Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Budidaya Ikan Tawar Yang Paling Menguntungkan Untuk Pemula

Dalam usaha budidaya perikanan, tentu kita semua akan mencari jenis budidaya ikan yang menguntungkan. Baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut. Karena dengan memilih jenis budidaya ikan yang menguntungkan, tentu hasil yang akan diperoleh juga akan lebih maksimal.

Berbagai jenis budidaya ikan yang menguntungkan tersebut tentu telah dinilai bukan hanya dari kemudahannya saja. Tetapi juga dari proses pemasaran dan juga tingkat keberhasilannya. Karena kedua proses inilah yang menjadi indikator utama apakah budidaya tersebut termasuk ke dalam jenis budidaya yang menguntungkan saat ini atau tidak.

Tetapi dari semua jenis budidaya ikan yang menguntungkan tersebut tidak akan lepas dari bagaimana cara kita dalam mengelolanya. Dalam arti cara melakukan pembudidayaan itu sendiri. Karena jenis budidaya ikan yang paling mneguntungkan sekalipun jika pengelolaannya tidak baik tentu hasilnya juga tidak akan baik. Sehingga jangan hanya mencari jenis budidaya ikan yang menguntungkan saja. Tetapi juga pahami konsep budidayanya dan cara pengelolaannya.

Sebagai referensi untuk kita semua, berikut ini beberpa daftar jenis budidaya ikan yang menguntungkan saat ini. Dan tentunya sangat cocok untuk para pemula.



Jenis Budidaya Ikan Tawar Yang Paling Menguntungkan Untuk Pemula

Jenis Budidaya Ikan Air Tawar Yang Paling Menguntungkan Saat Ini


1. Budidaya Ikan Lele
Jenis budidaya ikan yang menguntungkan di urutan pertama yaitu budidaya ikan lele. Ikan lele menjadi pesaing terkuat dari ikan nila. Ikan ini sangat populer dimasyarakat. Sehingga tidak heran jika banyak yang mulai membudidayakan ikan air tawar jenis ini.

Banyak sekali keunggulan ikan lele dibandingkan dengan jenis budidaya ikan lainnya. salah satunya yaitu dari segi teknik budidayanya. Saat ini banyak sekali teknik budidaya ikan lele yang lebih modern. Seperti bioflok misalnya. Semua teknik budidaya ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas serta efisiensi dalam budidaya ikan lele. Sehingga hasil panen yang akan didapatkan akan lebih maksimal serta penggunaan pakan juga dapat ditekan menjadi lebih efektif.

Selain dari teknik budidayanya, salah satu faktor yang membuat ikan lele ini menjadi salah satu jenis budidaya ikan yang mengutungkan adalah dari segi pemasarannya. karena ikan ini sangat populer, maka sudah pasti bahwa ikan ini tidak akan mengalami masalah atau memiliki kendala dalam proses pemasarannya.


2. Budiaya Ikan Nila

Sebagai pesaing ikan lele, tentu ikan nila juga wajib masuk ke dalam jenis budidaya ikan yang menguntungkan. Ikan ini adalah ikan paling populer kedua dibawah ikan lele. Banyak sekali masyarakat yang juga menggemari ikan jenis ini. Sehingga tak heran jika budidaya ikan nila juga tak kalah populer dibandingkan dengan usaha budidaya ikan lele.

Keunggulan ikan nila terletak dari proses pemijahan yang sangat mudah. Sehingga untuk mendapatkan bibit sebenarnya peternak ikan nila tidak perlu membelinya. Karena ikan nila ini adalah ikan yang mampu memijah secara alami dengan kuantitas sangat tinggi.

Meskipun proses pemijahan yang mudah ini merupakan salah satu keunggulan dari ikan nila, tetapi karakter ini justru juga bisa merugikan para pembudidaya ikan nila itu sendiri. Karena pada saat proses pembesaran berlangsung, biasanya ikan nila justru akan lebih terfokus pada proses pemijahan dibandingkan dengan proses petumbuhannya. Tentu saja hal ini akan sangat merugikan karena pertumbuhan ikan nila akan menjadi sangat lamban. Tetapi kekurangan ini sudah bisa diatasi dengan cara budidaya ikan nila menggunakan bibit mono sex. Yaitu ikan nila dengan jenis kelamin jantan semua.

Selain pemijahan yang tergolong sangat mudah, salah satu kelebihan ikan nila lainnya yang membuatnya masuk ke dalam jenis budidaya ikan yang paling menguntungkan yaitu kebutuhan pakan alternatifnya yang tergolong sangat mudah untuk dicari. Sifat ikan nila yang omnivora tentu akan lebih memudahkan kita dalam mencari jenis pakan alternatif untuk pengganti pakan utama atau pakan pabrikan.


