Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Susu Kedelai Mengental Yang Perlu Di Ketahui


Penyebab susu kedelai mengental memang menjadi pembicaraan yang sering dipertanyakan oleh banyak orang. Maklum, kita memang harus tahu apa Penyebab susu kedelai mengental. Selain sebagai ilmu pengetahuan yang befungsi untuk menambah wawasan.


Mengetahui penyebab susu kedelai mengental juga diperlukan karena susu ini merupakan makanan yang sering kita konsumsi.
Buat kamu yang penasaran mengenai Penyebab susu kedelai mengental sebaiknya silahkan simak informasi mengenai hal tersebut yang telah kami rangkum pada ulasan dibawah ini.




Baca Juga : Cara Mengawetkan Susu Kedelai Menggunakan Bahan Pengawet Yang Aman Untuk Skala Usaha


Penyebab Susu Kedelai Mengental

Susu kedelai memiliki tekstur yang sama dengan susu lainnya. Yakni cair. Tetapi terkadang kita juga menemui susu kedelai yang mengental. Banyak diantara kita yang bingung dengan hal tersebut. Sehingga mencari tahu penyebab susu kedelai mengental seperti yang barusan dilihat.

Pada dasarnya, susu kedelai tidak mengental. Jika mengental maka susu kedelai tersebut sudah basi. Seharusnya jika salah dalam proses pembuatan, maka susu kedelai menggumpal. Untuk lebih jelasnya berikut ini sudah kami bahas satu persatu.

Butuh Dana Untuk Usaha ?
Baca: Pengajuan Pinjaman Dana Jaminan BPKB Tanpa Survey


Susu Kedelai Mengental

Susu kedelai mengental umumnya adalah susu kedelai yang sudah basi. Hal ini disebabkan oleh struktur proteinnya yang menjadi rusak dikarenakan bakteri. Proses ini biasa disebut sebagai Denaturasi. Biasanya Denaturasi protein ini tidak hanya disebabkan oleh bakteri saja. Melainkan oleh penambahan asam atau basa atau bisa juga kaena pemanasan seperti yang tejadi pada telur rebus.

 Baca Juga : Bolehkah Susu Kedelai Di Panaskan Dalam Suhu Tinggi 


Susu Kedelai Menggumpal

Penyebab susu kedelai menggumpal sangatlah banyak. Biasanya susu kedelai akan menggumpal apabila air yang digunakan tidak bersih. Bisa juga dikarenakan suhu pemanasan yang terlalu lama ataupun air yang digunakan terlalu asam atau basa. Semua faktor tersebut sangat sering mempengaruhi kualitas pada saat membuat susu kedelai.
Selain itu, biasanya susu kedelai juga akan menggumpal apabila komposisi air dan kedelai tidak seimbang. Sialhkan teliti kembali apa yang salah dalam proses pembuatan susu kedelai yang kamu lakukan.

Untuk mencegah susu kedelai mengental atau menggumpal. Selalu gunakan air bersih yang tidak terlalu asam ataupun basa. Pastikan juga komposisi atau perbandingan air dan kedelai seimbang. Jangan lupa juga gunakan peralatan yang steril. Karena jika terdapat bakteri tentu saja protein yang ada di kedelai akan mengental bahkan menggumpal.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.