Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fermentasi Hijauan Pakan Kambing Yang Bisa Menjadi Alternatif Dalam Usaha Ternak Kambing


Fermentasi hijauan pakan kambing banyak di cari oleh para peternak kambing. Hal ini dikarenakan fermentasi hijauan pakan kambing ini memang sangat dibutuhkan untuk mengawetkan pakan kambing yang berasal dari dedaunan maupun dari rumput basah. Tentu metode ini akan sangat membantu.

Salah satu fermentasi hijauan pakan kambing yakni menggunakan rumput dan juga daun singkong. Keduanya sama-sama tergolong dalam fermentasi hijauan pakan kambing yang bisa kita gunakan sebagai tambahan pakan ternak kambing. Untuk cara membuatnya, telah kami rangkum langkap pada bahasan di bawah ini.


Fermentasi Hijauan Pakan Kambing Yang Bisa Menjadi Alternatif Dalam Usaha Ternak Kambing


Fermentasi Hijauan Pakan Kambing

Fermentasi hijauan pakan kambing tidak berbeda dengan pakan fermentasi ternak kambing yang lainnya. Fermentasi hijauan juga merupakan proses amoniasi terhadap pakan ternak supaya kandungan nutrisi yang terdapat pada pakan ternak hijauan tersebut dapat disimpan dalam waktu yang lama.
Yang membedakan yaitu jenis bahan yang digunakan. Jika kebanyakan para peternak menggunakan jerami untuk bahan fermentasi, pada fermentasi hijauan pakan kambing ini mneggunakan rumput atau dedaunan yang biasa digunakan sebagai pakan ternak kambing. Untuk informasi lebih lengkapnya sudah kami rangkum berikut ini. Yuk simak informasinya.


Jenis Hijauan Yang Bisa Digunakan Sebagai Bahan Fermentasi Hijauan Pakan Kambing

Untuk jenis hijuan yang bisa kita gunakan sebagai bahan baku fermentasi hijauan pakan kambing ini sebenarnya ada banyak. Tergantung jenis hijauan apa yang paling mudah di temukan di sekitar lingkungan peternak atau bisa juga kita memilih jenis hijauan yang relatif murah. Sebagai saran, sebaiknya kita menggunakan rumput gajah atau daun singkong. Karena kedua jenis hijauan tersebutlah yang memiliki nutrisi paling baik untuk pakan kambing.


Cara Membuat Fermentasi Hijauan Pakan Kambing

Cara membuat fermentasi hijauan pakan kambing yang kami berikan langkah-langkahnya yaitu menggunakan hijaun rumput gajahan. Menurut kami rumput gajahan adalah hijauan yang paling banyak digunakan oleh para peternak kambing maupun peternak sapi. Sehingga cara ini bisa digunakan oleh para peternak kambing maupun peternak sapi. Untuk langkah-langkahnya silahkan simakan uraian berikut ini.


Bahan-Bahan Untuk Membuat Hijauan Pakan Kambing

  • Tetes tebu 3% (dari total tumput gajahan)
  • Dedak halus 5% (dari total tumput gajahan)
  • Menir 3.5% (dari total tumput gajahan)
  • Onggol 3% (dari total tumput gajahan)
  • Rumput gajahan gunakan sesuai dengan kebutuhan anda.



Cara Pembuatan Fermentasi Hijaun Pakan Kambing

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat fermentasi hijauan pakan kambing yaitu dengan cara memotong rumput gajahan terlebih dahulu dengan menggunakan mesin pemotong rumput. Atau bisa menggunakan pisau jika kamu tidak memiliki alat pemotong rumput. Pemotongan rumput ini dilakukan untuk mempercepat proses fermentasi. Selain itu, pemotongan ini dilakukan agar proses fermentasi dapat berlangsung secara merata. Dan diharapkan setiap rumput dapat tahan lama sebagai bahan pakan silase.
  • Setelah rumput gajah selesai dipotong-potong, masukan potongan rumput gajahan tersebut pada plastik besar. Pastikan semua tertampung dalam plastik tersebut. Kamu dapat menggunakan plastik jenis apa saja yang penting masih dalam keadaan baik.
  • Kemudian semua bahan yang kami tulisakan diatas ke dalam plastik. Tutup rapat plastik selama proses fermentasi. Biasanya proses fermentasi ini akan berlangsung selama 3 minggu. Setelah 3 minggu, pakan fermentasi ini bisa kamu gunakan untuk pakan ternak kambing.


Sebelum menggunakan fermentasi pakan hijauan untuk pakan kambing, sebaiknya jemur terlebih dahulu hasil fermentasi dari hijauan tersebut. Penjemuran ini dilakukan selama 15 menit saja sudah cukup. Itulah informasi mengenai fermentasi hijauan pakan kambing yang bisa kami berikan informasinya untuk anda.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.