Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Itik Pilek Yang Direkomendasikan Untuk Peternak


Obat itik pilek sangat diperlukan oleh para peternak itik. Hal ini dikarenakan itik pilek akan rentan mengalami kematian. Rata-rata itik atau unggas yang terserang penyakit pilek ini memiliki tingkat kematian yang tinggi yakni 50%, sementara untuk tingkat kesakitan sendiri mencapai 100%.
Obat itik pilek hanya bisa dilakukan dengan pengobatan vitamin dan bahan alami. Semua telah kami rangkum pada uraian dibawah yang bisa anda baca dengan lengkap. Untuk informasi mengenai obat itik pilek, silahkan simak rangkuman berikut ini.


Obat Itik Pilek Yang Direkomendasikan Untuk Peternak

Obat Itik Pilek

Itik pilek sendiri merupakan salah satu penyakit yang sangat merugikan. Itik pilek ini sebenarnya adalah penyakit infeksius coryza atau biasa disebut sebagai penyakit snot. Penyakit ini dapat menular pada unggas. Kasus paling banyak ditemukan pada unggas ayam. Penyakit itik pilek atau snot ini disebabkan oleh Haemophilus Paragallinarum (Hpg) yakni bakteri gram negatif, tidak bergerak yang memiliki sifat mikroaerofilik. Penyembuhannya memerlukan nicotinamide adenine dinucleotide (NAD).


Cara Mengobati Penyakit Itik Pilek

Langkah untuk mengobati itik pilek yaitu dengan cara memisahkan itik dari kelompoknya. Hal ini dilakukan agar penyakit tersebut tidak menular pada itik yang lain. Setelah itu, mandikan itik hingga bersih. Dan pastikan itik yang terserang penyakit snot langsung dikarantina dengan diberikan suplemen serta vitamin dan pakan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi untuk pemulihan.

Berikan obat-obatan herbal pada itik. Obat herbal yang bisa kamu pilih yaitu daun pepaya, jahe, kunyit, propolis, oregano dan bawang putih. Kamu bisa menumbuk atau menghaluskan obat tersebut. Lalu campur dengan air dan berikan pada itik.

 Baca Juga : Daftar Penyakit Pada Bebek Yang Sering Menyerang, Baik Bebek Petelur Maupun Bebek Pedaging


Langkah Efektif Untuk Pencegahan

Obat itik pilek ini tidak mudah untuk didapatkan. Bahkan obat-obatan alami diatas pun belum tentu mampu membantu 100% dalam pemulihan penyaikit ini. Hal ini sudah menunjukkan bahwa penyakit itik pilek atau snot pada itik ini tidak boleh dianggap sepele. Langkah yang paling efektif adalah dengan melakukan pencegahan sebelum penyakit menyerang pada itik.

Cara pencegahan penyikit snot atau itik pilek bisa dilakukan dengan cara vaksinasi berkala. Dan vaksin yang digunakan juga harus vaksin ND yang memang berfungsi untuk mencegah unggas dari penyakit snot.

Itulah informasi emngenai obat itik pilek yang bisa kami berikan untuk kamu. Semoga bermanfaat untuk membantu mengobati atau mengatasi penyakit snot yang menyerang peternakanmu. Saran kami selalu jaga kebersihan dan sanitasi kandang agar unggas dapat terhindar dari penyakit ini.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.