Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Pembentukan Cabang Sekunder Pada Tanaman Anggur


Dalam menanam anggur, baik impor ataupun lokal, pembentukan cabang sangatlah penting. Pada dasarnya pohon anggur akan berbunga, dan menghasilkan buah pada cabang sekunder atau tersier. Cabang sekunder anggur yang ditanam di iklim tropis seperti di negara kita, hanya  akan tumbuh secara maksimal dengan bantuan manusia. Hal ini dikarenakan cabang yang bagus, adalah cabang yang tumbuh dari mata tunas atau Bud. Dengan adanya faktor alam itulah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang cara mudah pembentukan cabang sekunder tanaman anggur.

Cabang sekunder tanaman anggur


Dalam membentuk cabang sekunder anggur, ada beberapa langkah mudah yang harus anda lakukan, diantaranya adalah.

  1. Pastikan pohon anggur yang akan kita bentuk berdiameter sekitar 1cm dan berwarna kecoklatan, hal ini dikarenakan pada ukuran tersebut pohon anggur sudah siap untuk pembentukan cabang sekunder.                                  
  2. Pilih mata tunas yang berjarak sekitar 50cm atau lebih dari tanah (tergantung jenis rambatan yang digunakan), dengan bentuk yang sudah membulat (sudah tidak runcing) dan berukuran cukup besar.                                             
  3. potong batang pohon anggur diatas mata tunas yang sudah dipilih, dengan jarak sekitar 2cm. Pemotongan batang pohon anggur ini akan mempercepat pertumbuhan cabang sekunder dari mata tunas.                                                            
  4. buang daun yang berada dibawah mata tunas paling atas dan mata tunas yang kedua dari yang paling atas. Sementara daun lainnya dibiarkan untuk proses fotosintesis.                         
  5. pada semua tahapan ini, pemupukan vegetatif Sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan pertumbuhan cabang sekunder.


Kelima langkah diatas adalah cara paling mudah dalam pembentukan cabang sekunder. Pada beberapa jenis anggur impor, proses pembentukan cabang sekunder ini tidak jarang disertai dengan munculnya bunga. Dengan begitu mudahnya cara pembentukan cabang sekunder anggur diatas, tidak ada salahnya apabila anda langsung untuk menerapkannya, dan selamat mencoba.

Bambang Prayogi
Bambang Prayogi Seorang penulis blogger amatir yang menyukai elektronika Dan botanical