Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengkonsumsi Susu Kedelai Yang Benar Beberapa Hal Yang Harus Kamu Hindari


Cara mengkonsumsi susu kedelai juga punya aturan lho. Kita tidak boleh asal minum begitu saja. Sudah pernah ada kasus bocah tewas karena meminum susu kedelai yang kurang matang.
Tentu kasus seperti ini tidak ingin terjadi pada kita kan bund?

Untuk bunda di rumah, ada beberapa poin yang harus di ketahui mengenai cara mengkonsumsi susu kedelai yang perlu diperhatikan. Sehingga pada saat memberikan susu kedelai pada buah hati atau pada keluarga tercinta tidak melakukan kejadian seperti diatas yang berkaibt fatal. Apa sajakah itu? Yuk simak informasinya.


Cara Mengkonsumsi Susu Kedelai Yang Benar Beberapa Hal Yang Harus Kamu Hindari


1. Hindari Susu Kedelai Yang Kurang Matang

Salah satu pemberian susu kedelai yang harus bunda perhatikan adalah tingkat kematangan susu kedelai tersebut. Jangan sampai memberikan buah hati kita dengan susu kedelai yang kurang matang. Akibatnya bisa menimbulkan masalah yang serius bagi tubuh manusia. Hal ini disebabkan kacang kedelai memiliki zat yang dapat menyebabkan mual, menghambat pencernaan, mengurangi kemampuan tubuh untuk mencerna protein dan menghambat metabolisme tubuh.

Zat diatas adalah zat-zat berbahaya yang ada dalam susu kedelai. Dan zat tersebut akan hilang ketika susu kedelai dimasak sampai mendidih atau sampai suhu 100 derajat celcius. Jika kita memasak atau membuat susu kedelai sendiri dirumah, pastikan memasak susu kedelai sampai benar-benar mendidih. Terkadang banyak ibu-ibu yang belum mengerti bagaimana susu kedelai itu sudah benar-benar mendidih atau belum. Pasalnya, bahan organik yang ada pada kedelai dapat menimbulkan gelembung seperti air mendiidih. Padahal sebenarnya susu kedelai tersebut belum matang. Ini yang harus diperhatikan oleh bunda.


2. Jangan Mencampur Telur Dengan Susu Kedelai

Salah satu pantangan yang harus diperhatikan adalah pencampuran telur ke dalam susu kedelai. Jika ini dilakukan tentu saja akan berakibat fatal. Hal ini dikarenakan telur yang dimasak dengan susu kedelai belum tentu dalam keadaan yang steril. Dan kemungkinan besar masih terdapat bakteri yang bisa saja atercampur menjadi satu dengan susu kedelai, tentu hal ini akan sangat berbahaya.

Selain itu, susu panas susu kedelai tidak akan cukup untuk membuat telur menjadi matang sempurna. Jika masih tetap memaksa untuk mengkonsumsinya, perlu bunda ketahui bahwa didalam telur mentah ada banyak bakteri dan sejumlah alergen. Telur yang seperti ini kemungkinan besar akan banyak menimbulkan masalah bagi tubuh kita.


3. Jangan Meminum Obat Bersamaan Dengan Minum Susu Kedelai

Sebenarnya hal ini berlaku tidak hanya pada susu kedelai saja. Tetapi pada semua jenis susu yang berasal dari kacang-kacangan. Perlu diketahui beberapa obat-obatan, terutama pada obat antibiotik dipercaya dapat merusak unsur nutrisi yang ada pada susu kacang. Sehingga akan sia-sia jika kamu meminum susu kacang atau susu kedelai bersamaan dengan mengkonsumsi obat-obatan.

4. Hindari Menyimpan Susu Didalam Termos

Yang selanjutnya yaitu jangan pernah menyimpan susu kedelai di dalam termos yah bund. Karena zat yang terdapat dalam susu kedelai diketahui dapat membuat lapisa yang ada pada termos menjadi rusak. Dan nantinya akan mengundang kuman yang hidup dalam termos tersebut.


5. Dilarang minum susu kedelai berlebihan

Apapun yang berlebihan akan tidak baik bagi kesehatan. Susu kedelai sendir pun juga tidak akan baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Biasanya jika hal ini terjadi, maka akan menyebabkan penyerapan protein terganggu dan menyebabkan penyakit seperti gejala diare, maag dan beberapa penyakit pencernaan lainnya. Selain itu, memberikan susu kedelai pada anak-anak untuk sarapan juga tidak baik untuk pertumbuhannya.


6. Jangan Meminum Susu Kedelai Dalam Keadaan Kosong

Meminum susu kedelai juga tidak boleh dilakukan dalam keadaan perut kosong. Jika ini dilakukan, maka protein yang ada pada susu kedelai akan segera diubah menjadi energi dan di konsumsi. Maka protein tersebut tidak sepenuhnya bisa bermanfaat bagi tubuh kita.

Itu tadi bund cara meminum susu kedelai yang harus diperhatikan. Jangan sampai karena berniat untuk memberikan minuman bergizi untuk buah hati justru membuat bahaya bagi buah hati kita yah bund. Silahkan menjadi bunda yang pintar dalam melakukan berbagai hal.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.