Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Sungkup Stek Dibuka Dengan Tepat ?

Stek sungkup banyak digunakan para petani untuk menghasilkan bibit tanaman baru. Terbukti memang stek sungkup mampu menghasilkan bibit yang baik. Selain mendapatkan hasil bibit yang baik, stek sungkup juga sangat mudah untuk di terapkan. Bahan-bahannya pun tidak sulit untuk ditemukan disekitar kita.

Gambar stek sungkup

Tetapi masih banyak pemula yang tidak mengerti bagaimana stek sungkup itu dilakukan. Untuk mengetahui caranya bisa dilihat pada

Selain cara stek sungkup, banyak juga yang menanyakan kapan sungkup stek dibuka dengan tepat ?
Atau maksudnya adalah waktu yang tepat untuk membuka sungkup stek yang berasal dari bahan plastik. Memang pada tahap ini adalah tahap yang paling menentukan. Jika telat bisa saja tanaman justru akan mati atau membusuk. Apabila terlalu cepat juga tidak akan maksimal hasilnya. Oleh karena itu memang sangat perlu bagi para petani yang melakukan metode stek sungkup untuk mengetahui kapan sungkup stek di buka dengan tepat.

Sebenarnaya tidak ada aturan khusus. Hanya saja untuk memaksimalkan hasil, pembukaan sungkup stek ini tidak boleh dilakukan dengan asal. Ada waktu-waktu tertentu untuk membukanya. Yang menjadi patokan adalah sewaktu akar pada batang sudah benar-benar siap. Atau banyak yang mengatakan akar tanaman sudah matang.

Waktu yang tepat untuk membuka sungkup stek sebagai berikut :

  • Sungkup stek dibuka pada waktu akar sudah benar-benar siap atau bisa dikatakan matang. Biasanya pada  beberapa tanaman, kematangan atau kesiapan akar ini akan terjadi pada 2 – 3 minggu setelah metode stek dilakukan. Pada periode inilah sungkup stek dapat dibuka. Yang terpenting jangan kurang dari 2 minggu dan jangan lebh dari 3 minggu.
  • Untuk waktu yang digunakan dalam membuka stek sungkup bisa pagi hari atau sore hari. Yang terpenting jangan pada saat siang hari yang notabenenya memiliki cuaca sangat terik.