Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda-Tanda Wanita Hamil Pertama Kalinya Yang Tidak Biasa Dan Jarang Diketahui


Tanda-tanda wanita hamil yang sering dialami tentu saja adalah telat haid, kram perut, morning sickness atau mual-mual dan lain sebagainya. Memang secara umum tanda-tanda wanita hamil seperti itu. Yang sering di berikan sosialisasi oleh tim kesehatan juga kurang lebih seperti yang telah kami sebutkan diatas. Tetapi terkadang banyak wanita atau ibu muda yang baru pertama kali hamil tidak merasakan tanda-tanda diatas. Sehingga bisa ketahuan hamil setelah beberapa minggu kedepan atau bahkan telah lewat bulan.

Untuk tanda-tanda wanita hamil yangtidak biasa terjadi ini memang sangat jarang dirasakan oleh beberapa wanita. Hal ini disebabkan ciri-ciri ini tidak menunjukan bahwa kita sedang hamil. Melainkan hanya seperti ciri-ciri orang yang biasa saja. Berikut ini ciri-ciri ibu hamil pertama kalinya yang tidak biasa dan jarang diketahui


Tanda-Tanda Wanita Hamil Pertama Kalinya Yang Tidak Biasa Dan Jarang Diketahui


Tanda-Tanda Wanita Hamil Yang Tidak Biasa Dialami Oleh Ibu Hamil

Hamil merupakan salah satu impian bagi orang yang baru membangun rumah tangga. Tentu hamil inilah yang selalu ditunggu-tunggu oleh pasangan baru menikah. Tak heran jika mereka selalu mencari informasi mengenai ciri-ciri hamil. Mungkin diantara kalian ada yang sedang mencari ciri-ciri hamil tetapi tidak mendapatkan ciri yang sedang dialaminya. Untuk itu, berikut ini kami berikan beberapa tanda-tanda wanita hamil yang tidak biasa di alami oleh ibu hamil. Yuk simak informasi lengkapnya.


Baca Juga : Susu Lactamil Untuk Ibu Hamil 2 Bulan


1. Sering Buang Air Kecil

Tanda-tanda wanita hamil yang jarang diketahui yang pertama yaitu sering buang air kecil. Banyak sekali para wanita muda yang jarang mengetahu hal ini. Dan tanpa mereka sadari salah satu tanda awal kehamilan ini sudah di alami. Pada umunya, wanita muda pasti mengalami tanda-tanda hamil ini. Dan biasanya terjadi tanda-tanda hamil dengan seringnya buang air kecil ini terjadi ketika usia kandungan sekitar awal minggu ke-6.

Sering buang air kecil ini adalah tanda-tanda yang wajar bagi seorang ibu hamil. Biasanya tanpa sadar pada saat ibu hamil tertawa, bersin atau batuk sering tanpa sadar membuat kita ngompol. Ini disebabkan adanya perubahan hormon jika seorang wanita sedang memasuki masa kehamilan. Hormon ini akan membuat kandung kemih menjadi lebih sensitif.


2. Sembelit

Tanda-tanda wanita hamil yang tidak biasa selanjutnya yaitu sering sembelit. Sembelit ini juga merupakan ciri umum ibu hamil namun jarang diketahui oleh banyak masyarakat. Sembelit atau BAB tidak teratur bagi ibu hamil ini disebabkan oleh kenaikan hormon progesteron yang tinggi. Sehingga menghambat pergerakan anus menjadi lebih lambat dam menyalurkan makanan ke ujung pangkal anus.

Untuk ibu hamil yang mengalami ciri-ciri ini, jangan khawatir. Karena biasanya sembelit ini akan muncul pada wanita yang sedang hamil di saat usia kandungannya masih di tahap minggu awal. Tetapi tidak jarang juga ciri-ciri ini juga dirasakan hingga beberapa bulan kedepan.


3. Mood Swing

Tanda-tanda wanita hamil ini mungkin banyak yang belum paham. Karena mood swing ini biasa juga terjadi pada orang yang tidak hamil. Tanda-tanda hamil ini memang sangat tidak biasa. Tetapi jangan salah, bisa saja ketika kami merasa sangat malas di pagi hari atau sepanjang hari bukan karena capek. Tetapi karena sedang hamil muda.

Mood swing yang dialami oleh ibu hamil ini bukanlah tanpa alasan. Bisanya seorang ibu hamil akan mengalami perubahan hormon di dalam tubuhnya. Hormon tersebut nantinya juga akan berpengaruh pada tubuh kita. Yang sering terjadi adalah adanya perasaan gelisah dan mudah marah ketika terjadi sesuatu. Misal pada waktu tertentu mengamai perasaan senang dan ceria tertawa-tawa, tetapi secara tidak sadar langsung berubah marah atau menangis tersendu-sendu. Biasanya, tanda hamil yang tidak biasa ini di alami oleh wanita yang baru petama kali hamil.


4. Mimisan Atau Gusi Berdarah

Salah satu tanda ibu hamil yang pertama kali dan sering diabaikan selanjutnya mimisan atau gusi berdarah. Penyebab gusi berdarah atau mimisan ini adalah jantung ibu hamil biasanya akan bekerja lebih keras sehingga volume darah yang beredar di tubuh juga meningkat. Sehingga ketika kita menggosok gigi, biasanya gusi akan sering keluar darah.

Tanda-tanda hamil ini biasanya terjadi pada trimester pertama pada saat ibu hamil. Dan seringkali di alami oleh banyak wanita muda yang baru pertama kali hamil. Tetapi banyak dari mereka yang tidak memahaminya.
Pada saat hamil, memang pembuluh darah kecil yang rentan rapuh dan pecah akan memenuhi disekitar gusi. Jika tidak hati-hati ketika menggosok gigi, biasanya akan terjadi pendarahan ringan yang keluar dari gusi atau juga dari hidung yang disebut sebagai mimisan.

Perubahan peredaran darah dan volume darah pada ibu hamil ini tidak hanya disebabkan oleh kinerja jantung yang meningkat. Tetapi juga karena perubahan hormon didalam tubuh yang juga mampu memicu muculnya tanda-tanda hamil dengan keluarnya darah dari gusi.


5. Sakit Kepala

Tanda-tanda ibu hamil yang jarang diketahui selanjutnya yaitu sakit kepala. Semua wanita muda pasti berfikir bahwa sakit kepala bukanlah salah satu dari tanda-tanda kehamilan. Hal ini disebabkan sakit kepala secara umum juga seing dialami oleh banyak orang. Biasanya ibu hamil akan sering mengalami sakit kepala. Yang disebabkan oleh perubahan hormon yang meningkat dipercayai oleh para ahli dapat membuat ibu hamil mengalami sakit kepala. Sakit kepala ini kadang juga disebabkan adanya volumme darah yang meningkat 50% saat hamil.

Itulah tanda-tanda hamil yang tidak banyak diketahui oleh para ibu hamil. Tetapi kami ingatkan lagi bahwa tanda-tanda hamil tersebut bukanlah suatu hal yang mutlak. Tanda-tanda hamil ini biasa terjadi pada orang yang sebenarnya tidak hamil. Maka dari itu, kami terus menyarankan untuk menggunakan test pack untuk menentukan kehamilan.

Hal ini senada dengan pernyataan yang dilansir dari Pregnancy Test yang juga mengatakan tidak semua wanita hamil menunjukkan atau mengalami gejala-gejala hamil yang seragam. Dan bahkan ada beberapa wanita hamil yang tidak pernah merasakan semua tanda-tanda umum kehamilan.