Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ramuan Cara Menggemukkan Kambing Yang Efektif


Banyak para peternak kambing yang mencari ramuan cara menggemukkan kambing. Memang hal ini sangat perlu dilakukan. Mengingat semakin cepat kambing yang di ternak menjadi gemuk, maka semakin maksimal pula keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Ramuan cara menggemukkan kambing ini bisa kita lakukan dengan cara menggunakan beberapa bahan alami yang bisa di dapatkan di sekitar tempat tinggal saja. Sebenarnya ramuan cara menggemukkan kambing ini lebih tepat di sebut sebagai jamu. Tetapi karena masyarakat terlanjur menyebutnya dengan ramuan menggemukkan kambing, jadi kami juga mengikutinya. Untuk ramuan cara menggemukkan kambing sendiri bisa kamu baca pada uraian yang telah kami tulis dibawah ini.


Ramuan Cara Menggemukkan Kambing Yang Efektif


Ramuan Cara Menggemukkan Kambing

Kambing merupakan hewan ternak yang banyak di pelihara atau di ternakkan oleh masayarakat Indonesia. Baik sebagai hewan ternak sampingan maupun untuk skala usaha. Wajar, kambing memang sangat menguntungkan. Selain itu, kambing juga sangat cocok digunakan sebagai hewan ternak investasi untuk masyarakat perkampungan atau pedesaan. Yang notabene memiliki ketersediaan pakan yang melimpah.

Untuk membuat kambing cepat gemuk, banyak para peternak baik peternak tradisional maupun peternakan modern biasa menggunakan ramuan khusus. Ramuan ini disebut sebagai ramuan penggemuk kambing. Ramuan itu juga wajib kamu coba agar kambing yang kamu pelihara juga cepat gemuk atau besar. Untuk ramuannya sudah kami siapkan lengkap dibawah ini. Yuk simak informasinya.


Cara Membuat Ramuan Penggemuk Kambing

Sebenarnya di pasar sudah tersedia produk jamu ternak siap pakai. Tetapi tidak ada salahnya bukan jika kita membuatnya sendiri. Selain murah, pembuatan ramuan penggemuk kambing secara mandiri juga akan membuat hasil menjadi maksimal. Karena kita bisa melakukan berbagai eksperimen untuk menentukan komposisi jamu kambing yang tepat. Berikut ini langkah-langkahnya:
Bahan Untuk Ramuan Penggemuk Kambing
  • Rimpang jahe 1 kilogram
  • Kunyit 1 kilogram
  • Temulawak 1 kilogram
  • 5 lembar daun sirih
  • Rimpang kencur secukupnya (optional)
  • Tetes tebu dan mikroorganisme 3%



Cara Pembuatan Ramuan Penggemuk Kambing

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencuci bersih semua bahan di atas. Setelah itu, tumbuk semua bahan diatas kecuali tetes tebu dan mikroorganisme.
  • Setelah semua di tumbuk sampai halus, peras hingga air sari dari campuran bahan-bahan diatas keluar. Usahakan sampai benar-benar tidak ada sari air yang terisi. Lalu masukan ke dalam jerigen atau tong tertutup.
  • Tambahkan tetes tebu dan mikroorganisme. Tambahkan pula air bersih sebanyak 20 liter. Aduk semua bahan hinga tercampur rata dan tutup rapat. Setelah itu, simpan dalam tempat yang teduh. Jangan lupa setiap satu minggu sekali, jerigen atau tong dibuka lalu aduk ramuan tersebut. Fungsinya agar larutan tercampur rata dan juga mengeluarkan gas yang ada dalam larutan jamu tersebut.
  • Setelah 21 hari, ramuan penggemuk kambing sudah bisa di gunakan untuk menggemukan kambing.


Untuk memberikan ramuan penggemuk kambing tersebut bisa di cekok, bisa juga dicampur menggunakan air bersih. Efektifnya memang menggunakan cara di cekok atau di lo-loh. Jika dicampur dengan air minum, biasanya air minum tidak akan diminum sampai habis oleh kambing. Dosis pemberiannya yaitu 10 ml untuk kambing dewasa dan 5 ml untuk kambing remaja.

Menurut penelitian BPTP NTB, pemberian jamu menunjukkan perubahan yang sangat signifikan. Jamu atau ramuan ini mampu mendongkrak sapi bali umur kurang dari satu tahun dengan pertambahan bobot 0.469kg/hari. Tanpa jamu sapi ini hanya memiliki pertambahan bobot 0.309kg/hari. Meskipun penelitian ini dilakukan pada sapi, tetapi tidak ada salahnya kita menerapkan pada ternak kambing.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.