Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Menguntungkan Lele Atau Nila Untuk Usaha Budidaya Perikanan ?

Banyak pemula yang akan memulai usaha budidaya perikanan tetapi bingung memilih jenis perikanan yang akan dibudidayakan. Mungkin anda juga sedang dalam keadaan tersebut. Biasanya para pemula memiliki dua pilihan dalam budidaya ini. Yaitu antara budidaya lele atau nila.

Ternak lele atau ternak ikan nila ini adalah dua jenis budidaya perikanan yang sering dijumpai dalam masyarakat. Bukan tanpa alasan, kedua budidaya perikanan ini baik nila maupun ikan lele merupakan kedua jenis ikan yang paling banyak di konsumsi. Sehingga proses pemasarannya terbilang sangat cepat. Kita tahu pemasaran yang cepat dalam sebuah usaha akan memberikan keuntungan yang lebih baik. Atas dasar itulah banyak masyarakat maupun pengusaha yang memilih budidaya lele dan juga budidaya nila.

Lalu, dari dua jenis perbandingan tersebut lebih menguntungkan budidaya lele atau nila ?

Pertanyaan ini banyak di lontarkan oleh para pembudidaya. Yang paling sering adalah pembudidaya pemula. Karena mereka masih ragu untuk memilih kedua jenis budidaya tersebut. Budiddaya lele atau nila ?
Pertanyaan tersebut yang sering muncul.
Berikut ini akan kami ulas keduanya, sehingga pertanyaan lebih untung nila atau lele akan terjawab.




Lebih Untung Budidaya Lele Atau Niila ?


1. Dilihat Dari Kebutuhan Kolam

Perbandingan pertama antara budidaya lele atau nila bisa kita lihat dari jenis kolam yang akan digunakan untuk budidaya ikan nila. Karena kedua jenis ikan ini memiliki karakteristik yang berbeda. Kita tahu ikan lele dapat hidup dengan kondisis yang ekstrem. Selain itu, ikan lele pun tidak membutuhkan air mengalir seperti pada ikan nila.

Untuk luas kolam kedua jenis ikan ini baik lele atau nila juga memiliki kebutuhan yang berbeda. Jika lele mampu dibudidayakan pada ukuran kolam yang sempit. Berbeda dengan ikan nila yang membutuhkan kolam dengan luas yang memadai. Setidaknya ikan nila membutuhkan kolam dengan luas minimal yaitu 20 meter persegi.


2. Dilihat Dari Pakan

Jika kedua budidaya ikan ini baik nila atau lele dilihat dari kebutuhan atau penggunaan pakannya. Maka lebih untung budidaya ikan lele atau ikan nila ?
Keduanya memang membutuhkan pakan yang tidak sedikit. Baik lele maupun nila akan lebih cepat besar apabila diberikan pakan dengan kandungan protein yang tinggi. Sehingga dari segi kebutuhan pakan memang tidak bisa menjadi acuan apakah kita akan memilih budidaya lele atau nila. Karena keduanya akan memberikan pertumbuhan yang baik apabila sama-sama diberikan pakan yang berkualitas.

Tetapi jika dilihat dari pengganti pakan pabrikan atau pakan alternatif. Memang ikan nila cenderung lebih mudah. Karena ikan nila adalah ikan yang omnivora, baik tumbuhan atau hewan kecil dapat dijadikan pakan tambahan. Sementara ikan lele adalah ikan yang cenderung karnivora. Sehingga akan lebih sulit mencari pakan alternatifnya. Kecuali jika anda melakukan ternak pakan alternatif untuk ikan lele semisal cacing tanah atau keong.


3. Dilhat Dari Ketahanan Ikan

Jika kita menilai dari ketahanan ikan, tentu antar ikan lele dan ikan nila akan lebih unggul ikan nila. Ikan nila tidak mudah mengalami stress. Tidak seperti ikan lele yang lebih mudah mengalami stress. Meskipun ikan lele mampu hidup dengan kondisi yang ekstrem sekaligus.

Selain itu ikan lele juga memilki tingkat kanibalisme yang cukup tinggi. Berbeda dengan ikan nila yang tidak memiliki sifat kanibalisme. Hanya saja ikan nila ini cenderung lebih mudah beranak atau memijah. Sehingga jika kita memelihara ikan nila betina dan jantan dalam satu kolam. Maka pertumbuhan ikan nila akan lebih lambat. Karena fokus ikan nila akan lebih ke berkembang biak dibandingkan untuk tumbuh.


4. Padat Tebar

Jika dibandingkan menggunakan padat tebar, tentu semua orang sudah mengetahuinya. Bahwa ikan lele adalah ikan yang memiliki tingkat padat tebar paling baik. Bahkan ikan ini mampu berkembang dengan baik meskipun padat tebar yang digunakan cukup tinggi.

Berbeda dengan ikan nila. Ikan nila jelas tidak bisa disamakan dengan ikan lele terkait dengan padat tebarnya. Ikan nila membutuhkan ruang gerak yang cukup untuk membuatnya tumbuh dengan maksimal. Ikan nila yang dipelihara dalam padat tebar yang tinggi justru akan membuat ikan nila lama untuk tumbuh.

5. Pemasaran

Indikator selanjutnya yang digunakan sebagai pembanding yaitu proses pemasarannya. jika dilihat dari proses pemasarannya, akan lebih untung budidaya lele atau nila ?
Mari kita bahas bersama.

Kedua jenis ikan ini merupakan ikan paling populer di kalangan masyarakat kita. Kedua jenis ikan ini juga jenis ikan yang paling digemari oleh banyak orang. Sehingga kedua jenis ikan ini tidak ada masalah dalam proses pemasarannya.

Apabila pertanyaan lebih menguntungkan budidaya lele atau nila dengan indikator pembandingnya adalah pemasaran. Maka kedua jenis ikan ini sama-sama menguntungkan. tetapi ikan lele sedikit di unggulkan dari ikan nila. Banyak sekali makanan yang menggunakan bahan baku ikan lele dibandingkan dengan ikan nila. Ikan lele pun merupakan ikan yang paling sering dikonsumsi masyarakat.

Dari keseluruhan diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa jenis budidaya yang paling menguntungkan antara ikan nila dan ikan lele sebagai berikut :
  • Dari kebutuhan kolam lebih baik ikan lele dibandingkan dengan ikan nila
  • Dari segi pakan lebih baik ikan nila bila menggunakan pakan alternatif, tetapi jika menggunakan pakan pabrikan tentu FCR akan lebih baik ikan lele.
  • Daya tahan ikan lebih baik ikan nila, tetapi ikan lele masih tetap unggul karena mampu bertahan dalam kondisis air yang cukup ekstrim
  • Untuk padat tebar juga masih unggul ikan lele dibandingkan dengan ikan nila. Terlebih jika menggunakan teknik booster atau teknik bioflok dalam proses budidayanya.
  • Pemasaran untuk kedua ikan sama baiknya. Meskipun ikan lele lebih populer, tapi ikan nila juga tidak kalah mudah dalam proses pemasarannya.
Menurut kami, lebih menguntungkan budidaya ikan lele dibandingkan dengan ikan nila. Terlebih jika budidaya dilakukan dengan intensif. Untuk anda yang masih bingung untuk memilih budidaya lele atau nila. Lebih baik untuk memilih budidaya ikan lele saja dibandingkan dengan budidaya ikan nila. Budidaya ikan lele juga sudah bisa dilakukan meskipun memiliki modal yang sedikit.