Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Review Jurnal Ekonomi Dan Cara Review Jurnal Yang Baik Lengkap


Buat kamu yang mencari contoh review jurnal ekonomi serta cara me-review jurnal yang baik dan benar sudah kami siapkan di website ini. Memang tugas merivew jurnal adalah salah satu tugas yang sedikit membuat kita agak pusing. Karena harus membaca jurnal dengan jumlah kalimat yang sangat banyak dan melatih ketelitian kita.

Sebelum masuk ke contoh review jurnal ekonomi dan cara reviwew jurnal yang baik, kita bahas terlebih dahulu apa itu jurnal ekonomi. Sehingga nantinya kita akan lebih mudah dalam mempraktekan review jurnal ekonomi ini.

Jurnal ekonomi sendiri merupakan jurnal yang mempublikasi karya ilmiah yang berupa hasil penelitian, kajian pustaka dan hasil pembuatan model yang berkaitan dnegan bidang ilmu ekonomi, keuangan menoter, fiskal, regional dan ekonomi islam.

Dan biasanya, sebelum melakukan peneliian sesorang akan melakukan review jurnal terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk mendapatkan referensi dari jurnal yang sejenis. Jadi, secara garis besar tujuan kita di beri tugas untuk meriview jurnal ekonomi atau jurnal yang lain adalah untuk memudahkan apabila pada saat melakukan penelitian nantinya. Untuk cara merivew jurnal ekonomi atau contoh mereview jurnal ekonomi sudah kami rangkum lengkap dibwah ini. Silahkan untuk menyimak dan mempelajari contoh review jurnal di bawah ini dengan cermat.


Contoh Review Jurnal Ekonomi Dan Cara Review Jurnal Yang Baik Lengkap


Contoh review jurnal ekonomi dan cara review jurnal yang baik lengkap

Review sendiri merupakan sebuah proses evaluasi dari hasil publikasi yang berfungsi untuk memberikan gambaean terkait kualitas suatu jurnal baik dari segi kekurangan maupun kelebihaannya. Proses ini biasa disebut sebagai critical review. Untuk secara umum, critical review atau review jurnal sebagai berikut :


1. Ringkasan Jurnal

Pada review jurnal yang pertama, tentu kita akan membahas mengenai ringkasan jurnal. Ringkasan jurnal ini biasanya berisis tentang latar belakang dan pendahuluan penelitian. Kemudian di paragraf selanjutnya ada metode penelitan yang digunakan oleh peneliti untuk menyusun jurnal tersebut. Lalu masuk ke tahap berikutnya yaitu pada bagian hasil dan pembahasan yang kita peroleh dari jurnal yang akan di review. Secara umum, untuk menyusun ringkasan jurnal ini biasanya terdiri dari dua sampai tiga halaman.


2. Critical Review Jurnal

Critical review jurnal sendiri merupakan proses untuk mengevaluasi dan menemukan kekurangan maupun kelebihan yang ada di dalam jurnal. Tetapi untuk critical review ini dilakukan pada bagian inti. Sehingga banyak yang menyebut critical review adalah bagian inti.


3. Kesimpulan Dan Saran

Ini adalah bagian terkahir dari inti jurnal yang biasanya berisi dari opini penulis atau peneliti yang telah menyusun jurnal tersebut. Pada bagian ini, kamu bisa menyelaraskan dengan bagian inti jurnal.


4. Lesson Learned

Lesson learned sendiri merupakan hal yang dipelajari dari jurnal tersebut. Bagian ini juga tidak boleh kita tinggalkan pada saat nmelakukan review jurnal. Dari jurnal tersebut, ambil kesimpulan sendiri dan juga apa yang telah dibahas dalam jurnal tersebut. Apakah lesson learned sesuai dengan pembahasannya.


5. Daftar Pustaka

Daftar pustaka sendiri merupakan susunan tulisan di akhir sebuah jurnal. Dalam daftar pustaka ini akan terdapat sumber yang telah digunakan sebagai perbandingan ataupun metode yang dipakai oleh penulis untuk menyusun jurnalnya.


Untuk lebih lengkapnya mengenai contoh review jurnal ekonomi atau critical review jurnal ekonomi dapat kamu simak rangkuman dibawah ini. Jurnal dibawah ini bertema ekonomi kota yang direview oleh Astriyani Rifatahari.

  • Judul Jurnal: Pemetaan Industri Kreatif Di Area Urban Kota Medan Dalam Rangka Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kawasan
  • Penulis: Azela Nasyifa (Fakultas Ekonomi) Dan Heru Ardiansyah (Fakultas Ilmu Komputer)
  • Publikasi: Prosiding Seminar Nasional Pada Acara Call For Paepr Ini Economic Development Risk And Trend For Developing Country
  • Reviewer: Astriyani Rifatahari



Critical Review Jurnal

Critical review jurnal dapat dilakukan setelah jurnal yang dipilih telah di ringkas pada bagian di atas. Isi dari jurnal tersebut sudah dapat tergambar kepada pembaca dari judul jurnal yang dibuat oleh penulis yakni pemetaan industri kreatif di area urban kota Medan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonimi kawasan. Jurnal diawali oleh abstrak sebagaimana pada umumnya.

Namun, penulis membuat kekeliruan pada bagian abstrak dimana abstrak tidak diberikan kata kunci sebagaimana aturan pada abstrak umumnya. Selain itu, penulis juga tidak menghapus panduan penulisan abstrak dalam bahas inggris yang diberikan oleh penyelenggara seminar nasional. Bagian ini seharusnya diisi dengan abstrak berbahasa inggris yang merupakan terjemahan dari abstrak sebelumnya.

Dari segi kerapihan penulis, jurnal ditulis kurang rapi karena ada beberapa bagian paragraf yang tidak diberikan pengaturan rata kanan-kiri (alignment-justify). Sehingga beberapa baris terlalu menjorok ke dalam dan keluar. Selain itu, drafting jurnal kurang rapi karena terdapat paragraf yang memiliki jarak terlalu jauh sementara yang lain berbeda.

Pada bagian pendahuluan, dijabarkan mengenai latar belakang diangkatnya topik mengenai pentingnya ekonomi kreatif bagi pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Pada jurnal ini mengambil sampel lokasi daerah kota Medan yang merupakan salah satu kota besar di pulau sumatera. Kota Medan memiliki wewenang otonomi daerah dnegan pertumbuhan ekonomi industri yang pesat namun terjadi stagnasi terhadap ekonomi industri kreatif.

Namun, penulis kurang bisa menjabarkan mengenai seberapa besar peran industri kreatif terhadap sumbangan ekonomi di wilayah kota Medan. Padahal apabila hal ini dijelaskan maka penulis telah memberikan dasar penelitian yang lebih jelas bagi para pembaca mengenai peran industri kreatif di kota Medan. Dengan di jabarkannya hal ini, pembaca juga bisa mendapatkan gambaran seberapa besar peran industri kreatif di kota Medan.

Bab selanjutnya merupakan metode penelitian yang menjelaskan mengenai metode yang digunakan dalam memetakan peluang industri kreatif di area urban kota Medan. Metode pemetaan sosial (social mapping) merupakan jenis metode yang digunakan.

Penulis juga memberikan definisi mengenai metode pemetaan sosial namun dengan penjelasan yang terlalu bertele-tele. Kemudian penulis juga tidak memberikan keterangan mengenai proses pengambilan data yang mengakibatkan pembaca akan kesulitan untuk mengerti cara pengambilan data.

Bab selanjutnya adalah bagian hasil dan pembahasan yang merupakan bagian inti dari jurnal yang dibaut. Bagian awal bab hasil dan pembahasan penulis menjelaskan mengenai cara dan langkah strategis yang dilakukan dalam pemetaan sosial. Bagian ini seharusnya tidak dimasukkan ke dalam bab hasil dan pembahasan melainkan bab metode penelitian

Selain itu, penulis pada bagian metode penelitian mengungkapkan bahwa penulis menggunakan metode pemetaan sosial untuk mengumpulkan data permasalahan dan kondisi sosial di masyarakat tempat penelitian dilaksanakan.

Namun, pada bab hasil dan pembahasan tidak terdapat penjelasan terkait keuntungan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat terkait industri kreatif. Sebaliknya, penulis hanya memberikan tabel yang berisi informasi mengenai jenis industri kreatif dan jumlahnya yang tersebar di kecamatan di area urban kota Medan.

Selanjutnya, pada metode penelitian penulis menjelaskan bahwa menggunakan metode survey singkat yang menggunakan alat bantu kuesioner. Namun, hasil dari kuesioner yang dilakukan tidak ditemukan di bagian hasil dan pembahasan.

Hal ini menunjukkan bahwa pada jurnal ini terdapat ketidaksesuaian di dalam metode penelitian dan hasil serta pembahasan yang dituliskan.

Sehingga kekurangan mendasar dari jurnal ini adalah tidak ditemukannya hubungan antara pemetaan sosial yang seharusnya mampu memberikan gambaran kondisi sosial industri ekonomi kreatif di masyarakat.
                                                      
Itulah cara review jurnal ekonomi dan contoh critical review jurnal ekonomi dari Astriyani Rifathari. Semoga dapat membantu kamu dalam mengerjakan tugas review jurnal.
*artikel ini telah tayang di cryptowi.com dengan judul “Contoh Review Jurnal Paling Lengkap & Terbaik 2020” yang ditulis oleh Dhinda.