Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Fermentasi Pakan Cacing Dengan Em4 Yang Baik Untuk Ternak Cacing


Cara fermentasi pakan cacing dengan em4 banyak di terapkan oleh para peternak cacing untuk mempercepat pertumbuhan cacingnya. Banyak yang sudah menerapkan cara ini dan terbukti berhasil. Cacing yang di ternakkan dapat tumbuh dengan cepat. Tetapi sayangnya banyak peternak cacing yang belum mengetahui cara fermentasi pakan cacing dengan em4 tersebut. Sehingga juga masih banyak yang belum mendapatkan manfaatnya.

Fermentasi pakan cacing dengan em4 sangat ideal jika dilakukan secara terus menerus. Media yang menjadi pakan cacing juga akan lebih mudah diserap karena telah terurai dengan baik. Dibandingkan dengan memberikan pakan biasa semisal kotoran ternak atau limbah sayur. Tentu dengan memberikan pakan hasil fermentasi ini akan memberikan hasil yang lebih optimal. Untuk kamu yang belum mengetahui cara fermentasi pakan cacing dengan em4 yang benar. Silahkan simak uraian dibawah ini.


Cara Fermentasi Pakan Cacing Dengan Em4 Yang Baik Untuk Ternak Cacing

Cara Fermentasi Pakan Cacing Dengan Em4

Ternak cacing menjadi salah satu usaha ternak yang menjanjikan. Pasalnya usaha ini memiliki tingkat pemeliharaan yang sangat mudah. Selain itu, modal yang dikeluarkan juga sangat sedikit. Bisa dibilang ternak cacing adalah usaha peternakan dengan modal paling kecil.
Selain itu, hasil dari peternakan cacing juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Maklum cacing ini di gunakan sebagai obat tifus dan dipercaya juga dapat digunakan untuk obat penambah nafsu makan. Maka tak heran jika harga cacing bisa melambung tinggi.

Tetapi banyak sekali peternak yang mengelola peternakan cacingnya dengan cara yang kurang maksimal. Terutama terletak pada pakan yang digunakan. Mereka banyak yang memberikan pakan seadanya seperti limbah sayuran dan kotoran hewan ternak. Padahal jika menggunakan pakan hasil fermentasi, usaha ternak cacingnya akan memberikan hasil yang lebih maskimal lagi. Oleh karena itu, kali ini akan kami berikan infromasi mengenai cara memebuat fermentasi pakan cacing dengan em4 yang nantinya bisa kamu terapkan di usaha ternak cacing yang sedang kamu kelola.
Berikut ini langkah-langkahnya.


Bahan Dan Peralatan Yang Dibutuhkan

  • Air cucian beras
  • Limbah rumah tangga (sisa sayur, sisa masakan, buah, makanan dll)
  • Molase / em4
  • Ember tempat menampung limbah / pakan fermentasi
  • Plastik besar sebagai penutup



Cara Pembuatan Fermentasi Pakan Cacing

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan cara menghaluskan semua bahan limbah diatas dengan cara di cacah atau diblander. Semakin halus hasilnya akan semakin baik.
  • Setelah itu, masukan semua bahan tersebut ke dalam ember yang telah disiapkan sebelumnya. Campur semua bahan menjadi satu lalu aduk sampai rata.
  • Setelah semua bahan tercampur dengan rata, langkah selanjutnya yaitu dengan cara menutup rapat menggunakan plastik yang telah kita siapkan sebelumnya. Silahkan simpan sampai 4 hari. Dan pastikan tidak ada udara yang masuk.
  • Apabila sudah 4 hari, tutup bisa dibuka dan silahkan lihat hasilnya. Apabila hasilnya berbau asam, maka proses fermentasi berhasil. Pisahkan bagian cair dan bagian padatnya.
  • Ambil bagian padatnya, canpur dengan bekatul atau dedak dengan perbandingan 1 : 1. Setelah itu masukan kedalam plastik untuk proses anaerob (fermentasi). Silahkan lakukan proses anaerob ini minimal selama 24 jam. Setelah itu, pakan bisa kamu gunakan untuk pakan cacing.


Itulah cara fermentasi pakan cacing dengan em4 yang bisa kamu terapkan dirumah. Silahkan coba dengan kuantitas sedikit terlebih dahulu. Semoga dapat membantu dan menginspirasi semua peternak cacing untuk lebih baik lagi dalam mengelola peternakan cacing tanahnya.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.