Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Anggur Yang Benar Agar Berbuah Lebat

Banyak orang bertanya bagaimana cara menanam anggur yang benar, dan banyak juga dari mereka yang bingung, lalu apakah mungkin kita bisa menanam dan membuahkan anggur di iklim tropis? jawabannya adalah sangat mungkin dan sudah terbukti. Oleh karena itu kami akan berbagi teknik tentang bagaimana cara menanam anggur yang benar, hingga kelak bisa berbuah maksimal.

Pada pembahasan kali ini cara menanam anggur yang akan digunakan adalah dengan metode stek batang, sebelumnya perlu diketahui bahwa tanaman anggur sangatlah mudah ditanam, walaupun hanya dengan menggunakan stek atau potongan batang atau ranting pohonnya.



Berikut ini adalah tata cara menanam anggur yang baik dan benar dengan menggunakan stek batang.


  • Langkah pertama adalah menyiapkan media tanam yang terdiri dari tanah, kompos/pupuk kandang, dan pasir. Perbandingannya adalah 2:1:1 penggunaan pasir bertujuan agar air tidak menggenang, dan ini berlaku juga untuk tabulampot anggur.



  • Langkah selanjutnya adalah memilih batang pohon anggur yang berukuran minimal sebesar pensil, dan terdiri dari 3 mata tunas. Kemudian buatlah sayatan vertikal mengelilingi bagian bawah batang stek untuk tumbuh akar.



  • Untuk langkah yang ketiga adalah merendam stek batang anggur yang sudah disayat, dengan menggunakan larutan vitamin B1 atau hormon ZPT sesuai takaran,  selama minimal satu jam. Anda juga bisa menambahkan fungisida secukupnya pada larutan vitamin B1, untuk menghindari pembusukan stek batang anggur.



  • Langkah berikutnya tempatkan media tanam yang sudah disiapkan kedalam polybag, atau pada pot berukuran 30 liter lebih untuk tabulampot, dan tancapkan stek batang anggur yang akan digunakan lalu siram jenuh dengan air.



  • Dan yang terakhir adalah tempatkan polybag atau pot ditempat yang teduh, usahakan tidak terkena sinar matahari langsung dan lakukan penyiraman jika tanah kering saja. Pada beberapa kasus tunas akan tumbuh terlebih dulu di sekitar usia enam hari, dan akar akan tumbuh sekitar delapan hari setelah tanam.


Itulah cara menanam anggur yang baik dan benar dengan menggunakan stek batang, anda dapat mencobanya dengan varietas anggur lokal ataupun impor. Semoga tulisan ini dapat membantu dan bermanfaat.
Bambang Prayogi
Bambang Prayogi Seorang penulis blogger amatir yang menyukai elektronika Dan botanical