Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Stek Pohon Siwak Yang Benar Dan Mudah Dengan Hasil Yang Maksimal

Salah satu cara pembibitan pohon siwak yakni dengan cara stek batang. Cara stek pohon siwak ini juga tidak berbeda pada cara stek pohon lainnya. Cara stek pohon siwak juga sangat mudah untuk dipelajari bahkan bagi pemula sekalipun. Untuk mengetahui cara stek pohon siwak yang benar dan mudah, silahkan simak uraian berikut ini.



Cara Stek Pohon Siwak Yang Benar Dan Mudah Dengan Hasil Yang Maksimal


1. Persiapkan Batang Yang Digunakan Untuk Bahan Stek Pohon Siwak


Langkah pertama pada cara stek pohon siwak yakni mempersiapkan batang sebagai bahan untuk proses stek pohon siwak itu sendiri. Untuk syarat batang siwak yang baik dalam proses stek ini sma seperti batang jenis tanaman lainnya. Untuk lebih lengkapnya sebagai berikut:
  • Batang siwak yang akan di stek sebaiknya berasal dari bagian pangkal cabang tanaman.
  • Pada pemotongan cabang siwak yang dipilih, sebaiknya diatur kira-kira 0,5 cm dibawah mata tunas yang paling bawah.
  • Untuk jarak dari ujung tunas bagian atas sebaiknya sejauh 1 cm.
  • Pilihlah batang pohon siwak yang memiliki daun sudah berawrna hijau tua. Pemilihan ini bukan tanpa alasan. Daun yang sudah tua tentu akan dapat melakukan proses fotosintesis yang akan menghasilkan zat makanan dan karbohidrat dan berfungsi untuk merangsang pertumbuhan akar pada pangkal batang pohon siwak yang di stek.
Selain syarat-syarat batang yang baik, untuk cara stek pohon siwak juga harus menggunakan batang siwak yang ideal. Sehingga proses pembibitan akan memiliki persentase keberhasilan sangat tinggi. Untuk lebih lengkapnya sebagai berikut :
  • Ukuran batang siwak sebaiknya cukup sebesar jari kelingking atau berdiameter kurang lebih 1 cm dengan panjang batang antara 10-15 cm.
  • Cabang batang siwak yang diambil memiliki 3 hingga 4 mata tunas.
  • Kondisi batang siwak yang diambil hendaklah sesuai dengan syarat pemilihan batang yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga :


2. Persiapan Media

Untuk media stek kita cukup mengunakan tanah gembur saja. Namun untuk hasil yang maksimal, kami sarankan untuk menggunakan campuran tanah gembur dan sekam bakar. Dengan perbandingan antara tanah gembur dan sekam bakar yakni 1 : 1.
Gunakan plastik kecil untuk wadah media tanamnnya. Atau bisa juga menggunakan mini polybag.


3. Cara Stek Pohon Siwak

Untuk cara stek pohon siwak yang benar silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Ambil batanag siwak yang telah disiapkan sebelumnya
  • Setelah itu, biarkan selama satu hari.
  • Siapkan media tanam yang sudah dijelaskan sebelumnya
  • Jika sudah siap, ambil batang siwak yang sudah di diamkan selama 1 hari. Lalu rendam dengan larutan penumbuh akar selama 15 menit. Atau bisa juga menggunakan air bawang merah.
  • Setelah itu, bungkus batang siwak menggunakan plastik klinik pack pada seluruh bagian. Terkecuali pada bagian yang dikupas atau bagian yang difungsikan untuk pertumbuhan akar.
  • Tancapkan bagian yang tidak tertutup plastik pada media yang telah disiapkan. Lalu ikat plastik yang berisi media menggunakan rafia dengan rapat. Janga lupa untuk diberikan lubang pada bagian samping agar uap air dapat keluar.
  • Setelah itu simpan batang siwak pada baskom atau ember. Yang terpenting jangan terlalu lembab agar batang tidak berjamur.
  • Setelah dua minggu, plastik pembungkus batang siwak sudah bisa dibuka dan ditanam pada media polybag. Biasanya kuncup daun akan keluar setelah satu minggu proses penyetekan.
Itulah cara stek pohon siwak yang benar. Silahkan ikuti langkah demi langkahnya agar stek pohon siwak yang anda lakukan berhasil. Yang perlu diperhatikan adalah pemiluihan batang siwak yang benar agar pertumbuhan akar dapat lebih maksimal.