Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Pakan Kambing Yang Paling Baik Untuk Digunakan


Jensi pakan kambing sebenarnaya ada banyak. Tetapi ada beberapa jenis pakan kambing yang tidak baik untuk digunakan. Sehingga sebagai peternak kita harus lebih bijak dalam memilih jenis pakan kambing yang akan diberikan kepada kambing kita. Karena pakan ini merupakan salah satu faktor yang paling mempengaruhi pertumbuhan kambing itu sendiri.

Jenis pakan kambing sendiri bisa berasal dari alami yakni rumput atau hijauan dan juga berasal dari pakan buatan atau pabrikan yang biasa disebut voer atau pellet. Semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Untuk lebih lengkapnya akan kami bahas pada informasi dibawah ini.


Jenis Pakan Kambing Yang Paling Baik Untuk Digunakan


Jenis Pakan Kambing Yang Paling Baik Untuk Digunakan

Kambing menjadi salah satu hewan ternak yang manjanjikan dan memiliki prospek sangat baik untuk kedepannya. Terutama untuk masyarakat yang tinggal dikampung. Tentu saja mereka akan memelihara kambing sebanyak mungkin. Karena ketersediaan pakan di lingkungan peternakannya melimpah.

Untuk membuat kambing-kambing tersebut cepat besar. Tentu pemilihan jenis pakan kambing sangat diperlukan. Penggunaan pakan kambing yang berkualitas akan membantu mempercepat pertumbuhan kambing itu sendiri. Untuk itu, berikut ini beberapa jenis pakan kambing rekomendasi dari kami yang bisa kamu gunakan.


1. Pakan Konsentrat

Pakan kambing yang pertama dan direkomendasikan tentu saja pakan konsentrat atau pakan pabrikan. Pakan konsentrat ini diproduksi untuk menggemukkan kambing atau sapi. Pakan pabrikam sudah pasti memiliki kandungan gizi yang diperlukan oleh hewan ternak. Sehingga tidak perlu di ragukan lagi manfaat dan efektifitasnya. Pakan konsentrat sendiri biasanya mengandung protein kasar sebesar 16% dan memiliki daya cerna ternak (TDN) sebesar 75%.

Hanya saja kelemahan dari pakan konsentrat atau pakan pabrikan ini yaitu harganya yang cukup mahal. Dengan alasan inilah banyak para peternak yang mengurangi porsi penggunaannya untuk pakan hewan ternak baik sapi maupun kambing.


Baca Juga : Fermentasi Hijauan Pakan Kambing Yang Bisa Menjadi Alternatif Dalam Usaha Ternak Kambing


2. Pakan Alami

Pakan alami bisa menjadi pilihan buat kamu yang menginginkan pakan kambing berukalitas dengan harga murah. Pakan alami ini juga tidak kalah dengan pakan pabrikan. Karena ada beberapa pakan alami yang memiliki kandungan protein tinggi. Semisal daun Teresade. Yang menjadi masalah adalah apabila peternakan kita berada di daerah yang jauh dari padang rumput atau perkebunan. Maka pakan alami ini sangat sulit untuk di dapatkan. Sebagai referensi, berikut ini beberapa pakan alami untuk pakan kambing yang direkomendasikan untuk kamu.
  • Daun Singkong. Daun singkong memiliki kandungan protein cukup tinggi dan sangat disukai kambing. Selain itu, daun singkong juga memiliki manfaat sebagai anti cacing dan meningkatkan daya tahan terhadap mikro organisme jahat.
  • Daun Turi. Daun turi juga sangat baik untuk kambing terutama pada masa akhir kehamilan dan awal masa laktasi. Daun turi sendiri memiliki kandungan protein kasar pada bentuk segar dan serat kasar pada bentuk tepung. Daun turi juga memiliki kandnungan energi yang tinggi untuk membuat kambing menjadi cepat gemuk.
  • Daun Kaliandra. Daun kaliandra juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk kambing. Tetapi, pemberiannya harus dicampur dengan daun lain semisal daun turi. Hal ini disebabkan daun kaliandra memiliki kandungan tanin yang cukup tinggi.
  • Daun Teresade. Daun ini memiliki kandungan serat dan protein yang cukup tinggi. Dan merupakan salah satu pakan kambing terbaik yang di rekomendasikan. Sayangnya kambing tidak begitu menyukai pakan ini karena memiliki aroma bau yang sangat menyengat. Sehingga kamu harus memiliki siasat agar kambing mau memakannya.


Baca Juga : Cara Ternak Kambing Jawa Dengan Modal Yang Minimal


Itulah jenis pakan kambing yang bisa kamu pilih untuk membuat kambing di peternakanmu cepat gemuk. Saran dari kami tetap gunakan pakan campuran dari keduanya. Baik dari pakan kosnentrat dan juga pakan alami. Sehingga pertumbuhan kambing akan lebih maksimal.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.