Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Sayuran Yang Mudah Untuk Dibudidayakan Di Sekitar Rumah

Mungkin ada sedikit angan-angan untuk membudidayakan sayuran disekitar pekarangan rumah. Sehingga dari kita sendiri mencari tahu jenis sayuran yang mudah untuk dibudidayakan di sekitar rumah. Langkah ini memang sudah tepat. Karena dengan membudidayakan sendiri sayuran disekitar pekarangan akan membuat kita menjadi lebih hemat. Selain itu, mengkonsumsi sayur hasil menanam sendiri akan membuat kita menjadi lebih sehat.


Jenis Sayuran Yang Mudah Untuk Dibudidayakan Di Sekitar Rumah
Gambar sayuran di pekarangan rumah


Untuk jenis sayuran yang mudah dibudidayakan di sekitar rumah cukup banyak. Sebenarnya hampir semua sayuran mudah dibudidayakan, tergantung pada diri kita sendiri. Asal memiliki kemauan dan juga ilmu dasar bertani yang sudah dimilikinya.

Sebagai referensi, berikut ini informasi mengenai jenis sayuran yang mudah dibudidayakan disekitar rumah. Silahkan simak dan pilih jenis sayuran apa yang cocok untuk pekarangan kita.


1. Bayam

Jenis sayuran yang mudah dibudidayakan di sekitar pekarangan rumah salah satunya bayam. Bayam menjadi salah satu jenis sayuran yang paling mudah tumbuh. Bahkan ketika tanah disekitar pekarangan yang sudah ditumbuhi bayam, pada saat kita bersihkan pun biasanya muncul lagi anakan bayam yang baru. Hal ini menunjukkan bahwa sayuran ini sangat mudah sekali untuk tumbuh dan berkembang biak.

Bayam menjadi sayuran yang cocok untuk anda yang malas mengurusi tanaman setiap hari. Karena sayuran ini tidak membutuhkan perawatan yang khusus seperti tanaman lainnya. Selain itu, sayuran ini juga memiliki kandungan gizi yang tak kalah dengan sayuran jenis lainnya. Sehingga bisa menjadi salah satu sayuran yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan sayur-mayur keluarga. 


2. Kangkung

Sayuran yang mudah dibudidayakan disekitar pekarangan rumah selanjutnya yaitu kangkung. Kangkung ini bisa kita tanam disekitar genangan air. Bisa juga ditanam di pot atau bedengan rumah. Terlebih lagi jika kita mau membudidayakan kangkung menggunakan teknik hidroponik. Tentu hasilnya akan sangat baik sekali. Bahkan akar tanaman kangkung bisa ikut dimasak apabila dibudidayakan menggunakan teknik hidroponik.

Cara menanam kangkung sendiri cukup ditebar dilahan sekitar pekarangan rumah. Bila tanah yang ada kurang gembur sebaiknya dicangkul terlebih dahulu. Untuk pemberian pupuk dan yang lainnya bisa disesuaikan. Atau bisa juga tidak diberikan pupuk, karena tanaman ini bisa tumbuh dengan baik meskipun tidak dilakukan pemupukan. 


3. Seledri

Mungkin tidak banyak yang menyukai seledri, tetapi sayuran ini banyak yang masih menggunakannya ketika memasak sup atau sejenisnya. Seledri ternyata mudah untuk dibudidayakan dan masuk ke dalam jenis sayuran yang mudah dibudidayakan di sekitar pekarangan rumah. Kita bisa menanam seledri di polybag, pot ataupun kaleng bekas. Tanpa harus perawatan yang intensif pun seledri ini bisa di tanam dan akan tumbuh dengan baik. Asalkan dilakukan penyiraman secara rutin. 


4. Sawi

Sayuran yang mudah dibudidayakan di sekitar rumah selanjutnya yaitu sawi. Sawi bisa dengan mudah kita budidayakan di sekitar rumah. Hanya saja lebih baik menggunakan polybag. Sehingga pengolahan tanah atau media tanamnya tidak terlalu sulit. Yang terpenting dilakukan penyiraman secara rutin. Sawi akan tumbuh dengan baik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tambahkan juga pupuk kandang atau bisa menggunakan kompos.


Baca Juga :



5. Terong

Terong merupakan jenis sayuran buah yang banyak digemari oleh masyarakat. Terong ini bisa kita budidayakan dirumah dengan cara ditanam di polybag atau di pot. Hasilnya juga akan baik meskipun tidak sebaik dengan yang ada di perkebunan. Cara perawatanya juga tergolong sangat mudah. Yang terpenting rajin melakukan penyiraman dan juga pemangkasan sewajarnya tanaman ini akan berbuah dengan baik.
Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.