Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Ayam Kampung Murah Yang Direkomendasikan Untuk Peternak Skala Bisnis


Pakan ayam kampung murah akan selalu diburu oleh para peternak untuk menekan biaya produksi mereka. Kondisi ini sangat umum terjadi dipeternakan manapun. Karena dengan menggunakan pakan ayam kampung murah tentu saja keuntungan yang didapatkan akan menjadi lebih maksimal. Tetapi belum tentu hasilnya juga akan maksimal. Karena jika penggunaan pakan ayam kampung murah ini tidak dilakukan dengan benar maka tidak akan memberikan impact yang positif bagi ayam kampung kita.

Tetapi tidak ada salahnya jika menggunakan pakan ayam kampung murah. Semua wajib di coba untuk mendapatkan komposisi yang tepat pada usaha peternakan kita. Untuk itu, kali ini akan kami berikan informasi lebih lengkap mengenai pakan ayam kampung murah yang bisa kamu jadikan referensi pada bisnis peternakan yang sedang kamu kelola saat ini. Berikut ini informasi lengkapnya.


Pakan Ayam Kampung Murah Yang Direkomendasikan Untuk Peternak Skala Bisnis

Pakan Ayam Kampung Murah Yang Di Rekomendasikan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pakan ayam kampung murah, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu bahwa pakan yang baik akan membawa dampak baik pada pertumbuhan ayam kita nantinya. Tetapi pakan yang baik tentu juga akan memiliki harga yang mahal pula. Sehingga semua itu harus pintar-pintar kita sebagai peternak dalam memilih pakan ayam kamu yang akan digunakan.

Banyak peternak yang memilih pakan alternatif sebagai pilihan untuk mendapatkan  pakan ayam kampung murah. Tetapi hal itu apakah efektif untuk dilakukan?
Semua tergantung hasil dari ransum yang kita buat. Semua pasti akan efektif jika menggunakan takaran yang tepat. Nah, untuk mengetahui apa saja pakan ayam kampung murah yang bisa kita coba. Berikut ini beberapa rekomendasi pakan ayam kampung murah yang bisa kamu coba pada usaha peternakan ayam kampungmu.

Ada tiga jenis pakan yang kami rekomendasikan. Serta cara pembuatan pakan tersebut. Silahkan dibaca sampai akhir agar informasi penting yang ada di akhir artikel tidak terlewati. Yuk baca sampai selesai.


1. Jagung Giling

Pakan ayam kampung murah yang pertama adalah jagung giling. Kenapa kita menyarankan kamu untuk menggunakan jagung giling?
Selain memiliki harga yang relatif murah, jagung giling ini juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk ayam kampung. Jagung memiliki serat vitamin C, asam lemak omega-6, vitamin B, kalium, fosfor, lemak tak jenih, magnesium dan zat besi.  Kelebihan lainnya, pakan jagung giling ini juga bisa diberikan pada anak ayam yang masih kecil atau masih muda. Karena mudah dicerna.

Saran dari kami, jika kamu akan menggunakan jagung giling. Jangan membeli jagung yang sudah siap pakai. Beli saja jagung yang ada di petani dan diolah sendiri. Tentu harganya akan jauh lebih murah.


2. Pollard

Pakan ayam kampung murah yang kami rekomendasikan selanjutnya yaitu pakan sisa limbah gandum. Atau biasa disebut sebagai pollard. Pakan ini sangat tenar dikalangan peternak. Tetapi, saran dari kami penggunaan pakan ini tetap dibatasi. Meskipun sebenarnya pakan ini memiliki kandungan serat kasar dan  energi metabolisme yang rendah dan tentunya lebih baik dari jagung.

Kendala dalam menggunakan pakan ini adalah cara mendapatkanya yang mungkin sedikit sulit dibanding menggunakan pakan jagung giling. Maka dari itu, banyak para peternak yang lebih memilih jagung giling dibandingkan dengan pakan pollard. Terutama pada peternak ayam kampung.


3. Voer Atau Pellet

Pakan yang terakhir dan sangat baik untuk ternak ayam kampung yakni pakan voer atau pellet. Pakan ini diproduksi oleh pabrik dan tentunya sudah memiliki kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh ayam kampung. Dan ini adalah pakan yang paling efektif menurut kami. Hanya saja harganya memang cukup mahal. Sehingga banyak peternak yang tidak menggunakan pakan pabrikan.

Ada cara buat kamu untuk bisa tetap mendapatkan pakan seperti pakan pabrikan dengan harga yang murah. Caranya yaitu dengan membuat pakan voer sendiri dengan bahan-bahan yang di butuhkan oleh ayam kampung. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu simak pada uraian dibawah ini.


Bahan Yang Dibutuhkan

  • Sayuran limbah pasar “(kangkung, bayam dll) sebanyak 1%
  • Kunyit parut sebanyak 1%
  • Dedak sebanyak 5%
  • Vitamin ayam sebanyak 2%
  • Tepung ikan. Jika susah untuk mendapatkannya bisa gunakan ikan teri yang harganya relatif murah dengan cara dijemur lalu di blender. Kebutuhan sebanyak 24%
  • Kedelai sebnayak 11%
  • Jagung giling haluskan sebanyak 30%
  • Bekatul sebnayak 26%
  • Air bersih secukpunya



Langkah Pembuatan

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghaluskan semua bahan diatas diatas dengan cara ditumbuk atau di giling. Bisa juga meggunakan blender.
  • Setelah itu, campur semua bahan menjadi rata. Aduk dan tambahkan air secukupnya.
  • Kukus adonan tersebut hingga matang agar tidak cepat basi jika tidak habis digunakan dalam sekali pakai.
  • Setelah matang, bntuk adonan sepsuai kebutuhan ayam kampung anda.
  • Jika menghendaki bentuk pellet. Maka giling lalu bentuk adonan memanjang. Potong sesuai kebutuhan lalu jemur hingga kering.
  • Pakan siap digunakan.


Itulah beberapa informasi mengenai pakan ayam kampung murah yang bisa kamu coba. Untuk rekomendasi dari kami sebaiknya gunakan pakan pellet buatan sendiri agar lebih hemat dan nutrisi yang di hasilkan pun lebih lengkap. Silahkan coba pada peternakanmu masing-masing yaa.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.