Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Konsentrat Pakan Kambing Lengkap Yang Bisa Kamu Terapkan Dengan Mudah


Cara membuat konsentrat pakan kambing bisa dipelajari dengan mudah. Membuatnya tidak serumit yang dibayangkan. Bahkan jika dibandingkan dengan konsentrat pada budidaya ikan, membuat konsentrat pakan kambing jauh lebih mudah. Dan tingkat keberhasilannya juga lebih tinggi.

Sebagai peternak, mengetahui cara membuat konsentrat pakan kambing adalah ilmu yang harus dikuasi. Karena dengan mengetahui cara membuat konsentrat pakan kambing, tentu saja bisa membuat kambing yang kamu ternak akan lebih cepat gemuk dan tumbuh maksimal. Untuk para peternak yang kebetulan membaca ini dan belum mengetahui caranya. Bisa simak informasi mengenai cara membuat konsentrat pakan kambing yang telah kami rangkum pada uraian dibawah ini.



Cara Membuat Konsentrat Pakan Kambing Lengkap Yang Bisa Kamu Terapkan Dengan Mudah


Cara Membuat Konsentrat Pakan Kambing Yang Mudah

Konsentrat pakan kambing akan sangat membantu dalam usaha penggemukan kambing. Terutama membantu menekan biaya modal yang digunakan untuk membeli pakan pabrikan. Selain itu, dengan menggunakan konsenstrat pakan kambing buatan sendiri. Maka kita juga bisa mengatur kebutuhan nutrisi atau gizi yang ideal untuk kambing kita. Untuk cara membuat konsentrat pakan kambing bisa ikuti langkah-lengkah berikut ini:


Bahan Yang Dibutuhkan

  • Bekatul/dedak 70%
  • Jagung giling 8.1%
  • Onggok/ampas singkong 20%
  • Kalsium 0.5%                              
  • Garam dapur 1.4%


Baca Juga : Ramuan Cara Menggemukkan Kambing Yang di Rekomendasikan


Cara Pembuatan Konsentrat Pakan Kambing

Cara membuat konsentrat pakan kambing diatas cukup mudah. Tidak perlu menggunakan fermentasi ataupun teknik lainnya. Kamu cukup mencampurkan semua bahan diatas menjadi satu dalam wadah drum atau bisa menggunakan terpal atau plastik. Pastikan semua bahan diatas dapat tercampur dengan rata. Setelah itu siap diberikan kepada kambing.

Untuk takaran pemberian pakan tersebut yakni sebesar 2 ons/hari untuk kambing berusia 1 – 5 bulan. Sedangkan untuk kambing berusia diatas 5 bulan, pemberian pakan ini sebanyak 3 ons/harinya. Dengan pemberian pakan ini, biasanya kambing akan memiliki bobot tambahan sebanyak 100 gr/hari. Dan  penggunaan pakan ini pun sebenarnya hanya sebagai penunjang pakan hijauan. Jadi, kambing tidak bisa diberikan pakan full konsentrat buatan. Melainkan tetap menggunakan pakan hijauan.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.