Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pemasaran Cacing Tanah Hasil Ternak Yang Efektif


Cara pemasaran cacing tanah hasil ternak sampai saat ini masih menjadi kendala dari peternak cacing. Mungkin jika peternak cacing yang berasal dari pulau jawa, pemasaran cacing tanah ini tidak ada kendala. Karena banyak sekali buyer yang bersedia untuk mengambil hasil ternak cacing tanahnya. Yang menjadi masalah adalah jika peternak cacing tanah bertempat tinggal di luar pulau jawa. Maka hasilnya akan proses pemasarannya akan sangat susah.

Adanya kendala dalam pemasaran cacing tanah ini membuat banyak para peternak menanyakan bagaimana cara pemasaran cacing tanah yang bisa dilakukan agar hasil peternakannya mampu diserap pasar dengan maksimal?
Atas permasalahan tersebut, kali ini akan kami berikan tips bagaimana cara pemasaran cacing tanah hasil peternakan yang efektif dan dapat diserap oleh pasar secara maksimal.




Cara Pemasaran Cacing Tanah Yang Efektif

Ilmu pemasaran dalam sebuah bisnis sangatlah penting. Bisnis apapun itu tentu akan membutuhkan yang namanya ilmu pemasaran. Tak terkecuali dengan usaha ternak cacing tanah. Tentu cara pemasaran cacing tanah juga sangat diperlukan untuk kelangsungan bisnis terebut.

Mengapa Hal Ini Terjadi?
Jawabannya sangat simpel sekali. Memproduksi barang tanpa ada pembeli maka hanya sia-sia. Produk akan terbengkalai dan kemudian akan menjadi sampah yang tidak bisa dinikmati manfaatnya. Meskipun sebenarnya produk tersebut adalah produk yang memiliki banyak sekali manfaat. Begitupun dengan usaha cacing tanah, tanpa adanya pemasaran yang baik. Maka usaha cacing tanah akan sia-sia. Untuk itu, kamu dan para peternak lainnya harus mengetahui bagaimana caranya pemasaran cacing tanah yang efektif agar hasil ternak cacing tanah tersebut dapat diserap oleh pasar secara maksimal. Silahkan simak tips dari kami berikut ini.


1. Cari Buyer Online

Langkah pertama untuk pemasaran cacing tanah yaitu dengan cara mencari buyer terlebih dahulu. Buyer ini bisa kamu cari dengan cari online.
Dimana tempatnya?
Kamu bisa mencarinya di youtube. Banyak sekali para buyer yang memiliki canel youtube untuk menginformasikan bahwa mereka menerima cacing tanah dalam jumlah besar.

Untuk cara mencarinya, cukup kamu ketika saja cara ternak cacing tanah. Dan silahkan lihat di deskripsi videonya. Bisa juga kamu lihat pada kolom komentar. Biasanya mereka akan memberi tahu apabila mereka bersedia atau sedang mencari pasokan cacing tanah dalam jumlah yang besar. Tetapi jangan sampai lupa, kamu harus punya peternakan terlebih dahulu sebelum mencari buyer yang seperti ini. Yang ditakutkan jika tidak memiliki peternakan, nantinya ketika mereka menyetujui untuk ambil barang ditempatmu. Justru mereka akan kecewa dan suatu saat tidak bersedia bekerjasama dengan kita lagi.


Baca Juga : Cara Ternak Cacing Yang Mudah Diterapkan Untuk Hasil Maksimal 


2. Jual di Marketplace

Cara pemasaran cacing tanah hasil peternakan yang kedua yaitu dengan cara menjualnya dimarket place. Selain mencari buyer online melalui youtube. Kamu juga bisa mencoba untuk menjual cacing tanah secara online di marketplace. Cara ini juga sangat efektif untuk memasarkan cacing tanah. Karena banyak sekali buyer yang ingin membeli cacingtanah dalam kondisi hidup. Tetapi seringkali seller berada di pulau jawa. Sehingga cacing akan mati ketika dikirim ke buyer.

Kemungkinan besar, bisa jadi buyer tersebut sebenarnya berasal dari wilayah yang memungkinkan untuk kamu suplai. Sehingga nantinya akan terjadi kerjasama dalam jangka panjang. Selain itu, menjual di marketplace juga lebih menguntungkan. Karena kita bisa mematok harga yang lebih mahal.


Baca Juga : Harga Ternak Cacing Tanah Terbaru Saat Ini


3. Pemasaran Sendiri

Selain 2 langkah diatas, kamu bisa menggunakan cara mengenalkan cacing tanah kepada masyarakat sekitar. Bagaimana caranya ?
Misal, kita beternak cacing tanah dan belum memiliki pangsa di sekitar peternakan atau wilayah kita sendiri. Maka sebagai peternak, kita juga harus memberikan contoh ternyata cacing ini bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak atau pakan budidaya ikan.

Dari situ, yang kamu lakukan adalah dengan memelihara ikan atau hewan ternak. Bisa entok, lele ataupun belut. Dan berikan sosialisasi bahwa dengan menggunakan pakan cacing tanah ini, hasilnya akan lebih maksimal untuk menekan biaya produksi (biaya pakan). Dan impact terhadap pertumbuhan hewan ternak atau ikan juga bagus. Tentu, jika kamu melakukan hal itu dan berhasil. Maka akan banyak sekali orang yang membeli cacing untuk diterapkan pada usahanya masing-masing. Baik pada usaha peternakan maupun pada usaha budidaya perikanan.

Itulah cara pemasaran cacing tanah yang bisa kamu coba. Yang terpenting dalam pemasaran adalah bagaimana kita mencari relasi, pelayanan dan juga kualitas produk yang kita jual. Sehingga buyer dapat percaya dengan kita sebagai seller.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.