Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbanyak Cabang Buah Tin Dengan Mudah


Banyak dari teman-teman pembudidaya buah tin menanyakan bagaimana cara memperbanyak cabang buah tin atau memperbanyak cabang pohon tin yang benar. Memang langkah ini harus dilakukan, karena dengan cara memperbanyak cabang buah tin maka pohon tin yang kita budidayakan juga akan berbuah banyak.

Lalu bagaimana cara memperbanyak cabang buah tin yang benar dan mudah untuk dipraktekan ?
Berikut ini informasi seputar cara memperbanyak cabang buah tin dengan mudah.

Cara Memperbanyak Cabang Buah Tin

1. Pangkas Atau Pruning Ujung Tunas

Cara pertama untuk memperbanyak cabang buah tin yaitu dengan cara pemangkasan. Atau lebih banyak disebut sebagai pruning ujung tunas pohon tin. Cara ini akan membuat pohon tin terangsang untuk menumbuhkan tunas-tunas baru di sekitar ketiak daun atau sekitar mata tunas. Cara pemangkasan ujung pohon tin untuk memperbanyak cabang ini harus dilakukan dengan benar. Jangan telalu panjang dalam memangkasnya dan juga gunakan gunting. Jangan menggunakan tangan kosong.


2. Memaksimalkan Sinar Matahari

Cara ini masih banyak yang belum mengetahui. Cara memperbanyak cabang buah tin bisa memanfaatkan sinar matahari. Caranya yaitu dengan melengkungkan pohon buah tin yang akan diperbanyak cabangnya. Dengan begitu, maka salah satu sisi pohon buah tin yang mendapatkan sinar matahari lebih maksimal akan tumbuh tunas percabangan baru. Cara ini lebih mudah dibandingkan dengan memotong ujung pohon buah tin yang bisa saja berakibat tidak tumbuh dengan maksimal.


Selain menggunakan teknik diatas, kita juga harus memperhatikan media tanam yang digunakan. Karena faktor utama dalam pertumbuhan sebuah tanaman adalah baik atau tidaknya media tanam yang digunakan. Selain itu, perhatikan juga kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh pohon buah tin tersebut.
Itulah cara mempercepat pertumbuhan cabang buah tin yang bisa kita lakukan.