Cara Agar Murai Batu Bertelur Banyak Dan Berhasil Menetas Semua

31 views

Sebagai seorang peternak murai batu, tentu akan menginginkan murai batu bertelur banyak. Dan mengusahakan semua telurnya akan menetas semua. Sehingga mereka selalu mencari informasi mengenai cara agar murai batu bertelur banyak dan menguntungkan. Hal ini adalah wajar sebagai seorang peternak, karena dengan murai batu bertelur banyak maka kemungkinan besar untuk mendapatkan keuntungan dari hasil menjual anakan murai batu lebih tinggi.
Untuk itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara agar murai batu bertelur banyak. Yang tentunya informasi ini akan sangat bermanfaat bagi semu peternak murai batu. Untuk kamu yang juga mencari infomasi tersebut silahkan simak uraian lengkap yang telah kami rangkum mengenai cara agar murai batu bertelur banyak berikut ini.
Cara Agar Murai Batu Bertelur Banyak Dan Berhasil Menetas Semua

Cara Agar Murai Batu Bertelur Banyak

Murai batu merupakan salah satu burung hias yang paling banyak di cari oleh para pecinta burung kicau. Namanya sangat terkenal karena kicauannya yang sangat merdu. Sehingga tak heran jika banyak sekali peternak yang juga memulai untuk mengembangkan usaha peternakan murai batu.
Tetapi sayangnya murai batu ini sama seperti burung kicau yang lainnya. Yaitu telurnya tidak pernah banyak. Rata-rata hanya mampu menghasilkan dua butir telur dalam sekali siklus bertelur. Sehingga banyak para peternak murai batu yang mencari cara agar murai batu dapat bertelur banyak. Otomatis dengan cara tersebut mereka akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.
Dan berikut ini telah kami rangkum informasi cara agar murai batu dapat bertelur banyak.
  

1. Berikan Pakan Berprotein Tinggi

Salah satu cara yang bisa kita lakukan agar murai batu bertelur banyak yaitu dengan cara memberikan pakan dengan kadar protein yang tinggi. Karena seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa murai batu ini akan bertelur apabila kebutuhan protein di tubuhnya berlebih. Apabila kebutuhan protein tersebut kurang dari cukup, maka otomatis murai batu tidak akan bertelur. Dengan memberikan pakan yang mengandung protein tinggi sebanyak mungkin. Kita dapat berharap murai batu akan bertelur lebih banyak dari yang biasanya.
Sementara itu, pakan murai batu yang memiliki kandungan protein banyak diantaranya jangkrik, ulat hongkong dan juga cacing. Usahakan pakan alami hewani ini selalu tersedia dalam kandang murai batu indukan. Karena harapannya dengan menambah kandungan protein untuk murai batu akan berdampak pada banyaknya telur yang akan diproduksi oleh murai batu itu sendiri. Sehingga dapat membuat murai batu bertelur banyak.

2. Memberikan Pakan Jangkrik Yang Berkualitas

Langkah kedua yang bisa kita gunakan yaitu dengan cara memberikan pakan jangkrik yang berkualitas. Pakan jangkrik ini biasa disebut oleh para peternak murai batu sebagai voer breeding jk. Ini merupakan pakan jangkrik khusus untuk membuat murai batu bertelur banyak. Memang belum ada penelitian lebih lanjut akan hal ini. Tetapi sudah banyak yang mencoba dan mereka mengatakan bahwa langkah ini efektif untuk digunakan. Tidak ada salahnya untuk mencoba bukan?

3. Asinan Untuk Murai Batu

Salah satu cara agar murai batu bertelur banyak yang selanjutnya yaitu dengan cara memberikan asinan pada murai batu tersebut. Asinan ini bisa juga merangsang produktivitas bertelur dari murai batu itu sendiri. Dan juga langkah ini sudah banyak yang mencoba dengan hasil yang juga memuaskan.
Asinan untuk murai batu yang biasa digunakan yaitu pecahan bata, pasir dan juga cangkang telur. Ketiga bahan tersebut biasanya di keringkan terlebih dahulu di bawah terik sinar matahari sampai benar-benar kering. Setelah itu diremukan menjadi satu dan ditaburkan di dasar kandang murai batu.

4. Poligami

Langkah yang terkahir yaitu dengan cara melakukan poligami pada murai batu. Hal ini sangat efektif untuk menambah jumlah telur. Tetapi dalam kelompok penjodohan bukan untuk individu murai batunya itu sendiri. Cara poligami sangat efektif untuk mendapatkan telur banyak, terlebih jika kita minim pejantan. Tentu hal ini akan sangat membantu. Tetapi langkah ini sering menemui kegagalan. Bahkan tidak banyak para peternak yang juga mengakui sulit untuk menerapkan langkah ini.
Itulah cara agar murai batu bertelur banyak. Semua cara diatas memang akan memiliki hasil yang berbeda-beda. Kadang ada yang berhasil dan terkadang pula ada yang gagal dalam menerapkannya. Memang semua dipengaruhi oleh banyak faktor. Tetapi sebagai peternak tentu tidak ada salahnya jika kita mencoba bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *