterima oleh Allah SWT. Jangan lupa untuk menginformasikan kepada kerabat atau keluarga. Atau bisa juga kamu share dengan mengeklik tombol share yang telah kami sediakan di akhir artikel ini.