Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masih Muda Sukses Dengan Omset Hingga Rp 165 Juta Per Bulan Dari Ternak Ayam Kampung


Jsmalfamart.com- Peternakan menjadi salah satu pilihan masyarakat yang ingin memiliki sebuah usaha. Tetapi, peternakan ini sangat jarang dilirik oleh para pengusaha muda. Padahal hasil yang didapatkan juga tak kalah menarik. Seperti yang didapatkan oleh pria asal kota Makassar ini. Sebulan dirinya mampu meraih omset hingga 165 juta rupiah dengan beternak ayam kampung.

Saefuddin Muslimin namanya, pemuda berusia 30 tahun ini justru tetap eksis meskipun ditengah pandemi covid-19. Dirinya masih mendapatkan keuntungan yang luar biasa dari usaha ternak ayam kampung yang hasilnya dijual melalui media online. Perternakan yang dikelolanya bernama “Permata Farm” yang terletak di tiga lokasi.


Masih Muda Sukses Dengan Omset Hingga Rp 165 Juta Per Bulan Dari Ternak Ayam Kampung


Rata-rata penjualan setiap bulan yang bisa dilakukan oleh muslimin adalah 3.000 ekor dengan harga per ekor di kota Makassar mencapai Rp 55.000. Sehingga omset dalam satu bulan mencapai Rp 165 juta. Dari 3.000 ekor tersebut, dirinya mengaku membutuhkan modal sebanyak Rp 66 juta. Sehingga jika ditarik laba bersih per bulan mencapai Rp 99 juta. Sangat menggiurkan bukan?

Dirinya memilih memasarkan usahanya menggunakan media online dnegan langsung di tujukan kepada konsumen. “kami berupaya memotong jalur distribusi agar konsumen bisa mendapatkan pasokan daging ayam yang sehat dan terjangkau, apalagi di masa pandemi ini masyarakat diminta tetap di rumah saja. Kami melayani pengantaran sampai ke rumah-rumah,” ujar Muslimin atau yang kerab di sapa Efu.

Kisah Muslimin ini sejalan dengan program dari kementrian pertanian (kementan) untuk menjadikan generasi muda milenial dan meregenerasi petani si indonesia. Tentunya dengan generasi milenial yang mampu berdaya saing tinggi. Yang harapannya mampu melanjutkan pembangunan pertanian seperti yang diharapkan oleh pemerintah.


Baca Juga : Cara Memilih Anak Ayam Aduan Yang Berkualitas Dengan Mudah



Hal ini juga dikatakan oleh kepala badan penyuluhan dan pengembangan SDM pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyami bahwa regenari petani milenian harus segera dilakuakn untuk mendongkrak pembangunan pertanian di Indonesia. Dan pemilihan pemuda milenial untuk membangun pertanian modern dirasa sangat perlu dilakukan secepatnya.

Seperti contoh sukses pemuda beternak ayam kampung asal Makassar ini. Dirinya mengatakan bahwa peternakan sekaran tidak boleh dipandang sebelah mata. Hasilnya memiliki potensi yang sangat besar sekali. “ini adalah sektor yang menjanjikan danbergengsi. Di tengah pandemi ini seluruh petani dan peternak untuk tetap berusaha menyediakan pasokan pangan bagi masyarakat di tengah krisis. Untuk pemasaran sudah saatnya memanfaatkan teknologi internet untuk memasarkan secara online” tutur muslimin.

Ini adalah segelintir kisah sukses dalam usaha peternakan yang bisa menjadi motivasi kamu dalam memulai dan mengembangkan usaha peternakan. Masih banyak jalan untuk menuju kesuksesan. Jangan sampai berhenti di tengah jalan dan pesimis akan hasil yang belum di kerjakan dengan maksimal.


Baca Juga : Cara Mempercepat Pertumbuhan Ayam Kampung Agar Cepat Panen

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.