Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Susu Kedelai Yang Benar Dengan Rasa Yang Enak


Cara membuat susu kedelai yang benar dengan rasa yang enak belum tentu di ketahui oleh banyak orang. Mungkin para bunda di rumah juga begitu. Memang cara membuat susu kedelai ini memiliki banyak cara. Dan setiap orang akan menggunakan caranya masing-masing. Tetapi yang mana cara membuat susu kedelai yang benar dan menghasilkan rasa yang enak?

Untuk informasi lebih lanjutnya akan kami bahas mengenai informasi cara membuat susu kedelai yang benar dengan rasa yang enak. Yang tentu saja dapat membantu para bunda di rumah yang masih bingung bagaimana cara membuat susu kedelai dengan benar. Yuk simak informasinya bund.


Cara Membuat Susu Kedelai Yang Benar Dengan Rasa Yang Enak

Cara Membuat Susu Kedelai Yang Benar Dan Enak

Susu kedelai meruakan salah satu jenis susu dari kacang-kacangan yang banyak di gemari oleh anak-anak maupun orang dewasa. Susu kedelai juga memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Meskipun rasanya tidak sama persis dengan susu sapi yang lebih populer. Tetapi tidak sedikit masyarakat yang menyukainya.

Dibandingkan dengan membaliknya, tentu alangkah lebih baik jika kita bisa membuat susu kedelai sendiri di rumah. Dengan begitu selain lebih hemat, membuat susu kedelai dirumah juga dipecaya akan lebih steril dan tentunya lebih sehat. Lalu bagaimana langkah-langkah cara membuat susu kedelai yang benar. Berikut ini sudah kami tulis buat kamu.


Peralatan Dan Bahan

  • 1 kg kacang kedelai berkualitas baik
  • 8 helai daun pandan, di ikat jadi simpul
  • Gula sesuai selera
  • 9 lite air matang
  • Sejumput garam

 Baca Juga : Cara Mengawetkan Susu Kedelai Menggunakan Bahan Pengawet Yang Aman Untuk Skala Usaha 


Langkah-Langkah

  • Langkah pertama untuk membuat susu kedelai yaitu dengan cara rendam kacang kedelai denga air biasa semalaman.
  • Setelah itu, keesokan harinya kacang akan mengembang. Biasanya ukuran kacang akan membesar 2 kali lipat dari bentuk semula
  • Silahkan cuci kacang kedelai sambil di buang kulitnya. Pastikan tidak ada kulit kacang kedelai yang tersisa. Jika masih ada kulit kedelai yang tersisa, biasanya akan membuat aroma dan rasa susu kedelai menjadi langu. Maka dari itu, pastikan kacang kedelai benar-benar terbebas dari kulitnya yah bund.
  • Setelah itu, blender kacang kedelai menggunakan air matang. Lalu saring kacang kedelai halus menggunakan kain bersih. Ampas dari sisa penyaringan jangan langsung dibuang. Karena bisa diaduk kembali lalu disaring lagi.
  • Setelah disaring, sampai air 9 liter habis. Langkah selanjutnya adalah proses pemasakan. Silahkan masak susu dengan api sedang sambil di aduk perlahan. Mengaduknya harus rata sampai kebawah agar tidak gosong.
  • Tunggu hingga airnya mendidih. Setelah mendidih, masukan 9 sendok makan gula pasir, tambahkan sejumput garam dan jangan lupa masukan juga daun pandan yang telah di tali simpul. Silahkan di aduk terus menerus hingga mendidih. Jangan lupa sambil di tes rasa.
  • Setelah dirasa gulanya larut dan susu kedelai sudah mendidih. Angkat dan dinginkan. Setelah dingin biasanya diatas akan ada gumpalan atau lapisan berwarna cokelat seperti tahu. Lapisan tersebut silahkan dibuang beserta daun pandannya juga.
  • Susu kedelai siap untuk di nikmati.


Itulah cara membuat susu kedelai yang benar. Jangan lupa untuk memasak susu kedelai sampai matang yah bund. Karena susu kedelai yang belum matang bisa menyebabkan mual apabila di konsumsi.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.