Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangi Corona, Tips Lindungi Diri Dari Covid-19

Corona atau covid-19 telah menginfeksi lebih dari 2 juta jiwa. Dengan lebih dari 180 negara yang lumpuh. Kami mengajak anda bersama-sama untuk melindungi sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Jangan gegabah kawan, mari diam dirumah dan jaga diri sendiri. Setidaknya menjaga untuk menularkan virus ini ke orang lain yang belum tentu memiliki imunitas sebaik kita.

Corona


Lalu apa yang harus dilakukan? 

Stay safe, diam dirumah pilihan terbaik. Bantu bangsa kita untuk keluar dan bangkit dari zona tidak nyaman ini. Jaga diri semaksimal mungkin.


Apa yang harus saya lakukan untuk melindungi diri dari virus? 

Sumber WHO


Bagaiman virus corona menyebar? 

Dilansir dari Badan Kesehatan Dunia WHO, virus corona dapat menyebar melalui percikan atau cipratan orang yang sedang batuk dan telah terinfeksi virus. Virus tersebut akan tersebar ke udara lalu di hirup oleh orang terdekatnya.

Bisa saja virus ini menempel dibenda mati, lalu tangan anda menyentuhnya. Jika anda menggunakan tangan tersebut untuk mengusap mata, hidung atau mulut. Besar kemungkinan virus akan menginfeksi diri anda. Mari, cegah hal itu dengan:

  • Sering cuci tangan dengan sabun untuk membunuh virus yang menempel di tangan kita.
  • Jangan menyentuh mata, hidung atau mulut sebelum anda melakukan cuci tangan.




Yang terpenting dalam memerangi covid-19 ini adalah bagaimana caranya kita untuk ikut menjaga agar tidak menularkan pada orang lain.


Bagaimana caranya? 

Sumber NHS (National Health Service)


  • Tutup mulut dan hidung ketika bersin
  • Tidak menyentuh muka dengan tangan dan hindari kontak langsung dengan orang yang terindikasi telah terinfeksi virus covid-19
  • Segera buang tisu bekas ke dalam kotak sampah
  • Jaga jarak dengan orang lain, minimal 2 meter. 
  • Hindari jabat tangan dengan orang lain bila berada di luar. Gantilah dengan mengangguk untuk memberikan sapaan. 


Sumber NHS (National Health Service)

Penting!! 

Masker wajah bukanlah alat yang efektif untuk menjaga diri kita dari serangan virus covid-19. Maka dengan itu, jagalah diri anda dan keluarga dengan sebaik-baiknya.


Virus ini telah menginfeksi lebih dari 2 juta jiwa di seluruh dunia. Virus corona menginfeksi paru-paru. Gejala dimulai dengan demam diikuti batuk kering yang kemudian mengganggu pernapasan. Batuk akan berlangsung terus menerus lebih dari satu jam.

WHO mengatakan, masa inkubasi penyakit ini adalah 14 hari. Dan rata-rata orang yang terjangkit virus covid-19 akan mulai terlihat ketika memasuki hari ke-5.

Kadang gejala yang di rasakan setiap orang berbeda. Bahkan ada laporan dari pengguna media sosial yang mengatakan mendadak mengalami gejala kehilangan indra penciuman. Dan setelah di tes sudah terinfeksi virus corona. Spesialis THT di Inggris juga memperhatikan ada peningkatan gejala anosmia – istilah untuk kehilangan indera penciuman.


Seberapa penting menjaga diri di tengah pandemi covid-19?
Penyakit ini memiliki proporsi jumlah meninggal antara 1 - 2 persen. Memang cukup rendah. Tetapi angka ini tidak bisa di andalkan. Faktanya masih banyak saudara kita yang sedang di rawat dan entah bagaimana nasib kedepannya.

Menurut Badan Kesehatan Dunia, WHO telah melakukan penelitian terhadap 56.000 pasien. Dengan hasil:

  • 6% sakit kritis – gagal paru-paru, infeksi parah dan gagal organ serta risiko kematianseptic shock, organ failure and risk of death
  • 14% gejala parah – kesulitan bernapas dan tersengal-sengal
  • 80% gejala ringan – demam dan batuk serta pneumonia



Sumber WHO


Virus corona dapat menyebar dengan cepat. Hanya butuh 67 hari untuk menuju 100.000 kasus sejak laporan virus pertama dilaporkan. Puluhan ribu kasus baru dilaporkan dari seluruh dunia. Dan data lembaga kesehatan tidak bisa mendeteksi sebenarnya berapa jumlah kasus ini.


Kamu dan keluarga serta saudara memiliki kesempatan yang sama untuk terjangkit. Oleh karena itu, mari lindungi diri dan keluarga dengan social distancing. #Dirumahaja #Staysafe. 
Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.