Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Susu Kedelai Basi Yang Harus Kita Pahami


Untuk mengetahui ciri-ciri susu kedelai basi sebenarnya sangat mudah. Tetapi masih banyak orang atau masyarakat yang belum mengerti bagaimana ciri-ciri susu kedelai basi tersebut. Tentu informasi ini sangat penting. Terlebih jika kamu adalah seorang penjual susu kedelai dan bukan berasal dari buatan sendiri. Alias titipan dari pembuat susu kedelai. Tentu sangat riskan jika kamu tidak mengetahui ciri-ciri susu kedelai basi.

Untuk memperluas wawasan kita semua, kali ini akan saya berikan informasi mengenai ciri-ciri susu kedelai basi yang mungkin bisa menjadi patokan untuk kamu yang akan berjualan susu kedelai. Atau juga buat kalian yang sering membeli susu kedelai. Jangan sampai susu kedelai yang kita beli ternyata sudah basi. Meskipun sangat jarang sekali dan kemungkinan penjual mengedarkan susu kedelai basi itu sangat kecil. Tetapi apa salahnya jika hal ini juga kita pelajari untuk menambah wawasan. Untuk informasinya sudah kami rangkum pada uraian berikut ini.


Ciri-Ciri Susu Kedelai Basi Yang Harus Kita Pahami

Ciri-Ciri Susu Kedelai Basi Yang Bisa Anda Pahami

Susu kedelai memang menjadi salah satu susu yang paling banyak diminati oleh masyarakat selain susu sapi. Susu kedelai ini menjadi pilihan terbaik untuk vegetarian yang sedang menginginkan susu. Selain itu  susu kedelai juga memiliki varian rasa yang sangat banyak. Mulai dari vanila, strawberyy sampai rasa original tersedia. Dan tentunya semua baik untuk kesehatan tubuh kita.

Lalu, bagaimana kita tahu jika susu kedelai sudah basi?
Ciri-ciri susu kedelai sudah basi biasanya dapat dilihat dari bau sampai rasanya. Sama seperti dengan susu pada umumnya. Untuk lebih lengkapnya telah kami rangkum berikut ini.

Baca Juga : Teknik Sederhana Pengawetan Susu Kedelai 


1. Berbau Kecut

Ciri-ciri susu kedelai yang sudah basi dari segi bau yakni berbau kecut. Atau sedikit menyengat kurang sedap. Hal ini biasanya terjadi karena di akibatkan adanya penambahan asam atau basa yang terjadi dalam susu kedelai. Sehingga juga akan merubah bau susu kedelai itu sendiri.


2. Terasa Masam

Ciri-ciri susu kedelai yang sudah basi juga bisa dilihat dari rasanya. Rasa susu kedelai yang sudah basi tentu akan sedikit lebih asam. Jika sudah seperti ini, sebaiknya kamu jangan melanjutkan utnuk meminumnya. Karena susu tersebut sudah dipastikan tidak layak konsumsi.


Baca Juga : Cara Mengemas Susu Kedelai Skala Usaha Atau Industri Rumahan 


3. Terlihat Lebih Kental Dan Pekat Dan Terjadi Pemisahan Antara Air Dengan Kedelai

Yang terakhir untuk mengetahui susu kedelai sudah basi atau belum yakni dilihat dari struktur susu kedelai tersebut. Biasanya susu kedelai yang sudah basi akan lebih kental dan pekat. Serta terlihat ada pemisah antara air dengan kedelai.

Ketika susu sudah basi, struktur proteinnya menjadi rusak karena bakteri atau biasa disebut sebagai Denaturasi. Denaturasi protein dapat terjadi karena bakteri, penambahan asam atau basa, pemanasan yang berlebih seperti yang terjadi pada telur rebus.

Itulah informasi mengenai ciri-ciri susu kedelai yang sudah basi. Untuk bunda, sebaiknya susu kedelai yang sudah basi langsung dibuang saja. Jangan di panaskan kembali karena tidak baik untuk di konsumsi maupun di masak ulang.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.