Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemangkasan Pembuahan Tanaman Anggur Yang Efektif

Dalam membuahkan tanaman anggur, teknik pemangkasan pembuahan anggur sangat penting untuk dilakukan. Waktu yang paling tepat untuk pemangkasan pembuahan anggur adalah, dua bulan setelah pembentukan cabang sekunder. Pada usia dua bulan ini, cabang sekunder mulai berwarna cokelat dan sudah siap untuk dibuahkan. Dalam melakukan pemangkasan pembuahan, anda perlu melakukan langkah mudah seperti berikut ini.




  1. Sisahkan lima atau lebih, bud atau mata tunas disetiap cabang sekunder, pastikan minimal ada tiga mata tunas dengan bentuk membulat dan besar. Ini menandakan bud atau mata tunas sehat dan bagus.                                                
  2. Hilangkan daun pada setiap bud atau mata tunas yang telah dipilih untuk dibuahkan. Daun pada mata tunas yang tidak dipilih, berguna untuk proses fotosintesis.                          
  3. Pupuk dengan pupuk pembuahan organik atau kimia, setiap seminggu sekali. Pemupukan pembuahan dapat memaksimalkan pembentukan tandan bunga.

Selain batang sekunder yang telah berwarna cokelat, kunci keberhasilan pangkas pembuahan, ada pada perawatan tanaman setelah pembentukan cabang sekunder. Perawatan tanaman yang baik akan menghasilkan bud atau mata tunas yang bagus untuk proses pembuahan.

Perlu diketahui bersama, pemupukan tanaman anggur pada masa vegetatif dan generatif sangatlah penting. Nutrisi yang cukup akan membuat batang pohon dan mata tunas tumbuh secara maksimal.
Bambang Prayogi
Bambang Prayogi Seorang penulis blogger amatir yang menyukai elektronika Dan botanical