Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Udang Galah Di Rumah Dengan Modal Kecil Untuk Usaha Sampingan


Budidaya udang galah di rumah dengan modal kecil sebenarnya bisa menjadi pilihan kita yang masih bingung mau mencoba usaha apa. Budiaya udang galah ini tidak boleh dianggap remeh. Karena jika ditekuni bukan tidak mungkin hasilnya juga akan lebih banyak dari yang kita bayangkan sebelumnya. 

Di era modern seperti ini dan mencari pekerjaan susah. Banyak sekali masyarakat yang mencoba untuk memulai usaha rumahan berskala kecil. Salah satunya yaitu dnegan budidaya udang galah di rumah menggunakan kolam terpal. Oleh karena itu, kali ini akan kami berikan informasi mengenai cara budidaya udang galah di rumah dengan modal kecil. Berikut ini informasi lengkapnya yang bisa anda simak.


Cara Budidaya Udang Galah Di Rumah Dengan Modal Kecil Untuk Usaha Sampingan


Cara Budidaya Udang Galah di Rumah Dengan Modal Kecil

Budidaya udang gakah dirumah menjadi salah satu pilihan yang terbaik bagi masyarakat yang ingin memiliki usaha dirumah. Terutama usaha yang berada di sektor perikanan. Alasannya adalah udang galah menjadi salah satu komoditas air tawar yang banyak diminati. Dan saat ini masih jarang yang membudidayakannya.

Selain itu, usaha budidaya udang galah di rumah juga dapat menambah penghasilan kita sebagai sampingan perbulannya. Bahkan bila dijalankan dengan maksimal bukan tidak mungkin hasilnya akan lebih banyak dari yang kita harapkan. Untuk lebih jelasnya mengenai cara budidaya udang galah di rumah bisa disimak dalam informasi yang telah kami rangkum lengkap buat kamu. Yuk simak informasinya.


1. Persiapan Kolam Budidaya Udang Galah

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam usaha budidaya udang galah dirumah yaitu dengan menyiapkan kolam terlebih dahulu. Disini kami menyarankan untuk menggunakan kolam terpal. Alasannya lebih murah dan lebih mudah untuk dibuat. Selain itu, menggunakan kolam terpal juga akan lebih mudah dipindahkan jika sewaktu-waktu tempat tersebut dirasa kurang cocok atau mengganggu. Untuk cara pembuatan kolam terpal udang galah sebagai berikut :
  • Kolam udang galah yang baik ada kolam bulat, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan kolam persegi
  • Kedalaman air kolam usahakan diatas 50 cm
  • Luas kolam menyesuikan kebutuhan anda
  • Debit air pada kolam usahakan antara 0,5 hingga 1 liter per detik
  • Pastikan juga kolam memiliki asupan oksigen yang cukup, yaitu sekitar 5 hingga 7 ppm.
  • Diamkan terlebih dahulu kolam selama 1 minggu  setelah di isi air, agar air kolam netral dan tidak membuat udang galah menjadi stress atau mati keracunan.



2. Penebaran Benih

Langkah selanjutnya setelah menyiapkan kolam yaitu penebaran benih. Untuk penebaran benih sendiri bisa dilakukan pada sore hari. Waktu ini dipilih agar udang galah tidak stress menghadapi perubahan suhu. Tidak disarankan untuk menebar udang galah pada pagi hari.
Selain itu, usahakan pompa air sudah terpasang sebelum udang galah ditebar. Sehingga aliran debit air pada kolam dan juga persediaan oksigen sudah terpenuhi.

Bibit udang galah sendiri sebaiknya dibeli pada balai perikanan atau penyedia bibit udang galah yang sudah tersertifikasi. Sehingga bibit yang kita gunakan pun benar-benar bibit unggul. Jangan sampai sudah menyiapkan kolam dan perlatan sedemikian rupa, ternyata bibit yang kita gunakan adalah bibit tidak berkualitas. Maka potensi meruginya akan cukup besar.


3. Pemberian Pakan

Pemberian pakan ini menggunakan pakan pelet khusus udang yang bisa dibeli di toko pakan ikan terdekat. Pemberian pakan udang galah sendiri dilakukan sebanyak 2 – 5 kali dalam sehari. Pakan ini sebaiknya diberikan secara bertahap. Tujuannya agar air dalam kolam tidak kotor dan membuat udang galah menjadi stress.


4. Perawatan Udang Galah

Dalam budidaya udang galah dirumah, kita juga tidak boleh melewatkan pemeliharaan rutin. Jangan sampai udang galah stress karena perawatan yang kurang. Udang galah harus selalu dikontrol setiap hari. Dan apabila terdapat udang galah yang stress meskipun hanya satu sebaiknya langsung diangkat. Karena hal ini akan mempengaruhi udag galah yang lainnya.

Beberapa langkah yang harus anda perhatikan jika membudidayakan udang galah dirumah telah kami rangkum sebagai berikut :
  • Perhatikan sirkulasi air dengan baik, karena air merupakan salah satu bagian penting dalam usaha budidaya udang galah. Selain itu air juga harus mengalir terus menerus. Karena jika air tidak mengalir maka akan menurunkan kualitas air sebesar 50%
  • Jaga suhu air jangan sampai terlalu tinggi. Untuk mengatasi hal ini anda bisa mengganti airnya secara berkala. Sehingga suhu air kolam di udang galah akan selalu terjaga. Selain suhu, jaga juga ph air jangan sampai dibawah 6 atau diatas 8.
  • Untuk pakan tambahan, gunakan saja seperlunya. Pakan yang bisa anda pilih yaitu pakan cincangan ikan rucah. Tetapi yang harus diperhatikan apabila menggunakan pakan ini sebaiknya anda selalu memperhatikan kualitas air setiap harinya.


Itulah cara budiaya udang galah di rumah. Untuk masa panennya anda bisa melakukan panen setelah udang galah berumur 6 bulan. Biasanya jika dipanen pada waktu tersebut berat udang galah mencapai 20 gr per ekornya.

Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.