Cara Mengatasi Murai Betina Susah Birahi Dengan Mudah

29 views

Cara mengatasi murai betina susah birahi sebenarnya mudah untuk dilakukan. Tetapi banyak sekali para peternak murai batu yang belum mengerti mengenai cara mengatasi murai betina yang susah birahi. Padahal masalah ini sering kali dijumpai pada proses perkawinan murai batu. Hal inilah yang terkadang membuat para peternak murai batu sering mengalami putus asa. Terlebih para pemula.
Mengatasi murai betina yang susah birahi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tetapi tetap harus teliti, sebab keberhasilan perkawinan pada burung murai batu ini bisa dikatakan 80% di pengaruhi dari indukan betinanya. Untuk itu, berikut ini akan kami bahas mengenai cara mengatasi murai betina susah birahi dengan cara yang tepat. Silahkan simak informasi lengkapnya dibawah ini.
Cara Mengatasi Murai Betina Susah Birahi Dengan Mudah

Cara Mengatasi Murai Betina Yang Susah Birahi

Cara agar murai betina cepat birahi ada tiga tahapan utama yang harus dilakukan oleh para peternak murai batu. Semua langkah ini memang belum sepenuhnya menjadi garansi keberhasilan dalam meningkatkan birahi murai betina. Tetapi setidaknya ketiga langkah atau cara meningkatkan birahi murai betina yang kami berikan ini bisa mengatasi masalah birahi betina murai batu yang bisa dikatakan tidak mudah. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kita terapkan untuk mengatasi murai betina yang susah birahi :

1. Ubah Pola Pemberian Pakan

Salah satu langkah yang harus dilakukan untuk mempercepat birahi murai betina atau mengatasi murai betina yang susah birahi yaitu dengan cara mengubah pola pemberian pakan. Lakukan ini pada hari pertama eksperimen. Silahkan berikan variasi pada pakan utama atau pakan extra food-nya. Misal kuantitasnya yang kita tambah. Seperti penambahan 10 ekor jangkrik per hari yang sebelumnya hanya diberikan 8 ekor jangkrik saja.

2. Kurangi Porsi Makan Murai Betina

Pada hari kedua, yang harus kita lakukan untuk mengatasi murai betina yang susah birahi yaitu dengan cara mengubah porsi makan murai betina itu sendiri. Hal ini dilakukan agar birahi murai betina lebih stabil. Tetapi jangan sampai mengurangi porsi makan untuk murai jantan. Pada hari kedua ini lakukan pengurangan porsi pakan pada murai betina saja.

3. Tambah Porsi Pakan Murai Jantan

Langkah yang terakhir yang harus dilakukan pada hari ketiga untuk mengatasi murai betina yang susah birahi yaitu dengan cara menambah porsi pakan untuk murai jantan. Caranya dengan menambahkan porsi EF pada murai jantan. Tetapi jangan dilakukan juga pada murai betina. Hal ini bertujuan agar murai betina meminta pakan EF pada murai jantan. Dengan begitu maka birahi murai betina akan mulai terbentuk dengan baik. Lakukan langkah ketiga ini selama 3 hari hingga murai betina dan jantan benar-benar memiliki birahi yang ideal untuk perkawainan.
Itulah langkah-langkah untuk mengatasi murai betina yang susah birahi. Silahkan lakukan langkah atau tips diatas dengan cemat agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Tetapi jangan lupa, untuk menggunakan metode di atas kita harus mengetahui terlebih dahulu kondisi kesehatan murai betina. Karena kita akan megurangi porsi pakannya. Jangan sampai tujuan kita untuk meningkatkan birahi murai betia justru malah membuat indukan murai betina sakit dan tidak bisa di jodohkan atau dikawinkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *