Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ternak Kambing Modal Kecil Yang Menguntungkan


Cara ternak kambing memang tidak sesulit yang kita bayangkan. Ternak kambing snediri bisa kita lakukan sebagai usaha sampingan yang sangat menguntungkan. Mungkin bagi sebagian orang menganggap usaha ternak kambing tidak memiliki prospek seperti usaha peternakan lainnya. Padahal usaha ternak kambing ini jika dilakukan dengan benar akan mendatangkan untung yang besar.

Cara ternak kambing yang intensif memang membutuhkan modal yang besar. Baik dari segi perawatan harian semisal kandang dan juga kebutuhan pakannya. Jika kita agak ragu atau masih dalam tahap mencoba usaha ternak kambing yang hanya untuk sampingan atau mengisi waktu luang. Maka lebih baik gunakan saja cara ternak kambing yang konvensional. Yakni ternak kambing yang biasa digunakan oleh para penduduk desa. Untuk informasi cara ternak kambing yang benar telah kita rangkum dalam uraian berikut ini.


Cara Ternak Kambing Modal Kecil Yang Menguntungkan

Cara Ternak Kambing Modal Kecil

Usaha ternak kambing merupakan usaha yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Selain cara ternak kambing cukup mudah dilakukan, usaha ini juga bisa kita coba dengan usaha sampingan. Cara ternak kambing pun cukup mudah untuk di aplikasikan. Bahkan, kami rasa hampir semua orang tidak akan gagal dalam memulai usaha ini. Asalkan terdapat kemauan untuk memulai usahanya dan menekuninya.

Untuk cara ternak kambing memang telah kami rangkum lengkap di artikel kali ini. Tetapi sebelum memulai usaha ternak kambing, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu bahwa untuk memulai usaha ternak kambing ini setidaknya membutuhkan modal kurang lebih 10 juta rupiah. Hal ini di akibatkan oleh usaha ternak kambing harus membutuhkan tempat khusus atau biasa disebut sebagai kandang untuk memulainya. Secara lengkapnya sudah kami rangkum dalam uraian berikut ini.


1. Persipakan Lahan Dan Kandang

Langkah pertama untuk usaha ternak kambing yaitu dengan menyiapkan kandang dan lahan. Untuk ukuran kandang ini bisa kita sesuaikan dengan lahan yang kita punya. Yang terpenting adalah ukuran ideal per satu kambing terpenuhi. Untuk ukurannya sendiri biasanya peternak memberikan lebar 75 cm dan panjang 200 cm untuk satu kambing.

Ada dua macam bentuk kandang kambing yang bisa kita pilih. Yang pertama yakni kandang panggung dan kandang postal. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi untuk kandang kambing sebaiknya tetap menggunakan kandang panggung agar lebih ideal pertumbuhannya.
Pastikan juga kandang selalu dalam kondisi bersih. Jangan sampai kandang kambing kotor. Karena akan menimbulkan penyakit pada peternakan kambing yang anda kelola.


2. Persiapan Induk

Langkah yang kedua yaitu mempersiapkan indukannya. Cara ternak kambing yang baik  tentu saja harus memperhatikan indukan dari kambing itu sendiri. Untuk memilih induka pun tidak sembarangan. Karena dengan memilih indukan yang kurang baik, maka akan berdampak pada anakan kambing itu sendiri. Yang nantinya akan berdampak pada kulitas hasil peternakan kita.

Adapun ciri-ciri indukan kambing yang bisa kita pilih sebagai berikut :
  • Memiliki postur tubuh yang besar dan panjang
  • Telinga panjang kebawah
  • Tidak ada cacat fisik
  • Bukan kambing kacang (kambing lokal ukuran kecil)



3. Persediaan Pakan

Langkah yang harus kita siapkan selanjutnya yaitu untuk menyiapkan pakan. Pakan tersebut menjadi hal mutlak dalam usaha ternak kambing. Seperti pada usaha ternak lainnya. Usaha ternak kambing ini hampir 70% biaya yang kita keluarkan adalah biaya pakan. Tetapi, kita masih bisa menyiasatinya dengan cara melakukan ternak kambing menggunakan pakan dedauanan dan rumput yang bisa ditanam disekitaran pekarangan rumah atau mencarinya di alam liar.

Para peternak kambing biasanya juga menggunakan pakan tambahan. Ada yang menggunakan pabrikan ada juga yang memiliih untuk menggunakan pakan sisa buangan limbah industri singkong. Atau biasa disebut sebagai ampas singkong (onggok). Pakan tambahan ini memang cukup efektif, namun yang paling dibutuhkan adalah pakan hijauan yang harus selalu tersedia untuk kambing.


4. Perawatan

Langkah yang terkahir adalah perawatan. Perawatan untuk ternak kambing harus dilakukan secara maksimal. Terutama untuk kebersihan kandang. Memang kambing jarang sekali mengalami gangguan kesehatan hingga mati. Tetapi jika kambing sampai terjadi gangguan penyakit tentu saja akan membuat kambing menjadi susah gemuk. Dan akhirnya akan susah untuk dipanen.


Itulah cara ternak kambing yang bisa kita bagikan informasinya untuk anda. Yang paling penting dari usaha ternak kambing ini adalah pemilihan indukan dan juga pakan yang digunakan. Jangan sampai asal-asalan meskipun kambing jarang sekali terserang penyakit. Karena jika kita tidak maksimal tentu saja hasil yang akan didapatkan juga tidak akan maksimal.