Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Entok Sakit Yang Harus Dipahami Oleh Para Peternak


Cara mengobati entok sakit tidak boleh dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan. Hal ini dikarenakan apabila pengobatan entok yang sedang sakit tidak sesuai dengan kebutuhan entok itu sendiri. Maka akan menyebabkan masalah baru. Bisa saja entok akan mati karena salah obat. Selain itu juga akan membuang obat-obatan di kandang kita secara percuma.

Atas dasar itu, sebaiknya para peternak mengetahui cara mengobati entok sakit yang benar dan tepat. Dengan langkah ini, maka penggunaan obat akan dimanfaatkan sebaik mungkin dan se-efektif mungkin. Berikut ini beberapa langkah yang tepat untuk mengobati entok sakit.



Cara Mengobati Entok Sakit

Entok sakit adalah hal biasa dalam dunia peternakan khususnya pada peternakan entok. Biasanya entok yang rentan sakit ini adalah entok yang masih berusia kurang dari 2 minggu. Pada masa ini sebaiknya entok dilakukan perawatan dengan semaksimal mungkin. Sehingga akan menghindarkan entok dari ancaman penyakit. Baik yang dibebakan oleh virus maupun bakteri.
Jika entok dalam peternakanmu sudah terlanjur sakit, maka cara mengobati entok yang sakit tersebut harus sesuai prosedur. Diantaranya sebagai  berikut.


1. Pisahkan Entok Dari Populasi

Tahap yang pertama untuk mngobati entok sakit yaitu dengan cara memisahkannya dari gerombolan entok yang lain. Hal ini adalah langkah pertama yang harus cepat dilakukan oleh para peternak. Karena jika telat dilakukan maka hasilnya akan sangat berbahya. Entok yang sakit tersebut bisa memberikan penularan penyakit kepada entok lainnya yang masih sehat.

Pemisahan entok dari populasi atau karantina ini sendiri juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan entok tersebut. Tentu saja entok yang sakit akan mendapatkan perawatan dan kontrol maksimal apabila dikarantina. Dan pemberian obat serta asupan pakan pun juga akan lebih maksimal dan efektif.


2. Kenali Penyakitnya

Setelah kamu melakuakn karantina pada entok yang sedang sakit. Langkah selanjutnya untuk mengobati entok sakit yaitu dengan cara mengenali penyakitnya terlebih dahulu. Karena dengan mengenali penyikitnya, cara pengobatan yang kita lakukan pun juga akan lebih tepat. Jangan sampai membuang waktu karena memberikan obat yang salah.

Cara mengenali penyakit entok cukup mudah. Biasannya pada entok yang sakit akan menunjukan gejala-gejala tertentu. Gejala inilah yang bisa kita jadikan patokan untuk membuat keputusan jenis penyakit apakah yang sedang menyerang entok kita.  Untuk mengenali penyakit entok beserta gejalanya, bisa kamu baca di Disini


3. Berikan Pengobatan Yang Tepat Guna

Setelah mengenali penyakit yang di derita entok dengan cara memeriksa gejala yang ada, maka langkah selanjutnya adalah memberikan pengobatan yang tepat. Pengobatan yang tepat ini akan sangat dibutuhkan. Selain efisiensi dan efektivitas, pengobatan yang tepat ini juga akan membantu entok untuk cepat sembuh. Dengan begitu entok tidak tersiksa karena penyakitnya. Pemilihan obat pun juga tidak boleh asal. Kamu harus memilih obat yang benar-benar dibutuhkan oleh entok. Untuk mengetahui obat-obatan yang tepat untuk entok bisa kamu baca Disini

Itulah informasi mengenai cara mengobati entok yang sakit. Silahkan terapkan pada peternakan entok yang kamu kelola. Saran dari kami, lakukan pencegahan dengan cara menjaga kebersihan serta sanitasi kandang agar entok terhindar dari serangan penyakit. Karena selain merugikan, entok sakit juga akan menyiksa entok itu sendiri.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.