Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengawet Minuman Yang Aman Dan Direkomendasikan Untuk Kamu


Pengawet minuman yang aman tentu saja harus dipilih jika kita akan mengawetkan minuman di rumah. Selain itu, pemilihan jenis pengawet minuman yang aman juga sangat penting dilakukan apabila kita adalah pengusaha UMKM yang memproduksi minuman. Karena penggunaan pengawet minuman yang salah tentu saja akan berakibat fatal bagi yang mengkonsumsinya.

Diluar banyak sekali penjual yang memasarkan pengawet minuman. Mereka menjual berbagai merek pengawet minuman yang tentunya belum tentu aman. Untuk itu, mari kita pahami bersama jenis pengawet minuman yang aman dan direkomendasikan oleh BPOM.
Berikut ini informasi lengkapnya telah kami rangkum untuk kamu.


Pengawet Minuman Yang Aman Dan Direkomendasikan Untuk Kamu

Pengawet Minuman Yang Aman Dan Direkomendasikan

Memproduksi minuman kemasan tentu saja harus menggunakan pengawet makanan. Sehingga minuman yang kita produksi akan tahan lama dan tidak mudah basi. Tetapi dalam pemilihan jenis pengawet minuman juga harus sesaui dengan anjuran BPOM. Dan kita juga harus melindungi konsumen dengan cara menggunakan pengawet minuman yang aman. Apa saja pengawet minuman yang aman?
Berikut ini informasinya.



1. Asam Benzoat Dan Sodium Benzoat

Bahan pengawet minuman yang aman digunakan yaitu Asam Benzoat dan Sodium Benzoat. Kedua bahan ini adalah bahan pengawet minuman yang aman dan paling banyak digunakan oleh pelaku industri. Memang sekilas jika melihat namanya, bahan pengawet ini sepert tidak aman karena terkesan sebagai bahan kimia. Namun, kenyataanya bahan ini benar-benar aman untuk digunakan.

Kedua bahan pengawet minuman ini mengandung komponen antibakteri. Sehingga ketika di gunakan pada minuman atau makanan tentu saja akan terlindungi secara efektif dari tumbuh dan berkembangnya sebuah bakteri. Jika dalam minuman dan makanan tidak tumbuh bakteri, maka dapat dipastikan makanan dan minuman terebut akan lebih tahan lama atau biasa dibilang awet.

Asam Benzoat dan Sodium Benzoat ini aman digunakan karena sudah teruji Oleh Badan Stadarisasi Pangan Internasional (Codex). Pengujian yang dilakukan selama 5 – 6 tahun. Bahkan BPOM pun telah mengeluarkan surat edaran pada 5 desember 2006 silam mengenai bahan pengawet ini. Surat edaran bernomor KH.00.01.234.2470 menjelaskan bahwa Asam Benzoat dapat digunakan sebagai bahan pengawet makanan maupun minuman dan dinyatakan aman untuk di konsumsi. Dikutip dari detiknews.com


2. Garam

Bahan pengawet minuman yang aman selanjutnya yaitu garam. Garam dikenal dapat mengawetkan daging maupun sayuran. Garam ini memliki kemampuan untuk menyerap air yang kemungkinan akan timbul di makanan. Tetapi, jika untuk bahan pengawet minuman, fungsi garam sendiri merupakan sebagai pencegah timbulnya jamur atau bakteri. Tetapi, kekurangan garam ini jika digunakan sebagai pengawet yaitu akan membuat minuman berubah rasa. Yakni menjadi asin.
Sehingga tidak cocok untuk pengawet makanan ataupun minuman.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.