Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandang Ternak Kelinci Yang Efektif Untuk Usaha Ternak Kelinci


Banyak yang mencari bagaimana cara membuat kandang ternak kelinci yang efektif untuk usaha peternakan kelinci. Memang kandang ternak kelinci ini agak membingungkan. Ada yang ditempatkan di tanah ada juga yang ditempatkan di kandang buatan. Tetapi secara opini jika saya yang melakukan ternak kelinci maka lebih baik menggunakan kandang kelinci dari tanah. Atau hanya diberi pagar agar kelinci tidak keluar kandang. Dan selebihnya dibuatkan tempat berteduh dan berlindung ketika malam hari.

Tetapi jika kalian memang mencari cara membuat kandang ternak kelini yang lebih baik lagi. Maka kali ini akan kami berikan tips untuk memilih kandang ternak kelinci yang mungkin bisa kalian terapkan di rumah masih-masing. Berikut informasi lengkapnya.


Kandang Ternak Kelinci Yang Efektif Untuk Usaha Ternak Kelinci


Kandang Ternak Kelinci Yang Efektif

Untuk membuat kandang ternak kelinci, sudah kami siapkan rangkuman lengkapnya dibawah ini. Silahkan kalian terapkan dirumah masing-masing ataupun coba untuk di modifikasi sedikit sesuai dengan kebutuhan ternak kelinci yang sedang anda kelola.

Peralatan dan bahan kandang ternak kelinci
  • Balok kayu sebanyak 12 buah
  • 3 buah balok bambu
  • 1 lembar asbes
  • Kawat galvanis strimin 4 meter persegi
  • Paku usuk dan paku bambu secukupnya
  • Tempat untuk kotoran kelinci bagian bawah yang bisa menggunakan bahan bekas atau triplek seadanya. Bisa saja kita ganti dengan kardus bekas.



Peralatan bahan kandang kelinci
  • Palu
  • Obeng plus/minus
  • Penggaris besi
  • Gergaji kayu atau bambu



Untuk cara pembuatan kandang ternak kelinci sebenarnya mudah saja. Potong semua bahan sesuai dnegan ukuran yang telah kita rencanakan sebelumnya. Yang terpenting kita telah mengetahui design kandang telinci yang akan di buat. Setelah itu bisa disesuaikan dan di rancang agar sama persis dengan design.

Untuk langkah-langkahnya memang tidak kami berikan secara detail. Hanya kami berikan designnya saja. Karena menurut kami lebih baik anda membaca design dibandingkan membaca langkah-langkahnya yang hanya akan membuat kita bingung. Berikut ini kumpulan design kandang ternak kelinci yang bisa anda pilih.











Balik lagi pada opini yang telah kami sebutkan diatas. Bahwa sebaiknya kita menggunakan kandang tanah saja agar lebih efektif. Atau bisa menggunakan halaman belakang rumah untuk memulai usaha ternak kelinci. Anda hanya butuh menyiapkan tempat berteduh pada saat malam hari dan hujan saja. Tidak perlu membuat kandang kelinci seperti design diatas. Tetapi semua balik lagi pada pilihan anda masing-masing.