Penyebab Murai Batu Bertelur Di Luar Sarang Dan Membuang Telurnya

57 views

Penyebab murai batu bertelur diluar sarang sering menjadi masalah yang banyak ditemui oleh para peternak murai batu. Hal ini memang harus cepat diatasi, karena burung murai batu yang bertelur di luar sarangnya tentu saja akan merugikan peternak. Bisa saja telur tersebut tidak dapat menetas atau rusak. Bahkan juga bisa murai betina memakan telurnya sendiri.
Murai batu tidak bertelur di sarang atau biasanya para peternak menyebutnya indukan betina murai batu membuang telurnya memang hal yang sering terjadi. Dan cukup merepotkan bagi peternak. Terutama untuk peternak pemula yang masih awam terhadap masalah-masalah pada usaha peternakan murai batu. Untuk itu, berikut ini sudah kami rangkum mengenai masalah dari penyebab murai batu bertelur di luar sarang atau indukan murai batu membuang telurnya.
Penyebab Murai Batu Bertelur Di Luar Sarang Dan Membuang Telurnya

Penyebab Murai Batu Bertelur Di Luar Sarang

Banyak sekali kasus indukan murai batu membuang telur yang sedang di eraminya. Atau terkadang indukan murai batu bertelur di luar sarang. Hal ini terjadi karena banyak hal. Yang biasa didapatkan dari sharing para peternak murai batu. Penyebab indukan murai batu bertelur di luar sarang atau membuang telurnya yaitu sebagai berikut.

1. Indukan Murai Batu Merasa Terganggu

Salah satu faktor yang membuat indukan murai batu bertelur di luar sarang atau membuang telurnya yaitu disebabkan kenyamanan murai batu itu sendiri yang terganggu. Hal ini disebabkan dari kondisi lingkungan sekitar yang bisa saja membuat murai batu merasa tidak nyaman.
Selain lingkungan sekitar, biasanya para peternak sering terlalu berlebihan dalam mengontrol indukan murai batu itu sendiri. Mereka sering melihat sarang murai batu dan bahkan memegang telur yang sudah berada disarang. Hal ini akan menyebabkan murai batu sangat terganggu dan sensitif terhadap apa yang kita lakukan. Sehinga mereka memilih untuk membuang telurnya atau bertelur di luar sarang.

2. Telur Kosong

Selain merasa terganggu, penyebab murai batu bertelur di luar sarang atau membuang telurnya yaitu karena telur tersebut kosong. Atau tidak terdapat infertil di dalamnya. Sehingga indukan memilih untuk membuangnya daripada meletakan telur tersebut didalam sarang.
Baca Juga : 


3. Embrio Telur Sudah Mati

Ada kasus indukan murai batu membuang telur pada saat proses pengeraman. Biasanya hal ini dilakukan oleh indukan murai batu jika embrio sudah mati pada saat telur tersebut belum menetas. Untuk memastikan, sebaiknya kita selalu memeriksa telur yang dibuang oleh indukan murai batu. Apabila masih bisa ditetaskan sebaiknya dilakukan penetasan secara manual.
Itulah penyebab indukan murai batu sering bertelur di luar sarang atau membuang telurnya. Ada banyak hal yang mempengaruhinya. Sebaiknya kita tetap terus melakukan kontrol pada murai batu tersebut. Tetapi jangan terlalu berlebihan sehingga membuat murai batu merasa tidak nyaman atau terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *