Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Jambu Kristal Yang Benar Agar Cepat Tumbuh Dan Berbuah Lebat

Menanam jambu kristal sebenarnya cukup mudah tidak sesulit yang dibayangkan. Jambu kristal yang kita tanam akan tumbuh optimal asalkan cara yang digunakan benar, walaupun dengan media tanam sederhana di sekitar anda. Dengan menanam jambu kristal yang benar, akan membuat pohon jambu kristal berbuah lebat dan maksimal. Langkah yang akan kita bahas kali ini cukup mudah dilakukan dan sangat sederhana, sehingga akan mempermudah anda dalam menanam jambu kristal.




Anda dapat melakukan cara seperti berikut, agar jambu kristal yang anda tanam cepat tumbuh dan berbuah lebat.

Pilih lokasi atau tempat yang terkena sinar matahari pagi secara langsung, hal ini akan mempercepat pertumbuhan pohon jambu kristal dan tentunya akan lebih cepat berbuah.
Campurkan serabut kelapa secukupnya, dengan tanah yang akan digunakan untuk menanam bibit jambu kristal. Serabut kelapa mengandung kalium yang tinggi, sehingga baik untuk tanah.
Untuk satu bulan pertama, lakukan penyiraman dengan larutan pupuk organik, atau air cucian beras. Langkah ini dilakukan karena pada satu bulan pertama bibit sedang dalam masa adaptasi, sehingga belum membutuhkan pupuk kimia.


Dengan melakukan langkah diatas, pohon jambu kristal akan mendapatkan sinar matahari dan nutrisi yang cukup. Perlu diketahui bahwa masa awal tanam merupakan faktor penting, yang akan menentukan hasil panen yang didapat.

Itulah cara menanam jambu kristal di tanah yang benar agar berbuah lebat. Cara diatas merupakan langkah yang paling mudah untuk dilakukan, sehingga bibit jambu yang kita tanam tumbuh subur dan  berbuah dengan lebat.
Bambang Prayogi
Bambang Prayogi Seorang penulis blogger amatir yang menyukai elektronika Dan botanical