Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Ternak Lele Modal 1 Jutaan Dengan Hasil Yang Maksimal


Usaha ternak lelee modal 1 jutaan bisa menjadi pilihan terbaik apabila kita bingung untuk memilih jenis usaha yang bisa kita coba. Usaha ternak lelee sangat direkomendasikan karena tidak begitu membutuhkan modal yang besar. Selain itu, usaha ternak lele juga sangat mudah untuk di kembangkan. Dan tergolong usaha yang tidak membutuhkan perawatan rumit.

Untuk memulai usaha ternak lele kita bisa memulainya dengan modal 1 juta rupiah saja. Tentu dengan biaya segitu merupakan biaya yang tidak begitu memberatkan. Dan tergolong terjangkau oleh siapapun. Untuk itu, kamu yang masih bingung mau membuka usaha kami sarankan untuk mencoba memulai usaha ternak lele. Untuk informasi lengkapnya kami rangkum dalam uraian berikut ini.


Usaha Ternak Lelee Modal 1 Jutaan Dengan Hasil Yang Maksimal


Usaha Ternak Lele Moda 1 Jutaan

Usaha ternak lele yang akan kita bahas kali ini bagaimana untuk memulainya dengan modal 1 jutaan saja. Tentu bukanlah hal yang mustahil. Semua telah kami rangkum dan berikan rincian lengkapnya pada artikel ini. Untuk itu, yuk simak informasi mengenai cara usaha ternak lele modal 1 jutaan berikut ini.


1. Persiapan Kolam

Untuk usaha ternak lele modal 1 jutaan, kita menyarankan untuk menggunakan kolam terpal saja. Hal ini disebabkan kolam terpal memiliki harga yang sangat ekonomis. Paling mahal kemungkinan besar hanya membutuhkan modal 200 ribu saja untuk kolam.
Untuk bentuk dan ukuran kolam hanya bisa disesuaikan dengan teknik konvensional saja. Hal ini disebabkan modal yang minim tentu tidak bisa digunakan untuk mencoba usaha ternak lele teknik bioflok. Untuk itu, kami mengarahkan untuk memulasi usaha ternak lele teknik konvensional.

Cara pembuatan kolam lele sama dengan pembuatan kolam seperti biasanya. Yakni dengan bentuk persegi panjang. Kami menyarankan untuk membuat ukuran 2 x 3 meter persegi. Karena jumlah yang akan kita budiayakan kurang lebih 3.400 ekor. Untuk kedalaman air kolam masih sama seperti pada cara usaha ternak lele yang lainnya.
Untuk lebih lengkapnya bisa disimak pada rangkuman berikut ini :
  • Panjang kolam 3 meter dan lebar kolam 2 meter. Sehingga total luas adalah 6 meter persegi.
  • Kedalaman air kolam 100 cm
  • Ph air kolam 6-8 ph
  • Kolam terlebih dahulu dilakukan persiapan untuk membuat pakan alami terlebih dahulu.



2. Persiapan Pakan

Langkah yang kedua untuk usaha ternak lele yaitu mempersiapkan pakan yang akan digunakan nantinya. Pakan ini sangat penting, karena banyak sekali para pelaku usaha ternak lele yang gagal akibat manajemen pakan yang kurang. Sehingga perlu di ketahui bagaimana manajemen pakan yang benar.

Untuk usaha ternak lele dengan modal 1 jutaan dan jumlah lele yang diternak sebanyak 3.400 ekor. Maka kebutuhan pakan yang harus disiapkan adalah sebanyak 180 kilogram. Kurang lebih pakan ini akan menghasilkan 250 kg ikan lele pada saat panen.


3. Perawatan

Sebelum memulai perawatan, tentu dalam usaha ternak lele kita akan lebih dahulu memasuki tahap penebaran benih. Tahap penebaran ini harus dilakukan dengan benar. Yaitu pada saat sore hari dan menghindari cuaca panas. Karena bisa mengakibatkan benih lele stress dan akhirnya mati. Untuk langkah-langkahnya bisa kita simak pada uraian berikut ini :
  • Ambil benih ikan lele yang masih berada di dalam kantong plastik.
  • Jangan dibuka terlebih dahulu, tetapi apungkan kantong plastik di kolam agar benih memiliki waktu beradaptasi.
  • Pengapungan benih di kolam dilakukan selama 30 menit.
  • Setelah itu, buka perlahan kantong plastik dan biarkan benih keluar dengan sendirinya.


Setelah penebaran, maka tahapan yang selanjutnya yaitu tahap perawatan. Tahap ini meliputi pemberian pakan dan juga pengendalian penyakit. Pada usaha ternak lele, pemberian pakan yang efektif sangat diperlukan agar kita tidak merugi. Untuk melakukan manajemen pakan yang baik pada usaha ternak lele, silahkan baca uraian berikut ini :
  • Berikan pakan 4 kali dalam sehari, yakni pada pagi hari jam 07.00, siang hari pada jam 12.00, sore hari pada jam 17.00 dan malam hari pada saat jam 21.00
  • Untuk jumlah pakan, berikan sebanyak 2 persen dari total berat tubuh.
  • Lakukan pemberian pakan dengan rata pada seluruh permukaan kolam.


Setelah itu, pada usaha ternak lele tentu juga harus dilakukan pengendalian penyakit. Caranya yaitu dengan memisahkan lele yang stress pada ember dengan larutan antibiotik. Cara melihat lele yang stress yakni dengan cara melihat lele yang mengapung di pinggir kolam. Biasanya lele tersebut tidak bergerak meskipun didekati oleh manusia.


4. Panen

Tahap terakhir adalah panen. Ini adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengusaha ketika memulai usaha ternak lele. Usaha ternak lele ini bisa kita panen setelah berumur 4 bulan. Cara panennya pun usahakan serentak agar lele yang masih tersisa tidak stres akibat pasca panen.

Itulah usaha ternak lele modal 1 jutaan yang bisa kami berikan informasinya. Semoga dapat menginspirasi anda dan membuat anda memiliki jalan keluar untuk memulai usaha sampaingan ternak lele. Yang perlu diperhatikan dalam usaha ternak lele ini adalah manajemen pakan yang baik agar kita tidak merugi.