Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Biologi Kelas 10 I Manfaat Biologi Dibidang Pertanian Untuk Manusia

Manfaat biologi di bidang pertanian sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali metode-metode pertanian dan terobosan di dunia pertanian yang berasal dari biologi. Karenanya, dalam kehidupan modern saat ini, manfaat biologi di bidang pertanian mampu membuat hasil pertanian menjadi lebih efektif dan efisien.

Mungkin masih pada bingung nih dengan apa manfaat biologi dibidang pertanian.
Sebagai gambaran sebelum masuk kedalam materi manfaat biologi dibidang pertanian, perlu kita bahas terlbih dahulu dasar dari informasi ini. Semisal, kita memiliki tanaman di depan rumah. Suatu saat tanaman tersebut terserang penyakit yang menyebabkan daunya berlubang. Tentu kita akan berusaha untuk mengobatinya bukan?
Nah, disinilah peran dan manfaat biologi di bidang pertanian. Kurang lebih seperti itu dasar dari materi ini.


biologi dan pertanian


Untuk lebih lengkapnya tentang manfaat biologi di bidang pertanian, berikut ini sudah kami rangkum untuk kalian yang sedang belajar tentang manfaat biologi di bidang pertanian :
*tulis jawaban di buku kalian yang bercetak tebal saja ya
  • Dapat menemukan atau ditemukan obat yang dapat menenaggulangi adanya virus/bakteri/hama yang dapat merusak tumbuh dan berkembangnya suatu tanaman. Disini bisa terlihat bahwa manfaat biologi di bidang pertanian dapat membantu para petani atau manusia untuk mengatasi penyakit yang menyerang tanamannya. Sehingga, tanaman akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta menghasilkan produktivitas yang maksimal. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi petani bukan?
  • Banyak ditemukannya vaksin untuk keberlangsungan hidup suatu tanaman. Manfaat biologi dibidang pertanian yang satu ini dapat membantu manusia dalam mengatasi penyakit-penyakit baru atau hama baru yang biasa menyerang tanaman. Kita tahu bahwa hama selalu melakukan perubahan setiap tahunnya. Oleh karena itu, disinilah peran biologi di bidang pertanian untuk dapat menciptakan vaksin-vaksin terbaru yang dapat memberantas hama baru dalam dunia pertanian.
  • Didapatkannya suatu bibit unggul dari tanaman yang lainnya, seperti contohnya adalah jagung hibrida. Mungkin teman-teman sering atau pernah mendengar bibit atau jenis tanaman yang akhirnya ada tulisan hibrida. Nah, disitulah peran atau manfaat biologi di bidang pertanian. Para ilmuwan memanfaatkan ilmu biologi untuk keperluan pertanian dalam menciptakan bibit tanaman baru yang lebih tahan terhadap penyakit dan juga lebih produktif dari yang sebelumnya.
  • Mengetahui mengenai sifat suatu tanaman berdasarkan analisis sel. Dalam bidang ini, manfaat biologi terhadap pertanian akan membantu manusia untuk mendapatkan waktu yang tepat serta perawatan yang tepat dalam membudidayakan sebuah tanaman. Karena dengan waktu serta perawatan yang tepat sesuai dengan sifat tanaman itu sendiri tentu akan menghasilkan produktivitas yang sangat baik.


Secara garis besar dapat kita simpulkan bahwa manfaat biologi di bidang pertanian ini akan membantu kita untuk dapat lebih memahami karakteristik tumbuhan serta hama dan penyakitnya. Sehingga manusia akan mampu mengelola dan mengembangkan pertanian yang lebih baik lagi untuk keberlangsungan hidupnya sendiri.

Itulah informasi mengenai betapa pentingnya manfaat biologi dibidang pertanian yang ada pada saat ini. Selalu jaga alam kita dan manfaatkan teknologi sesuai dengan kebutuhan. Agar hasil yang kita dapatkan lebih efektif dan efisien. Dan yang terpenting tidak membahayakan keberlangsungan hidup manusia itu sendiri.


Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.