Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Bebek Lumpuh Yang Efektif Untuk Digunakan


Obat bebek lumpuh bisa kita dapatkan di toko obat terdekat. Pasalnya obat bebek lumpuh sebenarnya mudah ditemukan. Hanya saja banyak peternak yang masih bingung mengenai informasi obat bebek lumpuh dan cara mendapatkannya. Biasanya penyakit bebek lumpuh ini sering menyerang secara tiba-tiba. Hal ini yang membuat para peternak bingung. Untuk informasi mengenai penyakit dan obat bebek lumpuh bisa kamu cek di rangkuman yang telah kami buat berikut ini.



Penyakit Bebek Lumpuh

Penyakit bebek lumpuh atau biasa dikenal sebagai rickets duck ini sering menyerang bebek berusia muda atau bebek yang sedang produktif. Bebek yang terserang penyakit rickets ini akan mengalami kelumpuhan dan sesak nafas. Penyakit bebek lumpuh sendiri disebabkan oleh komplikasi kekurangan kalsium, fosfor dan vitamin D3. Pencegahannya tentu saja dnegan memberikan pakan yang banyak mengandung kalsium, fosfor dan vitamin D3 itu sendiri.

 Baca Juga : Analisa Dan Kalkulasi Ternak Bebek Petelur 100 Ekor Yang Akurat Untuk Skala Usaha


Cara Mengobati Penyakit Bebek Lumpuh

Banyak cara peternak dalam mengobati penyakit bebek lumpuh. Dan setelah kami telusuri pun obat bebek lumpuh ini beraneka ragam. Ada yang memberikan nasi ataupun memberinya minum dengan es batu. Padahal langkah ini jelas-jelas salah. Karena kandungan dalam nasi dan es batu tidak akan cukup untuk memnuhi kebutuhan kalsium, fosfor dan vitamin D. Karena sejatinya bebek ini mengalami kelumpuhan karena kekurangan gizi terebut.

Obat bebek lumpuh yang kami sarankan yaitu amoxicillin dan vitamin B kompleks. Untuk amoxicilin sendiri sebaiknya diberikan sebanyak 250 mg atau pada tablet 500 mg itu dibagi menjadi 2 untuk diminumkan pada pagi dan sore hari. Sementara untuk vitamin B kompleksnya dicampurkan dengan air minum.

 Baca Juga : Ternak Entok VS Ternak Bebek Lebih Untung Mana ?


Dengan pengobatan tersebut, biasanya bebek yang terjangkit penyakit rickets akan sembuh setelah 3 hingga 5 hari. Tetapi jika penyakitnya sudah terlanjur parah, maka penyakit ini seringkali tidak bisa disembuhkan. Untuk itu, sebaiknya kita memberikan pakan bebek yang banyak mengandung kalsium, fosfor dan vitamin D. Agar nantinya bebek tidak terserang penyakit rickets.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.