3. Budidaya Ikan Gurame

Jenis budidaya ikan air tawar yang menguntungkan selanjutnya yaitu budidaya ikan gurame. Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang memiliki harga paling mahal. Jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya, tentu harga ikan gurame ini jauh lebih unggul.

Banyak masyarakat yang membudidayakan ikan jenis ini. Baik skala usaha maupun skala rumahan yang hanya untuk konsumsi sendiri. Kelebihan ikan gurame yaitu kebutuhan pakannya atau biaya produksi pakan cukup rendah. Terlebih ikan ini juga mampu tumbuh cukup baik walaupun hanya diberikan pakan tumbuhan saja seperti daun talas ataupun daun singkong.

Yang menjadi kelemahan ikan gurame adalah tingkat pertumbuhannya yang sangat lama. Ikan ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 9 bulan untuk dapat dipanen dalam ukuran konsumsi. tentu waktu yang sangat lama ini tidak menguntungkan bagi pengusaha. Tetapi jika niat anda hanyalah untuk usaha sampingan saja, ikan gurame tentu saja sangat cocok.


Baca juga:



4. Budidaya Ikan Gabus

Budidaya ikan gabus juga memiliki prospek yang sangat baik untuk kedepannya. Harga ikan gabus juga tidak kalah menarik dengan harga ikan gurame. Kedua jenis ikan ini memang memiliki harga yang cukup mahal untuk ukuran ikan air tawar. Hanya saja ikan gabus bukanlah ikan yang murni untuk konsumsi. Ikan ini biasanya digunakan untuk mengobati luka bekas operasi. Sehingga harganya cukup mahal.

Ikan gabus tidak seperti ikan gurame yang memiliki pertumbuhan sangat lamban. Ikan gabus ini sudah bisa dipanen mulai umur 5 bulan sejak bibit ditebar dalam kolam pembesaran. Dan yang paling menarik dari ikan gabus ini yaitu harga yang cukup stabil. Dan kelebihan lainnya harga ikan gabus tidak bisa ditawar, karena mayoritas orang yang sedang membutuhkan ikan gabus ini biasnya untuk obat. Sehingga berapapun harga yang ditawarkan tidak akan ada komplain dari konsumen. Itulah yang menyebabkan ikan gabus masuk kedalam jenis budidaya ikan yang menguntungkan.


5. Budidaya Ikan Mas Koki

Jenis budidaya yang menguntungkan selanjutnya bukan dari jenis ikan konsumsi. melainkan jenis dari ikan hias. Ikan mas koki menjadi salah satu ikan hias primadona bagi para pecinta ikan hias. Bentuk tubuhnya yang lucu membuat ikan ini memiliki banyak penggemar. Bahkan ada beberapa jenis dari ikan mas koki yang memiliki harga hingga jutaan rupiah.

Tidak seperti budidaya ikan konsumsi, budidaya ikan hias tidak mengharuskan memiliki modal yang banyak. Karena ikan hias khususnya ikan mas koki ini bisa dibudidayakan hanya dengan modal jutaan rupiah saja. Dan keuntungannya pun cukup tinggi. Mengingat kebutuhan pakan untuk proses budidayanya cukup rendah. Dan budidaya ikan mas koki ini sangat cocok jika akan digunakan sebagai usaha sampingan. Banyak sekali yang sudah melakukan hal tersebut.

Mungkin yang menjadi kendala adalah sistem promosinya. Karena untuk ikan konsumsi dan juga ikan hias tentu saja sangat berbeda. Ikan konsumsi dibeli untuk dimakan, sehingga dalam waktu itupun ikan konsumsi langsung habis. Berbeda dengan ikan hias yang dibeli hanya untuk dipelihara. Konsumen akan kembali membelinya apabila ikan hias yang sudah dibelinya mati.


6. Ikan Cupang

Salah satu ikan hias lainnya yang juga masuk kedalam jenis budidaya ikan yang menguntungkan yaitu ikan cupang. Ikan ini berbeda dengan ikan mas koki yang penggemarnya adalah pencinta ikan hias saja. Ikan cupang banyak penggemarnya karena ikan ini biasa digunakan untuk ikan aduan. Bahkan di Indonesia ada komunitas ikan cupang. Tentu pemasaran ikan ini akan jauh lebih mudah.

Selain itu, biaya produksi dalam usaha budidaya ikan cupang ini juga sama dengan jenis ikan hias lainnya. Ikan ini juga  tidak membutuhkan konsumsi pakan yang cukup tinggi. Hanya saja proses budidayanya cukup rumit. Dan lebih sulit dibandingkan dengan ikan hias mas koki.

Itulah jenis budidaya ikan yang menguntungkan. Tentu semua itu akan tergantung dari bagaimana cara kita mengelolanya. Apabila pengelolaan yang kita lakukan tidak maksimal, maka hasil yang akan kita dapatkan pun juga tidak akan maksimal.