Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Antibiotik Untuk Bebek Yang Harus Diperhatikan Oleh Peternak


Obat antibiotik untuk bebek tentu saja sangat diperlukan. Karena salah satu untuk mencegah bebek dari serangan penyakit yaitu dengan cara memberikannya obat antibiotik tersebut. Terkadang oara peternak bebek seringkali melalaikan obat antibiotik untuk bebek ini. Karena mereka beranggapan bahwa obat antibiotik tidak begitu diperlukan oleh bebek.

Padahal obat antibiotik untuk bebek ini sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan bebek. Obat ini bekerja dengan cara membunuh dan menghentikan bakteri berkembang biak di dalam tubuh bebek itu sendiri. Dan lebih mirisnya lagi banyak peternak yang menggunakan antibiotik pada saat bebek sudah terserang flu atau infeksi akibat virus. Karena pada dasarnya obat anti biotik untuk bebek ini tidak bisa digunakan untuk mengobati. Melainkan hanya bersifat sebagai pencegahan saja.


Obat Antibiotik Untuk Bebek Yang Harus Diperhatikan Oleh Peternak

Obat Antibiotik Untuk Bebek Dan Cara Pencegahannya

Obat antibiotik untuk bebek yang bisa kita gunakan adalah Trysul-crypo. Obat ini sudah sering digunakan oleh peternak bebek untuk menambah kekebalan pada bebek agar terhindar dari serangan penyakit yang bisa saja menyerang pada saat bebek sudah memasuki masa produktif.
Untuk cara pemberian obat ini sendiri ada 3 cara. Diantaranya sebagai berikut :


Baca Juga : Cara Pemulihan Bebek Stres Agar Kembali Normal 


1. Via Air Minum

Pemberian obat anti biotik untuk bebek yang pertama yaitu via air minum. Secara terknis, pemberian antibiotik dengan mencampurkannya sebagai air minum lebih mudah dilakukan. Tetapi tidak akan efektif karena dosis yang digunakan sering kali tidak tepat. Selain itu, terkadang air minum juga tidak habis dan tercecer dimana-mana.

Jika menggunakan cara ini, biasanya efek samping dari antibiotik akan dirasakan pada waktu yang lama. Biasanya akan efektif pada saat 7 – 10 hari setelah pemberian. Dan akan menyebabkan keborosan karena dosis yang digunakan tidak tepat. Selain itu, air minum tidak habis dimunum oleh bebek.


Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Bebek Leher Melintir


2. Via Campur Pakan

Cara pemberian obat antibiotik bebek yang selanjutnya yaitu dengan cara dicampurkan pada pakan bebek. Dengan cara ini tentu saja akan lebih efektif dibandingkan dnegan cara yang pertama (via air minum). Menggunakan antibiotik dengan dicampur pakan, dosis yang digunakan tentu saja akan lebih efektif. Tetapi, pemberian dengan cara ini akan sedikit merepotkan.


3. Via Suntik Atau Injeksi

Yang terkahir adalah dengan cara penyuntikan. Cara ini adalah langah yang paling efektif untuk pemberian obat antibiotik pada bebek. Pasalnya, penggunaan suntik tenu saja akan memberikan hasil yang tepat dengan dosis yang tepat pula. Karena akan dilakukan dengan cara individual.
Tetapi saran kami, jika anda akan memberikan antibiotik secara massal. Maka tidak memungkinkan untuk menggunakan cara suntik. Terlebih jika bebek yang anda kelola dalam jumlah banyak.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.