Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Pohon Bidara Agar Cepat Berbuah Dengan Maksimal

Cara merawat pohon bidara tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kunci dari cara merawat pohon bidara ini adalah ketelatenan dan juga pandangan kita terhadap tanaman tersebut. Jika kita memang menyukai tanaman bidara, maka proses perawatannya tidak akan terlihat sulit.

Banyak yang bertanya bagaiamana cara merawat pohon bidara yang benar. Padahal pohon bidara ini mudah sekali tumbuh dan mudah di budidayakan. Habitat alami pohon bidara yaitu gurun pasir yang memiliki suhu ekstrem. Tetapi pohon bidara dapat tumbuh dengan kondisi suhu yan ideal yaitu antara 20 – 32 derajat celcius. Dengan curah hujanyang baik yaitu antara 300 – 400 mm/tahun dan ketinggian 1.000 m dpl.

Cara merawat pohon bidara tidak terlalu sulit. Adapun langkah-langkah untuk merawat pohon bidara sebagai berikut :


Cara Merawat Pohon Bidara Agar Cepat Berbuah Dengan Maksimal


1. Penyiraman

Cara merawat pohon bidara yang pertama yaitu penyiraman. Sebenarnya tanaman ini tidak membutuhkan air yang terlalu banyak. Sehingga tidak perlu dilakukan penyiraman yang intensif seperti pada  tanaman lainnya. Tetapi sebaiknya kita tetap menjaga kondisi media tanam untuk tidak terlalu kering. Lakukan penyiraman sebanyak 1 – 2 hari sekali dengan air secukupnya.


2. Pengajiran

Cara merawat pohon bidara yang selanjutnya adalah pengajiran. Bibit bidara yang masih kecil belum memiliki batanng yang cukup kuat. Oleh karena itu perlu dilakukan pengajiran untuk membantu tumbuh pohon bidara. Ajir ini terbuat dari bambu yang dibelah kecil lalu ditancapkan tepat disamping tanaman bidara. Penancapan ajir sebaiknya dilakukan sejak pertama kali pohon bidara ditanam. Sehingga tidak melukai akar pohon bidara tersebut. Setelah itu tali batang pohon bidara dengan ajir menggunakan tali rafia.


3. Penyinaran

Seperti pada habitat aslinya, penyinaran sangat penting dilakukan untuk tanaman bidara ini. Untuk mendapatkan pertumbuhan dari pohon bidara yang maksimal tentu memerlukan sinar matahari yang maksimal. Sebisa mungkin letakkan tanaman bidara di tempat yang terbuka. Sehingga sinar matahari akan mudah menjangaku tanaman bidara. Jika penyinaran ini sudah dilakukan dengan maksimal, maka pohon bidara akan cepat menghasilkan bunga dan buah.


4. Pemupukan

Cara merawat pohon bidara yang selanjutnya yaitu pemupukan. Pemupukan ini dilakukan untuk menyediakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Dan sebaiknya pemupukan terhadap pohon bidara dilakukan secara berkala agar pertumbuhan pohon bidara lebih maksimal.
Berikan pupuk organik setiap 1 bulan sekali dan kemudian siram tanaman setiap kali selesai pemupukan. Tambahkan juga pupuk NPK untuk mendukung pertumbuhan daun tanaman.

5. Pemangkasan

Cara merawat pohon bidara yang terkahir yaitu pemangkasan. Pemangkasan ini dilakukan untuk membuang cabang-cabang yang sudah tua dan terserang peyakit. Pemangkasan bagi tanaman bidara sangat penting. Karena pemangkasan ini bertujuan untuk meremajakan kembali pohon bidara yang telah tua. Pemangkasan ini juga akan mendukung produksi tanaman bidara menjadi lebih maksimal.
Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.