Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Usaha Makanan Yang Sedang Trend Di Tahun 2020 Beserta Tips Mengelolanya

Diantara kamu ada yang masih bingung mau memilih usaha apa yang sedang trend atau booming. Yang pastinya berharap mendapatkan uang banyak dari usaha tersebut.

Sebenarnya tidak perlu mencari usaha makanan yang sedang trend di tahun 2020 atau mencari ide makan yang sedang booming di tahun 2020. Karena semua itu tidak ada gunanya.

Mengapa??

Dalam kesempatan kali ini, akan saya jelaskan mengapa ide usaha makanan yang sedang trend di tahun 2020 dan ide usaha makanan yang sedang booming di tahun 2020 tidak akan ada gunanya. 


Ide Usaha Makanan Yang Sedang Trend Di Tahun 2020 Beserta Tips Mengelolanya



1. Trend dan Booming 

Yang perlu kita bahas dalam masalah ini adalah ungkapan trend dan booming terlebih dahulu. Kita ingin menciptakan usaha makanan yang sedang trend. Atau ingin menghadirkan usaha makanan yang sedang booming. Padahal, trend dan booming itu tidak akan berarti dan tidak akan sampai ke masyarakat tanpa ada pesan yang di dengar oleh masyarakat itu sendiri. 

Maksudnya bagaiamana?? 
Trend dan booming, itu adalaha fenomena yang memang harus kita ciptakan. Jika kita punya usaha yang berpotensi menjadi trending, tapi tidak memiliki usaha atau cara bagaimana cara membuatnya menjadi trending. Otomatis akan percuma dong. 

Lalu bagaimana caranya agar usaha makanan kita menjadi trending atau booming?
Akan saya jelaskan pada rincian tips dibawah nanti. Sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu dasar-dasarnya. 


2. Asal Usaha Makanan Trend Dan Booming 

Ini adalah salah satu informasi yang harus kalian ketahui. Apakah makanan tersebut benar-benar trending?
Apakah makanan tersebut benar-benar booming?

Jika iya, kalian juga harus menelusurinya. Makanan tersebut, trending dimana?
Apakah di hasil pencarian google atau di media sosial?

Jika memang berasal dari google, 80% saya yakin makanan itu sengaja dibuat trending sama penyedia waralaba. Atau mungkin jika tidak terjadi seperti yang saya katakan barusan. Menurut pribadi, makanan tersebut tidak akan lama trending dan sebentar lagi akan di tinggalkan oleh anak muda, masyarakat atau konsumen. Yakin mau memulai usaha yang tidak memiliki umur panjang?

Jika berasal dari media sosial, kamu juga tidak boleh langsung menirunya. Kamu harus tau bagaimana cara makanan tersebut bisa trending topic di medsos. Ini yang harus kamu telursuri dan pelajari. 

Dari kedua dasar diatas, kamu seharusnya sudah paham bahwa ide usaha makanan yang trend atau ide usaha makanan yang booming bukanlah sesuatu yang harus kita cari di internet. Tetapi, bagaimana caranya kita menciptakan fenomena tersebut.

Bagaimana caranya??
Berikut ini akan saya beberkan sedikit tips yang akan membantumu untuk menciptakan dan mengelola usaha makanan yang sedang trend dan booming. 
Yuk. Simak selengkapnya. 


1. Jenis Makanan 

Kenapa jenis makanan ini saya tempatkan di urutan paling pertama?
Faktornya adalah jenis makanan akan menentukan umur usaha kita. Misal, kamu memilih jenis minuman yang sedang trend. Untuk mempertahankan bisnis tersebut agar menjadi bisnis jangka panjang bukanlah hal yang mudah. Saya sendiri pun merasa kesulitan jika di paksa untuk melakukan hal itu. 

Menurut pandangan saya pribadi, usaha makanan yang sedang trend dan akan tahan lama adalah makanan yang memang dibutuhkan oleh konsumen setiap harinya. 
Contoh, angkringan yang menjual lauk pauk dan nasi kucing misalnya.

Makanan tersebut akan bertahan lama, karena akan di butuhkan setiap konsumen kita pada waktu mereka akan makan. Mungkin kalian berfikir "makanan tersebut mana mungkin bisa menjadi trending topik?"
Bisa, pada point selanjutnya akan saya berikan tips menggunakan media sosial agar makanan menjadi trending atau booming. 


2. Rasa 

Ini adalah bagian yang paling menentukan apakah bisnis makan kita akan tetap booming atau tidak. Jangan sampai usaha makanan yang kita kelola hanya trending diawal dan di hempas begitu saja. Tentu bukan bisnis yang baik bukan jika hanya mendapatkan keuntungan sesaat.

Untuk itu, rasa harus tetap menjadi pilihan nomor satu yang harus diperhatikan. Bagaimanapun caranya, jangka panjang adalah tujuan bisnis yang harus di fikirkan oleh para pelaku bisnis. Jangan sampai bisnis makanan kita mati atau gulung tikar hanya karena rasa yang tidak di perhatikan sama sekali. 


3. Buat Jadi Trend

Inilah ilmu penting yang telah kami berikan rahasianya buat kamu yang akan mencoba mengelola usaha makanan yang sedang trend atau booming. Kita sebagai pengusaha harus menciptakan efek tersebut pada usaha yang sedang di kelola. Bagaimana caranya?
Sangat mudah, sudah kami rangkum lengkap buat kamu. 

Yang harus dilakukan adalah membuat tampilan makanan atau kedai menjadi instagramable. Bukan berarti harus memiliki tempat yang bagus atau keren buat foto selfi dan sebagainya. Tetapi tampilan dalam menyusun makanan pun jadi.  Bisa lihat gambar dibawah ini, ini bukanlah cafe, hanya sebuah angkringan yang susunan menunya sangat rapi dan kreatif.





Kenapa harus seperti gambar diatas, tujuannya agar menarik ketika di ambil gambar oleh konsumen. Strategi kita adalah memaksa setiap pembeli untuk menguploadnya di medsos dengan hastag yang berpotensi viral. Misal di twitter ataupun di instagram. Kamu bisa memberinya imbalan gratis sepotong kue atau makanan lain jika mau mengupload poto daganganmu dengan hastag yang telah kamu tentukan sebelumnya. 

Dengan cara ini, pasti akan banyak yang penasaran dan akhirnya mencoba. Jika semua pelanggan kamu minta upload gambar menu makananmu, tentu saja efek viral akan cepat terbentuk dan pundi-pundi rupiah siap buat kamu tampung. 


Itulah cara usaha makanan yang sedang trend atau booming. Ingatlah kalimat ini. Yang membuat booming bukan makanannya, tetapi bagaimana usaha kita untuk menciptakan efek tersebut.