Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Takaran Pakan Ayam Petelur Per Ekor Yang Ideal

Takaran ayam petelur per ekor yang ideal untuk hasil maksimal tentu sangat diperlukan. Karena dengan mempertimbangkan hal ini, kita akan mendapatkan hasil panen yang maksimal. Terutama untuk produktivitas telurnya. Takaran pakan ayam petelur per ekor yang ideal juga akan meningkatkan efisiensi pemberian pakan dan juga efektifitas pakan yang akan kita gunakan. Untuk itu, semua peternak harus memahami berapakah takaran pakan ayam petelur per ekor yang ideal. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai takaran pakan ayam petelur per ekor yang ideal, silahkan simak pada uraian yang telah kami siapkan berikut ini.


Takaran Pakan Ayam Petelur Per Ekor Yang Ideal


Takaran Pakan Ayam Petelur Yang Ideal

Produktivitas ayam petelur tentu akan sangat tergantung dengan pakan. Meskipun sebenarnya ayam jenis ini akan menghasilkan telur yang sangat banyak. Jika tidak di imbangi dengan jumlah pakan yang cukup dan sesuai kebutuhannya. Maka hasil produktivitas telurnya juga akan berkurang.

Peran pakan pada usaha ternak ayam petelur sangatlah vital. Selain penggunaan pakan ayam yang berkualitas, pemberian takaran pakan ayam petelur yang benar juga sangat mempengaruhi. Baik dari segi produktivitas maupun dari segi biaya yang akan kita keluarkan nantinya. Tentu sebagai peternak kita harus pandai dalam mengelola managemen pakan ini.

Mungkin banyak peternak yang mengira bahwa penggunaan pakan yang berlebih akan membuat produktivtas ayam petelur menjadi lebih baik. Padahal sebaliknya. Penggunaan pakan ayam yang berlebihan justru akan menurunkan produktivitas ayam petelur itu sendiri. Pasalnya ayam petelur akan terfokus pada pertumbuhan lemak dibanding dengan pembentukan telur itu sendiri.

Untuk takaran pakan ayam petelur perhari yang ideal yaitu sebanyak 100 gram per ekor. Yang diberikan sebanyak 2 kali dalam sehari. Yakni pada pagi dan siang hari. Pembagian pemberian pakan ayam peterlur ini sebagai berikut:
  • Jam 07.00 (pagi) diberikan pakan sebanyak 30% sampai 40%
  • Jam 15.00 (sore) diberikan pakan sebanyak 60% sampai 70%


Periode Pemberian Pakan Ayam Petelur Yang Baik

Selain takaran pakan ayam petelur yang ideal, kita sebagai peternak juga harus mengetahui periode pemberian pakan ayam petelur yang baik. Periode ayam ini dikategorikan menjadi 3 periode (berdasarkan umur). Yakni :
  • Periode starter. Periode starter adalah periode dimana ayam petelur berumur 0 – 4 minggu (anak ayam)
  • Periode grower. Periode grower adalah periode anak ayam pada saat berumur 4 – 16 minggu (masa pertumbuhan)
  • Periode layer. Periode layer adalah periode ayam umur 16 minggu sampai akhir atau afkir (masa produksi telur)

Baca Juga : Produktivitas Ayam Petelur Per Hari Dalam Ukuran Normal


Untuk panduan kebutuhan gizi ayam petelur bisa kamu lihat pada tabel dibawah ini. Silahkan gunakan tabel persyaratan mutu dibawah ini untuk membuat racikan pakan untuk ayam petelur yang sedang anda kelola.

No
Parameter
Satuan
Persyaratan
1
Kadar air
%
Maks. 14.0
2
Protein kasar
%
Min. 16.0
3
Lemak kasar
%
Maks. 7.0
4
Serat kasar
%
Maks. 7.0
5
ABU
%
Maks. 14.0
6
Kalsium (ca)
%
3.25 - 4.25
7
Fofor (P) total
%
0.60 - 1.00
8
Fosfor tersedia
%
Min. 0.32
9
Energi termetabolis (ME)
Kkal
Min. 2650
10
Total aflatoksin
µ/kg
Maks. 50.0
11
Asam amino:
-lisin
-metionin
Metionin + Sistin

%
%
%

Min. 0.80
Min. 0.35
Min. 0.60
Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.