Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Pencernaan Ikan, Penjelasan Lengkap


Sistem pencernaan ikan adalah alat yang digunakan oleh ikan untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Sehingga makanan tersebut akan diambil sari-sari beserta nutrisi yang mampu membantu proses metabolisme pada tubuh ikan itu sendiri. Sementara itu, sistem pencernaan ikan juga tergolong kompleks. Untuk mengetahui secara detail sistem pencernaan ikan, bisa kamu baca pada rangkuman yang telah kami siapkan berikut ini.


Sistem Pencernaan Ikan, Penjelasan Lengkap



Sistem Pencernaan Ikan

Sistem sendiri bisa kita artikan sebagai alat. Sedangkan pencernaan sendiri merupakan sebuah proses metabolisme pada makhluk hidup yang berfungsi untuk mengubah zat yang didapatnya menjadi nutrisi yang dapat di serap oleh tubuh. Sehingga sistem penceraan pada ikan adalah alat yang berfunsi untuk mengubah suatu zat (makanan) menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan secara kimia ataupun mekanik.

Sistem pencernaan ikan sendiri terdiri dari dua bagian. Yakni pada saluran pencernaan (Tractus digestivus) dan kelenjar pencernaan ( Glandula digestoria). Saluran ini berfungis untuk mengubah zat (makanan) kedalam nutrisi yang bisa diserap oleh tubuh ikan dengan cara kimiawi maupun mekanik.
Sedangkan pada saluran pencernaan ikan sendiri terdiri dari mulut, rongga mulut, farings, esofagus, lambung, pilorus, usus, rektum dan anus.

Pencernaan ikan dilakukan secara fisik (mekanik) dan kimiawi. Pada pencernaan fisik berlangsung dari mulai rongga mulut. Pada bagian ini terdapat gigi yang berfungsi untuk mencincang makanan atau memotong (menggiling) makanan agar lebih mudah dicerna pada saat memasuki proses pencernaan kimiawi.
Pada pencernaan kimiawi pada ikan dimulai dari lambung dan usus melalui gerakan kontraksi otot.

Itulah informasi  mengenai sistem pencernaan ikan. Jika teradapat pertanyaan lain, silahkan cari informasinya di website ini melalui tombol pencarian (search) diatas. Apabila tidak ada jawaban dari soal atau pertanyaan yang sedang kamu cari. Silahkan segera informasikan ke kami melalui kontak informasi di menu navigasi website.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.