Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Anggur Impor Ini Paling Mudah Untuk Dibudidayakan

Di Indonesia budidaya anggur masih sangat langka, hanya ada beberapa daerah saja yang terkenal menjadi sentra budidaya tanaman anggur. Selain provinsi Bali dengan jenis anggur Alfonso, ada juga daerah Probolinggo dengan Probolinggo super, juga Kediri dengan Kediri kuningnya. Lalu apakah ada anggur impor yang paling mudah untuk dibudidayakan?

Gambar anggur Jupiter


Untuk jenis anggur impor belum ada daerah tertentu yang menjadi sentra atau pusat budidayanya, hal ini mungkin bisa dikarenakan para petani masih belum yakin akan ketahanan jenis anggur impor terhadap hama dan  penyakit yang akan menyerang.

Seperti kita ketahui bersama, kunci penting dalam budidaya buah tidak hanya dalam kapasitas produksi, tetapi faktor ketahanan terhadap hama dan penyakit juga akan sangat berpengaruh dalam usaha budidaya tanaman buah.

Lalu apakah ada jenis anggur impor yang paling mudah untuk dibudidayakan? Sebenarnya ada beberapa jenis anggur impor yang mudah untuk dibudidayakan. Contohnya ada akademik  yang mudah ditanam namun hasil panen tidak sebanyak jenis lainnya. Karena itulah yang paling berpotensi adalah anggur jenis Jupiter.

Anggur jenis Jupiter memang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk berbuah, dibandingkan dengan jenis akademik. Namun dengan sedikit kekurangannya itu, anggur jenis Jupiter bisa jauh lebih produktif menghasilkan buah disetiap pohonnya, dibandingkan anggur akademik.

Selain kelemahan dari sisi waktu untuk membuahkannya, buah anggur Jupiter juga berukuran lebih kecil dari anggur akademik. Walaupun memiliki sedikit kelemahan, anggur jenis Jupiter masih menjadi kandidat terbaik sebagai jenis anggur yang paling mudah untuk dibudidayakan.
Bambang Prayogi
Bambang Prayogi Seorang penulis blogger amatir yang menyukai elektronika Dan botanical