Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cangkok Buah Tin Untuk Memperbanyak Bibit Pohon Tin

Salah satu cara memperbanyak bibit tin atau memperbanyak pohon tin adalah dengan cara cangkok buah tin. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan umum digunakan oleh para petani buah tin. Cara cangkok buah tin tidak jauh berbeda dengan cara mencangkok tanaman lainnya. sehingga banyak petani yang bisa mempraktekan sendiri di rumah.  

Cara cangkok buah tin untuk memperbanyak bibit tin merupakan cara mengembangbiakkan buah tin yang efektif. Biasanya bila menggunakan cara ini kemungkinan berhasil 80%. Dan cara cangkok buah tin untuk memperbanyak bibit buah tin ini sangat kami rekomendasikan.


Cara Cangkok Buah Tin Untuk Memperbanyak Bibit Pohon Tin


Lalu bagaimana cara cangkok buah tin yang benar ?
Berikut ini informasi lengkap mengenai informasi cara cangkok buah tin.


Cara Cangkok Buah Tin :
  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan cara memilih pohon tin yang memiliki batang masih muda dan berkulit hijau. Alasannya adalah batang yang masih muda dan  berwarna hijau akan lebih cepat tumbuh dan berkembang dibandingkan dengan batang buah tin yang sudah tua.
  2. Setelah menemukan cabang yang cocok, langkah selanjutnya ialah siapkan plastik transparan dan juga cocopeat murni.
  3. Kemudian balut batang pohon tin yang akan di cangkok dengan cocopeat murni yang telah disiapkan sebelumnya. Lalu bungkus dengan plastik transparan.
  4. Panjang cangkok buah tin yang ideal yaitu 10 – 15 cm. Usahakan jangan lebih dari ukuran ideal ini.
  5. Ikat media cangkok pada bagian pangkal dan ujung menggukan tali rafia.
  6. Setelah itu rawat media cangkok buah tin tersebut dengan cara melakukan penyiraman melalui celah-celah yang sudah disiapkan sebelumnya.
  7. Biasanya setelah umur 30 – 45 hari setelah cangkok, akan muncul banyak peranakan. Artinya cangkok buah tin sudah siap dipotong dan dipindahkan ke media tanam tanah

Itulah cara cangkok buah tin yang benar. Cukup mudah bukan ?
Bahkan lebih mudah dari cara cangkok tanaman lainnya. Yang terpenting dari proses cara cangkok buah tin adalah pemilihan batang buah tin yang akan di cangkok. Karena pemilihan batang ini akan sangat mempengaruhi cepat tumbuhnya akar dari proses cangkok buah tin yang kita lakukan. 
Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.