Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Cacing Tanah Dan Pemasarannya Yang Efektif


Cara budidaya cacing tanah dan pemasarannya memang masih menjadi kendala bagi para masyarakat yang akan terjun di usaha ini. Terutama yaitu pemasaran cacing tanahnya sendiri. Untuk cara budidaya cacing tanah, masyarakat mengaku bisa mempelajarinya dengan sangat mudah. Karena sudah banyak tutorial di youtube.

Cara budidaya cacing tanah dan pemasarannya memang menjadi salah satu permasalahan yang saling menyatu. Kita tahu bahwa ujung tombak keberhasilan sebuah usaha adalah pemasaran yang baik. Apabila produksinya lancar dan hasilnya maksimal, tetapi tidak di imbangi dengan proses pemasaran yang baik. Maka hasilnya juga tidak akan memuaskan. Bahkan bisa menyebabkan kerugian yang cukup besar akibat produk yang dihasilkan tidak bisa diserap oleh publik. Lalu bagaimana dengan masalah budiaya cacing tanah dan pemasarannya?
Silahkan simak informasi di bawah ini.

Cara Budidaya Cacing Tanah Dan Pemasarannya Yang Efektif


Cara Budidaya Cacing Tanah Dan Pemasarannya

Cara budidaya cacing tanah dan pemasarannya memang menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Ditengah melambungnya harga cacing tanah, masyarakat masih bingung bagaimana untuk mencari buyer yang mau menerima cacing tanah tersebut. Sehingga akan membuat mereka menjadi enggan untuk memulai usaha budidaya cacing tanah. Untuk mengatasi hal tersebut, kami akan memberikan tips buat teman-teman yang akan memulai usaha budidaya cacing tanah namun masih bingung dalam pemasarannya. Untuk itu, simak rangkuman berikut ini dengan baik ya.


1. Cari Buyer Online

Langkah pemasaran cacing tanah yang pertama yaitu dengan mencari seller online. Langkah ini sangat efektif dilakukan dan lebih mudah untuk diterapkan. Kamu sebagai peternak cacing tanah bisa mencarinya di kanal youtube. Biasanya banyak sekali buyer yang membutuhkan cacing tanah dalam jumlah yang besar.

Kamu bisa menggunakan kata kunci cara ternak cacing tanah atau pemasaran cacing tanah. Sebagian besar buyer akan membuat video panduan ternak cacing tanah. Setelah itu, dikolom komentar mereka akan memberikan kontak yang bisa di hubungi. Sayangnya, buyer yang bersedia menampung cacing tanah mayoriitas dari pulau jawa saja.


Baca Juga : Harga Ternak Cacing Tanah Terbaru Saat Ini 


2. Jual di Marketplace

Selain mencari buyer online melalui youtube. Kamu juga bisa mencoba untuk menjual cacing tanah secara online di marketplace. Cara ini juga sangat efektif untuk memasarkan cacing tanah. Karena banyak sekali buyer yang ingin membeli cacing tanah dalam kondisi hidup. Tetapi seringkali seller berada di pulau jawa. Sehingga cacing akan mati ketika dikirim ke buyer.

Kemungkinan besar, bisa jadi buyer tersebut sebenarnya berasal dari wilayah yang memungkinkan untuk kamu suplai. Sehingga nantinya akan terjadi kerjasama dalam jangka panjang. Selain itu, menjual di marketplace juga lebih menguntungkan. Karena kita bisa mematok harga yang lebih mahal.


Baca Juga : Cara Ternak Cacing Yang Mudah Diterapkan Untuk Hasil Maksimal


3. Pemasaran Sendiri

Selain 2 langkah diatas, kamu bisa menggunakan cara mengenalkan cacing tanah kepada masyarakat sekitar. Bagaimana caranya ?
Misal, kita beternak cacing tanah dan belum memiliki pangsa di sekitar peternakan atau wilayah kita sendiri. Maka sebagai peternak, kita juga harus memberikan contoh ternyata cacing ini bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak atau pakan budidaya ikan.

Dari situ, yang kamu lakukan adalah dengan memelihara ikan atau hewan ternak. Bisa entok, lele ataupun belut. Dan berikan sosialisasi bahwa dengan menggunakan pakan cacing tanah ini, hasilnya akan lebih maksimal untuk menekan biaya produksi (biaya pakan). Dan impact terhadap pertumbuhan hewan ternak atau ikan juga bagus. Tentu, jika kamu melakukan hal itu dan berhasil. Maka akan banyak sekali orang yang membeli cacing untuk diterapkan pada usahanya masing-masing. Baik pada usaha peternakan maupun pada usaha budidaya perikanan.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.