Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Murai Batu Bertelur Banyak Dan Berkualitas


Cara agar murai batu bertelur banyak dan berkualitas akan sangat dibutuhkan oleh para peternak atau pemilik penangkaran murai batu. Dengan mengetahui cara ini, tentu saja para peternak atau pemilik penangkaran akan memiliki potensi keuntungan yang lebih banyak.
Dari informasi yang didapat dari peternak, ada beberpa cara agar murai batu bertelur banyak. Dan cara ini sudah banyak diterapkan oleh para pemilik penangkaran atau peternak murai batu. Untuk mengetahui informasi lengkapnya bisa kamu lihat berikut ini.


Cara Agar Murai Batu Bertelur Banyak Dan Berkualitas


Cara Agar Murai Batu Bertelur Banyak Dan Berkualitas

Murai batu memang menjadi salah satu burung yang dimintai oleh penghobi burung kicau. Sayangnya jumlah telur murai batu tidak sebanyak seperti burung lainnya. Inilah yang menyebabkan harga burung kicau ini lumayan mahal. Dengan alasan itu pula banyak peternak atau pemilik penangkaran mulai batu yang mencari informasi mengenai cara agar murai batu bertelur banyak. Untuk mendapatkan tips lengkapnya, yuk simak informasi dibawah ini.


1. Pakan

Yang harus kamu lakukan agar murai batu bertelur banyak yaitu penggunaan pakan untuk murai batu itu sendiri. Pakan ini akan sangat berpengaruh pada jumlah telur yang akan dihasilkan oleh murai batu. Pakan dengan kandungan protein yang tinggi dinilai mampu meningkatkan produktivitas telur murai batu.

Pakan murai batu yang memiliki kandungan protein tinggi yakni jangkrik, ulat hongkong dan juga cacing. Pemberiannya tidak ada pembatasan. Sebenarnya semakin banyak pemberian pakan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti jangkrik ini akan membuat produktivitas murai batu semakin baik. Tetapi minusnya adalah di biaya perawatan. Tergantung kamu akan mengambil keputusan yang mana.

 Baca Juga :  Cara Mengatasi Murai Betina Susah Birahi Dengan Mudah


2. Asinan

Mungkin terdengar aneh bagi para peternak murai pemula. Tetapi beginilah faktanya. Asinan wajib diberikan pada murai batu. Asinan ini berupa pasir batu bata dan juga cangkang telur puyuh. Asinan ini sangat mempengaruhi produktivitas telur pada murai batu. Menurut beberapa peternak, penggunaan asinan yang paling baik yakni dari cangkang telur puyuh. Dengan menggunakan asinan ini, murai batu yang tidak memilik genetik telur banyak justu mampu menghasilkan telur dalam jumlah yang lebih.
Cara penggunaannya sendiri cukup dihancurkan dan dijemur sampai kering. Setelah itu, asinan ini bisa langsung ditaburkan pada kandang murai batu sebagai alasnya.

Untuk membuat murai batu bertelur banyak. Kamu juga bisa melakukan improvisasi pakan. Banyak juga peternak yang berhasil menggunakan cara improv pakan ini. Untuk informasi mengenai improv pakan agar murai batu dapat bertelur banyak bisa kamu baca di artikel Pakan Burung Murai Batu Agar Cepat Bertelur

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.