Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Birahi Murai Batu Biar Cepat Kawin


Cara meningkatkan birahi murai batu biar cepat kawin memang gampang-gampang susah. Kita sebagai peternak harus bisa mendongkrak birahi murai batu agar cepat kawin. Karena hal ini juga akan menentukan produktivitas peternakan murai batu yang sedang kita kelola. Tentu secara tidak langsung hal ini juga akan mempengaruhi keuntungan yang akan kita dapatkan nantinya.

Biasanya para peternak juga sering bertanya soal hal ini. Banyak juga dari mereka yang merasa kesulitan untuk meningkatkan birahi murai batu biar cepat kawin. Untuk itu kali ini akan kami berikan langkah yang tepat untuk membantu membuat birahi murai betina menjadi meningkat dan siap dikawinkan atau dijodohkan.


Cara Meningkatkan Birahi Murai Batu Biar Cepat Kawin


 Cara Meningkatkan Birahi Murai Batu Biar Cepat Kawin

Beternak murai batu merupakan salah satu usaha yang patut di perhitungkan. Banyak sekali peternak yang telah sukses dan mendapatkan hasil yang memuaskan dari usaha ternak murai batu ini. Maklum, burung ini banyak sekali peminatnya. Dan dipasaran pun laris manis.
Tetapi untuk mencapai semua itu memang banyak kendala yang harus dihadapi. Terutama masalah menjodohkan murai batu yang akan berhadapan dengan birahi murai batu itu sendiri yang susah untuk dikendalikan.

Untuk cara meningkatkan birahi murai batu agar cepat kawin dan mudah dalam proses penjodohan sudah kami rangkum dalam uraian dibawah ini. Silahkan baca dengan cermat untuk informasi tips dan cara meningkatkan birahi murai batu berikut ini :


1. Ubah pola pemberian pakan

Salah satu langkah yang harus dilakukan untuk mempercepat birahi murai betina atau mengatasi murai betina yang susah birahi yaitu dengan cara mengubah pola pemberian pakan. Lakukan ini pada hari pertama eksperimen. Silahkan berikan variasi pada pakan utama atau pakan extra food-nya. Misal kuantitasnya yang kita tambah. Seperti penambahan 10 ekor jangkrik per hari yang sebelumnya hanya diberikan 8 ekor jangkrik saja.


2. Kurangi porsi makan murai betina

Pada hari kedua, yang harus kita lakukan untuk mengatasi murai betina yang susah birahi yaitu dengan cara mengubah porsi makan murai betina itu sendiri. Hal ini dilakukan agar birahi murai betina lebih stabil. Tetapi jangan sampai mengurangi porsi makan untuk murai jantan. Pada hari kedua ini lakukan pengurangan porsi pakan pada murai betina saja. 


Baca juga :


3. Tambah porsi pakan murai jantan

Langkah yang terakhir yang harus dilakukan pada hari ketiga untuk mengatasi murai betina yang susah birahi yaitu dengan cara menambah porsi pakan untuk murai jantan. Caranya dengan menambahkan porsi ef pada murai jantan. Tetapi jangan dilakukan juga pada murai betina. Hal ini bertujuan agar murai betina meminta pakan ef pada murai jantan. Dengan begitu maka birahi murai betina akan mulai terbentuk dengan baik. Lakukan langkah ketiga ini selama 3 hari hingga murai betina dan jantan benar-benar memiliki birahi yang ideal untuk perkawainan.


Itulah cara mendongkrak birahi murai batu agar cepat kawin. Jika langkah diatas tidak berhasil, sebaiknya ganti pasangan murai batu. Terutama ganti pada betina murai batu. Usahakan cari indukan betina murai batu yang usianya lebih tua dari pejantan murai batu itu sendiri. Dengan begitu biasanya birahi akan meningkat dengan baik.