Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cangkok Pohon Tin Yang Mudah Dan Cepat Tumbuh Akar

Cara mencangkok pohon tin agar cepat tumbuh akar perlu teknik khusus. Penerapan teknik ini bisa kita lakukan untuk mempercepat dalam usaha menghasilkan bibit buah tin yang baru. Mencangkok pohon tin tidaklah sulit, sama seperti teknik mencangkok tanaman lainnya. Sehingga semua orang tentu saja bisa melakukan cangkok buah tin meskipun sebagai pemula.


Cara Cangkok Pohon Tin Yang Mudah Dan Cepat Tumbuh Akar
Gambar cangkok pohon tin


Mencangkok pohon tin ini merupakan teknik yang paling banyakdigunakan oleh para petani buah tin untuk menghasilkan bibit baru. Sehingga banyak sekali masyarakat awam yang memang ingin mengetahui bagaiamana cara mencangkok pohon tin seperti yang dilakukan oleh para petani buah tin. Tentunya agar mereka tidak perlu kembali membeli bibit dari para petani yang notabenenya bibit buah tin tersebut sangatlah mahal.

Untuk informasi cara mencangkok pohon tin yang benar agar cepat tumbuh akar bisa dilihat pada uraian berikut ini :

Alat Dan Bahan

  • Gunting atau pisau
  • Tali rafia
  • Cocopeat
  • Plastik transparan


Cara Cangkok Pohon Tin

  1. Untuk cara cangkok pohon tin, langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu memilih batang buah tin yang masih berwarna hijau atau masih muda.
  2. Setelah menemukan batang yang cocok, siapkan peralatan dan bahan yang sudah dijelaskan diatas.
  3. Setelah itu, balut batang tersebut menggunakan cocopeat dan bungkus menggunakan plastik transparan.
  4. Panjang areal cangkokan pohon tin yaitu 10 hingga 15 cm
  5. Ikat kuat menggunakan tali rafia agar cocopeat tidak terjatuh atau tergerus air ketika hujan.
  6. Lakukan penyiraman pada cangkokan buah tin tersebut melalui celah-celah yang telah disiapakan pada saat mengikat plastik dan cocopeat tadi.
  7. Setelah 30 – 45 hari biasanya cangkokan sudah memiliki akar yang banyak. Pada tahap ini batang hasil cangkokan bisa di potong dan di pindahkan pada media tanam.


Baca Juga :




Itulah cara cangkok buah tin yang bisa anda praktekan dirumah. Sangat mudah bukan ?
Mungkin beberapa dari kita bertanya mengapa tidak ada penyerutan pada kulit batang ketika mencangkok buah tin. Langkah ini tidak ada karena batang yang kita cangkok adalah batang yang masih muda. Sehingga tidak perlu dilakukan penyerutan atau pengupasan kulit batang buah tin. Hampir semua petani buah tin menggunakan cara seperti ini.
Uni Media
Uni Media Menulis untuk berbicara dan mengenalkan diri kepada orang lain.