Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Ayam Arab Agar Cepat Bertelur Yang Direkomendasikan


Pakan ayam arab agar cepat bertelur yang direkomendasikan kali ini bisa anda coba untuk mempercepat pertumbuhan ayam arab. Sehingga hasil yang akan diperoleh pun akan maksimal dan tentunya keuntungan yang didapatkan juga akan lebih banyak lagi.

Untuk pakan ayam arab agar cepat bertelur harus memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang ideal. Karena semua unsur tersebut nantinya akan berpengaruh pada produkrivitas telur ayam arab ini. Meskipun ayam arab ini memiliki produktivitas telur yang sangat baik. Tetapi jika pakan yang diberikan tidak ideal tentu saja hasilnya juga akan berkurang. Untuk mengetahui apa saja pakan ayam arab agar cepat bertelur, berikut ini telah kami rangkum lengkap untuk kamu.

Pakan Ayam Arab Agar Cepat Bertelur Yang Direkomendasikan


Pakan Ayam Arab Agar Cepat Bertelur Yang Di Rekomendasikan

Ayam arab sendiri adalah salah satu ayam petelur yang mulai banyak diternakkan oleh para pengusaha hewan ternak. Ayam arab juga memiliki produktivitas telur cukup tinggi, yakni sekitar 190 – 250 butir per tahunnya. Dan yang unik, telur ayam arab ini sama persis dengan telur ayam kampung. Jika kita tidak jeli, besar kemungkinan akan tertipu dengan bentuk fisik telur ayam arab.

Untuk membuat ayam arab mampu bertelur sesuai dengan kemampuan bertelurnya tentu kita harus memberikan pakan yang berkualitas. Begitu pula jika menginginkan agar ayam arab cepat bertelur. Untuk daftar pakan ayam arab yang berkualitas sendiri bisa kamu simak pada informasi di bawah ini.


1. Jagung Giling

Pakan ayam arab agar cepat bertelur yang pertama yaitu jagung giling. Jagung giling ini sangat direkomendasikan dan paling banyak digunakan oleh para peternak sebagai ransum ayam. Baik untuk usaha pembesaran ayam ataupun untuk ayam petelur. Jagung giling banyak mengandung vitamin B dan Karotin yang baik untuk ayam arab petelur.

2. Dedak Padi

Pakan ayam arab petelur agar cepat besar yang selanjutnya adalah dedak padi. Pakan ini juga banyak digunakan oleh para peternak ayam arab petelur. Dedak padi sendiri memiliki kandungan protein, vitamin b, lemak dan mineral. Biasanya dedak padi ini digunakan oleh para peternak dalam jumlah yang tidak banyak. Hal ini disebabkan biasanya ayam tidak begitu menyukai pakan dari dedak atau bekatul ini.


3. Bungkil Kedelai

Yang selanjutnya adalah bungkil kedelai. Agar ayam arab cepat betelur, kami juga merekomendasikan untuk menggunakan bungkil kedelai. Bungkil kedelai ini memiliki kelebihan yaitu mudah dicerna oleh ayam arab petelur. Selain itu, bungkil kedelai juga mengandung banyak asam amino esensial yang dapat merangsang produktivitas ayam arab petelur


4. Tepung Ikan

Pakan ayam arab yang bisa kita gunakan selanjutnya adalah tepung ikan. Untuk tepung ikan sendiri sudah banyak digunakan oleh peternak untuk mempercepat ayam arab bertelur. Dan pakan tepung ikan ini adalah salah satu pakan dengan kualitas yang sangat baik. Di dalamnya mengandung protein dalam jumlah tinggi yang sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas ayam arab petelur. Bahan tepung ikan sendiri berasaal dari sisa-sisa ikan yang dikeringkan, setelah itu di giling menjadi tepung yang sangat halus.


5. Tepung Keong Mas

Yang terakhir, pakan yang dapat digunakan agar ayam arab cepat bertelur yaitu tepung keong mas. Tepung keong mas juga sangat direkomendasikan. Namun, untuk mendapatkannya memang sedikit lebih susah. Dan cenderung sangat jarang penjual pakan ayam yang menyediakan tepung keong mas. Didalam tepung keong mas sendiri memiliki kandungan protein sebesar 15.15%, lemak kasar 0.79%, kalsium 29.33%, dan phospos 0.13%. Sementara cangkangnya sendiri mengandung protein sebanyak 2.94%, lemak kasar 0.12%, kalsium 29.35%, dan phospos sebesar 0.19%. Cara penggunaannya adalah dengan dicampurkan pada pakan alternatif lain untuk menambah kandungan proteinnya. Semisal jagung maupun dedak atau bekatul.


Dari lima pakan alternatif diatas, agar ayam arab cepat bertelur maka kita harus menggunakan formula pakan yang tepat. Formula pakan ini terdiri dari beberapa campuran pakan pabrikan dan juga pakan alternatif yang telah kami rangkum diatas. Tujuannya selain untuk mempercepat ayam arab bertelur, penggunaan formula pakan khusus ini bertujuan untuk menghemat atau menekan biaya pakan yang kita keluarkan.
Berikut ini formula pakan untuk ayam arab petelur.

Ayam Arab Anakan (Starter)
  • Tepung jagung kuning 30%
  • Bekatul 20%
  • Pakan starter (voer) 50%


Fase Grower
  • Jagung kuning 45%
  • Bekatul 30%
  • Pakan grower 25%


Dewasa Atau Petelur
  • Jagung kuning 40%
  • Bekatul 23%
  • Konsentrat layer 30%



Sebagai informasi tambahan, ayam arab petelur ini akan mulai bertelur pada saat usia 4.5 bulan. Saran dari kami, untuk pakan ayam arab starter sebaiknya gunakan pakan starter BR1 pada usia ayam arab sampai 2 bulan. Selanjutnya, kita bisa menggunakan pakan self mic tergantung pada formula yang akan kita gunakan.